Ekonomi

Biaya Peluang dalam Ekonomi, Seberapa Pentingkah?

Biaya Peluang
Biaya Peluang

Ajaib.co.id – Di dalam ilmu ekonomi dikenal dengan istilah biaya peluang yang dapat digunakan untuk berbisnis. Di mana, biaya peluang merupakan cara yang digunakan saat menganalisa dan mengidentifikasi atas kemungkinan yang dapat terjadi. Bagi seorang ahli keuangan atau akuntan, biaya ini merupakan istilah yang harus dipahami secara jelas.

Hal ini menyangkut bagaimana biaya peluang dapat terjadi dan cara mengetahuinya dengan baik. Istilah biaya peluang merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam sebuah bisnis. Hal ini karena ada beberapa pengaruh dan dampak yang dirasakan ketika bisnis tengah menghadapi situasi kelangkaan dan harus menentukan biaya peluang.

Nah, melalui penjelasan berikut ini mengenai biaya peluang, kamu bisa mengetahui dan memahami apa yang menjadi hal penting di dalam istilah ini. Sebagai pebisnis tentunya kamu memiliki skala prioritas untuk memiliki uang mana yang dipakai dan tidak.

Pengertian Biaya Peluang

Biaya peluang atau opportunity cost merupakan biaya yang muncul karena hilangnya suatu kesempatan akibat adanya pemenuhan kebutuhan lain. Adanya ini berfungsi sebagai acuan pada biaya ekonomi yang harus dikeluarkan ketika akan memproduksi barang maupun jasa. Dalam hal ini berkaitan dengan alternatif lain untuk dikorbankan.

Hal ini dapat dilihat dari sumber daya makanan yang melimpah untuk produksi makanan, maka sumber daya untuk memproduksi minuman akan lebih sedikit. Biaya peluang sendiri muncul dikarenakan pilihan bagi individu, perusahaan, hingga masyarakat akan kelangkaan yang ada. Bisa dikatakan biaya tersebut ada karena munculnya kelangkaan.

Dimana, sumber daya ekonomi sendiri sangat terbatas ketersediaannya. Tidak heran jika keadaan tersebut memaksa manusia melakukan pilihan dalam hidupnya. Pilihan yang ditentukan ini menyebabkan pengorbanan pada pilihan lainnya sehingga biaya peluang hadir sebagai alat ukur menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk mempersiapkan biaya peluang, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan biaya alternatif. Pada dasarnya, biaya alternatif sendiri biasa kamu temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat memilih makanan, kamu biasa mengkonsumsi daging dan menu lengkap. Namun, di pertengahan bulan, kamu harus menghemat keuangan dengan memilih menu alternatif yang lebih murah.

Dengan begitu, kamu tetap bisa makan untuk memenuhi kebutuhan dengan pilihan menu alternatif lainnya.

Ciri-Ciri pada Biaya Peluang

Untuk mengetahui suatu biaya dikategorikan sebagai biaya peluang, kamu bisa melihat ciri-ciri dari biaya tersebut. Berikut ciri-ciri dari biaya peluang, di antaranya:

·        Biaya peluang tidak selalu dihubungkan dengan uang, namun bisa juga berupa waktu, benefit, dan beberapa hal lainnya.

·        Banyaknya kemungkinan yang berhubungan dengan kegunaannya.

·        Berdasarkan maksud serta kondisi pada setiap individu maupun perusahaan.

·        Biaya peluang masuk ke dalam kategori kebutuhan sekunder dan tersier.

Manfaat dari Biaya Peluang

Ketika suatu bisnis diharuskan menggunakan biaya peluang, hal ini karena biaya peluang dapat menjadi solusi dan memberikan manfaat baik bagi keberlangsungan bisnis. Beberapa manfaat dari biaya peluang, di antaranya:

Mengurangi Terjadinya Risiko

Salah satu manfaat dari penggunaan biaya peluang adalah mengurangi risiko yang dapat terjadi secara besar. Walaupun risiko pasti dialami dalam sebuah bisnis, namun dapat dikurangi dengan adanya biaya peluang.

Perhitungan Modal Menjadi Lebih Baik

Biaya peluang juga menjadi cara dalam memanfaatkan dan memperhitungkan modal yang dimiliki. Hal ini karena modal merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis. Di mana, operasional bisnis dapat berjalan secara lancar karena adanya modal yang mampu memberikan infrastruktur untuk mendukung kegiatan bisnis.

Menentukan Prioritas Menjadi Lebih Mudah

Salah satu cara dalam memanfaatkan modal yang dimiliki saat membangun usaha adalah menentukan prioritas yang dapat membantu bisnis berjalan. Hal ini berarti kamu harus memastikan untuk menggunakan modal pada hal-hal yang dapat menjalankan operasional bisnis dan menghasilkan keuntungan dari bisnis tersebut. Jangan sampai salah untuk memanfaatkan modal yang habis, namun tidak menghasilkan apa-apa.

Biaya Pengeluaran akan Lebih Hemat

Ketika bisnis mampu memperhitungkan biaya peluang berarti suatu perusahaan sudah mengetahui langkah apa yang akan diambil dan diprioritaskan. Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan perusahaan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan yang diprioritaskan.

Cara Menghitung Biaya Peluang

Ketika suatu bisnis dihadapkan dengan kondisi kelangkaan sehingga memunculkan keputusan untuk menentukan biaya peluang, maka hal yang harus dilakukan adalah mengetahui cara menghitungnya. Berikut ini dua cara yang dapat digunakan dalam menghitung biaya peluang, di antaranya:

·        Ketika ada dua pilihan, maka perhitungan dilakukan berdasarkan nilai peluang untuk dikorbankan atau yang tidak dipilih.

·        Ketika ada lebih dari dua pilihan, maka perhitungan dilakukan berdasarkan nilai peluang terbaik yang akan dikorbankan.

Penjelasan mengenai biaya peluang ini tentunya dapat dijadikan acuan bagi setiap pelaku bisnis untuk lebih bijaksana dalam menentukan setiap keputusan yang memberikan dampak bagi bisnis. Beberapa hal yang dimaksud di antaranya, sebagai berikut:

·        Mengetahui permasalahan yang tengah terjadi.

·        Mengenali secara betul setiap kemungkinan hingga alternatif-alternatif yang ada.

·        Menentukan data dan biaya yang berhubungan dengan keputusan yang akan dipilih.

·        Melakukan evaluasi data menggunakan metode yang berhubungan dengan alternatif atau evaluasi yang akan dibuat.

·        Mempertimbangkan setiap faktor kualitatif.

·        Memastikan keputusan beserta alasan mengapa keputusan tersebut diambil.

Dengan memahami istilah biaya peluang dalam ekonomi bisnis, tentunya kamu bisa memutuskan setiap kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis. Walaupun risiko sudah pasti dialami, namun dampak besar dari risiko ini dapat diminimalisir sebaik mungkin. Apalagi menyangkut kegiatan bisnis yang dapat terpengaruh ketika menghadapi situasi kelangkaan.

Oleh karena itu, perlu adanya persiapan untuk menghitung biaya peluang. Sama halnya dengan perencanaan keuangan bagi kamu yang sudah berpenghasilan. Merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa sekarang dan masa mendatang merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Mengingat, kebutuhan di masa mendatang yang tidak dapat diprediksi, ada baiknya untuk mempersiapkannya secara baik dan benar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merencanakan keuangan adalah berinvestasi. Bukan hanya dana yang dapat tersimpan dengan aman, namun nilainya akan meningkat dalam hitungan tahun. Salah satu instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan adalah investasi saham. Sudah banyak orang yang memulai investasi saham dan menghasilkan keuntungan.

Apalagi investasi saham kini bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu dalam berinvestasi di instrumen saham. Ada banyak pilihan emiten saham yang dapat dipilih untuk diinvestasikan. Dengan membuat rekening saham yang bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa memulai transaksi saham dengan memilih emiten saham yang mampu menghasilkan keuntungan.

Jadi tunggu apalagi, segera mulai investasi saham di aplikasi Ajaib dengan cara men-download nya melalui smartphone sekarang.

Artikel Terkait