Jangan Salah, Fakta dan Harga Tabung Gas 3 Kg Terbaru!

Jangan Salah, Ini Harga Tabung Gas 3 Kg Terbaru!
Jangan Salah, Ini Harga Tabung Gas 3 Kg Terbaru!

Gas LPG atau Liquefied Petroleum Gas sudah jadi kebutuhan utama sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang hidup di perkotaan. Tabung gas LPG lebih sering dimanfaatkan untuk keperluan memasak dan kemasan yang banyak dipakai adalah 3 kg. Kemasan kecil lebih mudah digunakan, praktis dibawa dan harga tabung gasnya lebih murah sehingga banyak yang akhirnya sedia tabung gas 3 kg kosong untuk diisi ulang. Sementara itu harga tabung gas LPG 3 kg kosong sekarang ini ada di kisaran Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan.

Keuntungan LPG 3 KG

Konsumen LPG beragam, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, kebutuhan restoran, hotel sampai industri. Untuk kalangan industri, LPG digunakan sebagai bahan pembuat makanan, keramik, hingga bahan bakar forklift. Penggunaan LPG sendiri diklaim menguntungkan daripada bahan bakar lainnya, ini alasannya.

  • Hasil pembakaran yang dihasilkan LPG lebih bersih dan tingkat emisinya rendah jadi tidak menimbulkan polusi.
  • Pembakaran dari LPG ternyata menghasilkan kalori yang cukup tinggi.
  • Lebih mudah didistribusikan dengan menggunakan skid tank.
  • Tidak meninggalkan bau.
  • Karena menghasilkan pembakaran yang bersih, penggunaan gas LPG memberi dampak pada dunia untuk memproduksi bahan bakar go green atau ramah lingkungan.
  • Pemakaian LPG menghemat pengeluaran dan biaya maintenancenya yang rendah.

Perbedaan LPG, CNG, dan LNG

Tahukah kamu, selain LPG ada juga jenis gas lain yaitu LNG dan CNG. Namun, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa ketiga jenis gas tersebut sama. Padahal tiga komoditas tersebut punya karakter berbeda. LPG mengandung komponen utama dari butana dan propana dan massa jenis lebih besar daripada LNG.

Sedangkan LNG atau Liquefied Natural Gas memiliki kandungan metana dan etana yang melalui proses pendinginan sampai jadi cair. Tidak seperti LPG, pengembangan LNG membutuhkan infrastruktur yang kompleks. Untuk pemanfaatan LNG, perlu fasilitasi produksi kilang minyak yang dapat mendinginkan gas di suhu minus 150 hingga 200 derajat celcius.

Sementara CNG (Compressed Natural Gas) kandungannya sama dengan LNG. Dibandingkan dengan LNG, kebutuhan produksi CNG dinilai lebih murah. Akan tetapi CNG memerlukan fasilitas penyimpanan lebih besar dan tekanan yang tinggi. Untuk itu CNG sulit untuk didistribusikan jarak yang jauh.

Segmen Pasar LPG

LPG merupakan produk dari Pertamina yang dikemas dalam tabung. Karena karakternya yang bersih, cepat panas, dan praktis membuat LPG banyak dipilih oleh konsumen. Kebijakan pemerintah mengkonversi dari minyak tanah ke gas LPG di tahun 2006 secara tidak langsung telah mengangkat pamornya. Sementara itu, segmen pasar Pertamina untuk gas LPG adalah LPG bersubsidi (3 kg) dan komersial alias non subsidi.

Biasanya untuk keperluan rumah tangga, ibu-ibu lebih banyak memilih LPG berukuran 3 kg dan 12 kg. Selain LPG subsidi, Pertamina juga meluncurkan produk LPG non subsidi 3 kg di tahun 2018 dengan warna merah muda atau Bright. Harga tabung gasnya pun berbeda, yakni di atas Rp35.000 per tabung.

Harga Tabung Gas LPG Kosong 3 Kg

Harga tabung gas LPG kosong ukuran 3 kg saat ini dibanderol sekitar Rp110 ribu hingga Rp200 ribu. Anda tidak perlu susah-susah mencarinya untuk persediaan di rumah, tinggal ke distributor resmi atau membelinya di situs jual beli online.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait