Investasi, Komoditas

Penentuan Harga Jual Komoditas di Bursa Berjangka

Ajaib.co.id – Sama seperti hukum ekonomi pada umumnya, harga komoditas ditentukan oleh penawaran dan permintaan akan suatu komoditas.

Faktor-faktor yang mempengaruhinya sangat banyak seperti harga komoditas sendiri, konsumsi dan produksinya, harga barang substitusi dan sejenis, ketersediaan barang, ekspektasi dari pelaku pasar dan juga kebutuhan akan komoditas itu sendiri.

Perubahan harga yang selalu fluktuatif atau berubah-ubah menyebabkan harga komoditas itu selalu mengalami pergerakan.

Produsen komoditas tentunya menginginkan harga jual yang memberikan keuntungan bagi mereka dalam menjual komoditas yang mereka miliki. Harga jual diharapkan dapat menutupi biaya yang dikeluarkan untuk komoditas tersebut dan tentunya keuntungan bagi produsen.

Nah, bagaimana sebaiknya menentukan harga jual komoditas? Sebelum membahasnya, yuk simak terlebih dahulu uraian di berikut ini. 

Komoditas di Bursa Berjangka

Komoditas merupakan produk atau barang yang yang ditukarkan dengan barang lainnya yang memiliki nilai sepadan atau yang diperdagangkan untuk memperoleh keuntungan.

Perdagangan komoditas ini biasanya dilakukan di bursa berjangka. Untuk kamu ketahui, jenis-jenis komoditas yang diperdagangkan di bursa berjangka menurut sifatnya dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Soft Commodity 

Soft commodity atau komoditi lunak adalah jenis komoditas yang barang atau produknya merupakan hasil pertanian, hutan, dan peternakan seperti kapas, rotan, sawit, susu, daging, karet, beras, jagung, gandum dan lainnya.

  • Hard Commodity

Berbeda dengan soft commodity, komoditas jenis ini merupakan produk atau barang yang dihasilkan adalah dari alam dengan aktivitas ekstraksi atau pertambangan seperti minyak bumi, logam emas, timah, dan lainnya. 

Bursa berjangka sebagai tempat membeli atau menjual komoditi yang dapat memaksimalkan potensi perdagangan komoditi yang dikembangkan secara maksimal.

Menurut UU RI No.32 tahun 1997, bursa berjangka merupakan badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka serta opsi atas kontrak berjangka. Periode penyelesaian transaksi kontrak berjangka akan dilaksanakan pada waktu yang tertera di kontrak pada periode mendatang. 

Kontrak berjangka adalah kontrak standar yang digunakan untuk menjual komoditas pada jenis, mutu, tempat, jumlah dan waktu yang telah ditetapkan oleh bursa. 

Bursa berjangka memiliki fungsi utama dan sekunder. Fungsi utamanya adalah untuk memfasilitasi terselenggaranya kontrak berjangka. Sedangkan fungsi sekundernya yakni menjadi price maker, atau pembentuk harga yang wajar dan adil. Transaksi perdagangan yang terjadi di bursa sesuai dengan mekanisme pasar, yakni adanya permintaan dan penawaran secara transparan.

Harga Jual Komoditas

Informasi harga-harga komoditi di Indonesia dalam siklus penjualan komoditi dari level bawah hingga level atas dapat dilihat di Sistem Informasi Harga Komoditi BAPPEBTI (Badan Pengawasan Berjangka Komoditi).

Harga yang tertera di sini diperoleh dari setiap perwakilan dari level penjualan yang memiliki kerja sama dengan BAPPEBTI dan disebut sebagai kontributor dengan level penjualan yang disebut kualifikasi. Pembentukan harga ini dapat digunakan sebagai patokan untuk wilayah kontributor dan bebas dari permainan harga oleh pihak lain. 

Di luar negeri, terdapat bursa berjangka yang diakui secara internasional seperti bursa New York Mercantile Exchange untuk minyak mentah berjangka, bursa Comex untuk emas berjangka, hingga bursa Tocom untuk karet berjangka dan lain sebagainya. 

Bursa berjangka internasional ini umumnya lebih banyak dipakai untuk penentuan harga jual komoditas secara real time atau beberapa bulan setelahnya karena berlaku secara universal dan harga ditentukan oleh mekanisme pasar. 

Salah satu contohnya adalah Comex (commodity exchange) yang merupakan divisi bursa komoditas di New York Mercantile Exchange atau Nymex di Amerika Serikat yang memperdagangkan emas dengan kontrak berjangka yang umumnya terjadi dua bulan kemudian.  

Kamu bisa melihat pergerakan harga emas berjangka di bursa Comex salah satunya dengan mengakses situs https://www.bloomberg.com/markets/commodities di bagian komoditas precious and industrial metals

Berdasarkan data yang tertera pada halaman ini, harga emas berjangka di bursa Comex untuk kontrak pengiriman Desember 2020 naik 0,86 persen atau 16,5 poin ke level US$1,931,9 per troy ounce hingga pukul 21.30 WIB pada Rabu (21/10/2020). 

Berdasarkan pemberitaan Bloomberg, harga emas berjangka berhasil menguat dikarenakan sinyal paket stimulus dari Amerika Serikat sudah mulai terlihat. 

Memang, bisa dibilang, harga komoditas seperti emas memang erat kaitannya dengan kondisi geopolitik internasional karena sifatnya sendiri yang merupakan safe-haven asset.  

Penguatan harga emas ini umumnya berbanding terbalik dengan indeks dolar AS di pasar spot. Benar saja, indeks dolar AS terpantau terdepresiasi 0,57 persen ke level 92,533 dan bahkan sempat anjlok ke level 92,528 pada perdagangan Rabu (21/10/2020). 

Dikutip dari sumber yang sama, analis dari Commerzbank yakni Danie Briesemann menyatakan bahwa pelaku pasar memang tengah mencermati kabar peluncuran paket stimulus oleh pemerintah AS. 

Menurutnya, emas bisa menguat kalau paket stimulus tersebut diluncurkan karena kemungkinan permintaan untuk dolar AS akan menurun dan harganya berpotensi terdepresiasi. 

Padahal, sebelumnya pelaku pasar sudah tak lagi menanti kepastian stimulus sehingga banyak analis memproyeksikan harga emas akan sulit menguat dalam jangka pendek.

Nah, demikian cara yang dapat dilakukan untuk menentukan harga jual komoditas di bursa berjangka yang sepenuhnya diserahkan kepada mekanisme pasar sebagai tujuan dari kontrak berjangka. Apakah kamu tertarik berinvestasi di bursa berjangka? 

Yuk, mulailah dulu dari investasi melalui saham sektor komoditas yang juga sudah banyak melantai di Bursa Efek Indonesia. Lho, bagaimana cara berinvestasi saham perusahaan komoditas? Dengan menggunakan aplikasi investasi Ajaib dong karena aplikasinya mudah diakses, aman dan telah terdaftar di OJK. Download sekarang juga di smartphone kamu, ya.

Sumber: Perdagangan Berjangka Komoditi, Cara Menggunakan Komoditas Bursa Berjangka, Sistem Informasi Harga Komoditi Bappebti, Commodities, dan Dollar Index Spot, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait