Pemerintah Mencanangkan Subsidi Elpiji Tertutup di 2020

Pemerintah Mencanangkan Subsidi Elpiji Tertutup di 2020
Pemerintah Mencanangkan Subsidi Elpiji Tertutup di 2020

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan wacana menerapkan subsidi elpiji tertutup mulai tahun 2020 mendatang. Djoko Siswanto, Dirjen Migas Kementerian ESDM, mengatakan pemerintah akan mengikuti skema peralihan dari minyak tanah ke elpiji seperti yang dilakukan beberapa tahun yang lalu.

Pemerintah Langsung Menyalurkan ke Masyarakat Tidak Mampu

Dalam subsidi elpiji tertutup pemerintah akan menyalurkan elpiji dengan harga murah langsung kepada rakyat yang berhak mendapatkannya. Distributor tidak bisa lagi mendapat harga per tabung gas dengan murah. 

Dilansir dari Republika, Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan TNP2K, Ruddy Gobel, meyakinkan mulusnya transisi ini nantinya. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sudah menyiapkan data dan teknologi yang dibutuhkan. Mereka tinggal menunggu pemerintah memberikan instruksi untuk menjalankan program ini.

Subsidi Tertutup Bertujuan Agar Lebih Transparan

Implementasi subsidi tertutup diharapkan akan lebih tepat sasaran. Pemerintah ingin orang-orang yang menggunakan tabung gas elpiji bersubsidi memang termasuk kategori rakyat miskin. Kementerian ESDM, dilansir dari Bisnis.com, juga ingin mempromosikan penggunaan kompor induksi. Pemerintah juga mengusulkan pembangunan jaringan gas sebanyak 293.533 sambungan. Diperkirakan pemerintah dapat menghemat hingga 21 juta kilogram atau 3 juta tabung elpiji 3 kg.

Subsidi gas elpiji 3 kg diperkirakan akan menurun tiap tahunnya seiring dengan menurunnya jumlah orang miskin di Indonesia. Namun, di saat yang bersamaan kelangkaan elpiji masih terjadi di beberapa wilayah di tanah air. Radar Lombok memberitakan bahwa banyak pengecer elpiji yang kesulitan mendapatkan stok karena kurangnya pasokan dari agen.

Penerapan program subsidi elpiji tertutup ini akan terus memengaruhi stok dan harga tabung elpiji 3 kg di berbagai daerah. Masyarakat yang tidak termasuk golongan miskin diwajibkan untuk membeli dengan harga normal. Inflasi pun tidak dapat terelakkan.

Pemerintah Berharap Masyarakat Bisa Mengurangi Penggunaan Elpiji Subsidi

Seperti yang sempat diusulkan pemerintah, ada baiknya masyarakat mulai mengurangi penggunaan elpiji bersubsidi. Ada beberapa alternatif bahan bakar gas untuk memasak, misalnya seperti kompor induksi atau listrik.

Kompor induksi adalah kompor yang menggunakan daya listrik untuk memanaskan. Jenis kompor seperti ini tidak menghasilkan api layaknya kompor gas biasa. Kamu tidak perlu repot-repot lagi mengganti tabung gas atau mencium bau gas yang bocor.

Pengurangan subsidi bahan bakar oleh pemerintah selalu mendapat reaksi beragam dari masyarakat. Pihak yang mendukung berpendapat bahwa subsidi dapat memakan porsi banyak APBN. Di sisi lain, pihak yang menolak program ini mengeluhkan naiknya biaya hidup sehari-hari dan mencekik masyarakat kelas bawah. 

Dalam pidatonya di hadapan DPR 16 Agustus lalu, Presiden Joko Widodo mengklaim bahwa angka kemiskinan di Indonesia menurun. Persentase penduduk miskin di Indonesia berkurang dari 11,12% pada Maret 2015 ke 9,41% di Maret 2019. Angka tersebut adalah rekor terendah dalam sejarah berdirinya NKRI.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait