Ajaib, Reksa Dana

Takut Mau Investasi? Ini Instrumen yang Bebas Risiko

ilustrasi obligasi
Ilustrasi Obligasi

Ajaib.co.id – Instrumen investasi di pasar modal cukup banyak jenisnya, dari yang bebas risiko hingga yang memiliki fluktuasi cukup tinggi. Investasi bebas risiko juga dikenal dengan sebutan risk free.

Instrumen investasi yang dimaksud tersebut ialah obligasi pemerintah (government bond), instrumen tersebut dianggap risk free karena pemerintah menjamin nilai investasi awal (nilai pokok) serta imbal hasil keuntungan yang didapatkan (coupon).

Obligasi pemerintah disebut juga Surat Berharga Negara (SBN). Secara umum, SBN terbagi menjadi dua, yakni obligasi yang bersifat konvesional dan obligasi yang bersifat syariah.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), obligasi pemerintah yang bersifat konvesional terdiri dari: Obligasi Negara Ritel (ORI), Surat Perbendaharaan Negara (SPN), Surat Utang Negara valuta asing (SUN VALAS), Saving Bond Ritel (SBR), dan Obligasi Negara (ON).

Sedangkan obligasi syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) terdiri dari: Sukuk Ritel (Sukri), Islamic Fixed Rate (IFR), Surat Perbendaharaan Negara Syariah (SPNS), Sukuk Dana Haji Indonesia (SDHI), Project Based Sukuk (SBSN PBS), Sukuk Valas, dan Sukuk Tabungan.

Lelang Obligasi Pemerintah Pecah Rekor di Bulan September
Obligasi

Bagi individu yang ingin berinvestasi tetapi memiliki modal yang tidak terlalu besar, Dapat melirik instrument seperti ORI, SBR, Sukri, dan sukuk tabungan. Instrumen tersebut umumnya dapat diperoleh di beberapa agen penjual dengan pembelian minimal senilai Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Biasanya pemerintah menerbitkan instrumen tersebut secara berkelanjutan dengan periode tertentu. Akan tetapi kamu dapat berinvestasi pada obligasi melalui reksa dana berjenis pendapatan tetap (fixed income).

Reksa dana pendapatan tetap merupakan suatu produk investasi yang 80% portofolio aset didalamnya berupa obligasi, sedangkan sisanya dapat berupa instrument pasar modal lainnya seperti deposito maupun saham. Menarik bukan? Nah, melalui aplikasi Ajaib kamu dapat berinvestasi reksa dana kapan saja di mana saja dengan nominal yang sangat terjangkau dimulai dari Rp10.000.

Artikel Terkait