Saham

Panduan Cara Membeli Saham BCA untuk Investor Pemula

membeli saham bca

Ajaib.co.id – Berkecimpung di dunia pasar modal atau khususnya pasar saham, ada berbagai macam saham perusahaan go public (IPO) yang bisa kamu pilih. Salah satu perusahaan perbankan yang paling diminati ialah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dengan kode emiten BBCA. Kamu bisa juga loh membeli saham Bank BCA tersebut.

Kamu semua pastinya sudah mengenal Bank BCA, di mana mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan fasilitas Bank BCA tersebut untuk transaksi perbankan sehari-hari (daily banking). Selain menggunakan fasilitas dari Bank BCA, kamu juga dapat menjadi pemilik dari saham Bank BCA tersebut.

Cara Membeli Saham BBCA

Kamu bisa melakukan pembelian saham BCA melalui software online trading Ajaib yang dapat diunduh di Playstore maupun IOS. Lalu, bagaimana cara membeli sahamnya? Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

#1 Membuka Akun Saham

Apabila kamu belum memiliki akun saham, maka kamu harus membuka akun saham terlebih dahulu. Cukup membukanya melalui aplikasi Ajaib tanpa datang langsung ke kantor sekuritas pada umumnya. Semakin mudah bukan?

#2 Beli saham Berkode BBCA

Untuk membeli saham BCA, kamu perlu membuka aplikasi trading saham Ajaib dan kemudian pilih tab “cari” ketikan kode saham BBCA lalu pilih klik tombol Beli.

#3 Tentukan Jumlah

Tentukan jumlah harga saham yang akan kamu beli dan juga jumlah lot saham. Klik beli, kemudian kamu sudah bisa memiliki saham BCA tanpa terasa asalkan danamu cukup.

Oh iya, jika kamu memilih saham BCA di harga penawaran (Ask) kamu akan langsung mendapatkan sahamnya. Apabila kamu ingin membeli saham BCA pada harga yang rendah, maka kamu bisa mengantri pada harga “Bid” dan menunggu antrean untuk mendapatkan saham dengan harga yang kamu inginkan.

Baca: Panduan Lengkap Cara Membeli dan Menjual Saham di Ajaib

Keunggulan Buka Rekening Efek di Ajaib

Trading ataupun investasi saham udah gak kayak dulu lagi. Kegiatan pasar modal tersebut kini bisa dilakukan secara online. Jadi, dengan gunakan smartphone, kamu udah bisa lakukan kegiatan trading atau investasi saham.

Di Ajaib, kamu bisa memanfaatkan layanan bertransaksi saham di mana pun sesuai jam perdagangan. Apalagi, tidak ada minimal setoran untuk membuka rekening saham di Ajaib! Jadi, kamu bisa mulai investasi saham dengan berapapun dana yang kamu miliki.

Apa saja keunggulan-keunggulan menggunakan aplikasi Ajaib ini?

  1. Ajaib Alert: notifikasi perubahan harga secara real time sehingga kamu dapat berinvestasi di waktu yang tepat.
  2. Competitive Ranking: peringkat saham (sangat baik, baik, cukup), dilihat dari performa keuangan terkini.
  3. News Highlight: rangkuman saham-saham yang menarik perhatian masyarakat maupun sentimen pasar.
Image

Cara Membuka Rekening Efek di Ajaib

Berikut ini dua langkah mudah membuka rekening saham di Ajaib:

1. Mendaftar Melalui Aplikasi

Jika ingin membuka rekening saham di Ajaib, pastikan kamu sudah memiliki KTP.

Pembukaan rekening saham ini semua dilakukan secara online, kamu tidak perlu mencetak dokumen apapun untuk dikirim ke kantor Ajaib. Cukup dengan download aplikasi Ajaib di PlayStore maupun website.

Lalu lakukan pendaftaran dengan memasukan email dan password. Setelah itu kamu akan menerima email konfirmasi pendaftaran akun.

Sesudah konfirmasi email, kamu bisa log in ke aplikasi Ajaib. Lalu pilih tombol ‘Buka Akun Saham’ yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Setelah itu akan muncul laman untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib, dan pilih ‘Saham’

2. Isi Formulir Pendaftaran Online

Ada 6 halaman yang harus kamu isi pada formulir pendaftaran online. Setiap kolom yang tidak ada keterangan ‘opsional’ artinya wajib diisi. Jika belum terisi, kamu tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Pengisian formulir ini untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN).

Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum kamu bisa bertransaksi saham. Data yang disampaikan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya kamu miliki.

Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDN ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Untuk top up RDN kamu dapat melakukan dengan metode bank transfer.

Berikut 5 halaman formulir pendaftaran online Ajaib Saham:

Untuk dokumen yang wajib diunggah pastikan memiliki resolusi gambar yang tinggi dan terlihat jelas.

Proses verifikasi data kamu akan memakan waktu kurang lebih 1×24 jam. Selanjutnya kamu bisa membeli saham perusahaan yang tersedia di aplikasi. Semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri dapat kamu perdagangkan sahamnya di Ajaib.

Itulah cara membeli saham BCA di aplikasi Ajaib. Untuk lebih banyak tahu artikel perbankan, ekonomi, hingga investasi, kamu bisa mengaksesnya melalui situs Ajaib. Selamat mencoba!

Artikel Terkait