Saham

Panduan Cara Membeli Saham BCA untuk Investor Pemula

membeli saham bca

Ajaib.co.id – Kamu butuh panduan untuk beli saham BBCA? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikannya secara lengkap dalam ulasan berikut ini. Di dalam pasar modal atau pasar saham, ada berbagai macam saham-saham perusahaan go public (IPO) yang bisa kamu transaksikan baik untuk beli maupun untuk kamu jual. Beberapa saham perusahaan go public yang cukup ternama adalah perusahaan perbankan yaitu Bank Central Asia (BCA) dengan kode emiten BBCA.

Kamu semua pastinya sudah mengenal Bank BCA, di mana mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan fasilitas Bank BCA tersebut baik untuk transaksi maupun untuk kegiatan lainnya yang berhubungan dengan perbankan. kamu juga pada dasarnya memiliki kesempatan untuk membeli dan bertransaksi saham perusahaan sekelas BCA tersebut.

Cara Membeli Saham BBCA

Kamu bisa melakukan pembelian saham BCA melalui software online trading. Lalu, bagaimana caranya membeli saham BCA atau BBCA ? Inilah langkah yang bisa kamu lakukan :

#1 Membuka Akun Saham

Apabila kamu belum memiliki akun saham, maka kamu harus membuka akun saham terlebih dahulu. Dahulu, membuka akun saham harus melalui atau datang langsung ke kantor sekuritas. Saat ini, kamu hanya perlu untuk membuka akun saham melalui website.

#2 Menginstal Akun Trading

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penginstalan akun trading. Penginstalan akun trading ini dilakukan untuk memudahkan kamu bertransaksi jual beli saham BCA. Ada banyak software yang bisa kamu gunakan untuk melakukan trading saham bahkan ada juga yang memiliki trial trading saham.

#3 Beli saham BCA

Untuk membeli saham BCA, kamu perlu membuka aplikasi trading saham kamu dan kemudian pilih Saham BCA atau BBCA lalu pilih menu trade kemudian klik tombol Buy. Jangan lupa untuk mengecek harga saham bank BCA sebelum kamu membelinya ya!

#4 Tentukan Jumlah

Tentukan jumlah harga yang akan kamu beli dan juga jumlah lot saham. Klik buy. Dengan begitu kamu sudah memiliki saham BCA.

Selain itu, kamu juga bisa membeli saham BCA secara langsung di mana kamu bisa membeli pada harga penawaran terbaik atau best offer langsung di bank BCA. Apabila kamu ingin membeli saham BCA pada harga yang rendah, maka kamu bisa membeli pada harga Bid dan menunggu antrean untuk menfdapatkan saham dengan harga yang kamu inginkan.

Analisis Grafik Sebelum membeli

Sebelum kamu membeli saham, maka kamu harus menganalisa dahulu pergerakan sahamnya melalui grafik. Melakukan Analisa pada chart saham BCA dengan memilih menu chart pada software saham kamu. Lalu, kamu bisa mengketikkan kode saham BBCA, selanjutnya akan muncul grafik saham BBCA.

Selain dana yang disisihkan setiap bulan, rekening efek jadi salah satu syarat yang mesti kamu penuhi buat berinvestasi di pasar modal. Rekening efek bisa kamu miliki dengan mendaftarkan diri di perusahaan sekuritas. Semisal, buka rekening efek di BCA Sekuritas.

Berbicara tentang BCA Sekuritas, perusahaan yang satu ini merupakan perusahaan sekuritas yang terbilang populer di Indonesia. Nama BCA yang disematkan menkamukan kalau perusahaan ini satu grup dengan Bank BCA di bawah BCA Group.

Faktanya, memang begitu. BCA Sekuritas menjadi bagian dari BCA Group yang bertujuan menyediakan jasa equity underwriting, equity capital market, debt capital market, riset, pembiayaan perusahaan, dan brokerage.

Bagi para investor perorangan, BCA Sekuritas berperan menyediakan rekening efek, dan membantu kegiatan transaksi jual beli saham. Nah, supaya kamu yakin kalau daftar di BCA Sekuritas adalah pilihan yang tepat, ada baiknya ketahui dulu keunggulan-keunggulannya.

Keunggulan Buka Rekening Efek di BCA Sekuritas

Trading ataupun investasi saham udah gak kayak dulu lagi. Kegiatan pasar modal tersebut kini bisa dilakukan secara online. Jadi, dengan gunakan smartphone, kamu udah bisa lakukan kegiatan trading atau investasi saham.

Di BCA Sekuritas kamu bisa memanfaatkan layanan BEST. Layanan ini bertujuan supaya nasabah atau investor dapat dengan mudah melakukan kegiatan jual beli saham di bursa efek secara online.

Apa saja keunggulan-keunggulan menggunakan layanan BEST ini?

a. Ada fitur stock game yang bisa bantu kamu dalam lakukan analisis teknikal.

b. Dilengkapi fitur smart signal yang bikin kamu tahu tren naik atau turun suatu saham.

c. Punya fitur Quick Order yang bantu nasabah supaya cepat buat beli atau jual saham.

d. Layanannya user friendly.

e. Bisa diakses lewat desktop ataupun pasang aplikasi di smartphone.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, apakah kamu tertarik membuka rekening efek di BCA Sekuritas? Kalau begitu, ikuti cara-caranya dalam ulasan berikut ini.

Cara Membuka Rekening Efek di BCA Sekuritas

Asalkan sudah memenuhi syarat-syarat yang diminta, buka rekening efek di BCA Sekuritas itu tidak sulit. Ada beberapa syarat yang mesti kamu siapkan untuk bisa mendaftarkan diri agar bisa bertransaksi jual beli saham di perusahaan sekuritas ini. Ini lho syarat-syarat buka rekening efek di BCA Sekuritas:

  1. KTP atau KITAS atau paspor
  2. NPWP atau surat keterangan gak punya NPWP
  3. Halaman depan buku tabungan
  4. Syarat-syarat tersebut dilampirkan dalam bentuk foto kopi.

Cara Membuka Rekening Efek

a. Download Formulir Pembukaan Rekening Individu dan Dana Nasabah di bcasekuritas.co.id.

b. Isi formulir tersebut dan tkamutangani.

c. Buat yang lakukan online trading, wajib isi dan tkamutangani Syarat dan Ketentuan Tambahan Online Trading.

d. Sertakan fotokopi KTP atau KITAS atau paspor dan NPWP atau Surat Keterangan Tidak Punya NPWP.

e. Sertakan fotokopi halaman depan buku tabungan.

f. Formulir-formulir yang udah diisi beserta dokumen-dokumen yang diminta harus dikirim ke PT BCA Sekuritas Menara BCA, Grand Indonesia Lantai 41 Jl. MH. Thamrin No. 1 Jakarta 10310. Nantinya, BCA Sekuritas akan memprosesnya selama kurang lebih lima hari kerja.

Alternatif Investasi dengan Keuntungan Stabil

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, pada akhir Februari 2020, pemerintah mengumumkan kasus pertama penyebaran virus corona di Indonesia. Bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, ternyata ini juga banyak berdampak pada perekonomian. Hal ini terlihat dari banyaknya investor yang berbondong-bondong menjual sahamnya karena khawatir merugi. Bukan hanya pada 1 atau 2 saham, penurunan harga juga terjadi pada saham BBCA. Hari ini, 30 April 2020, harga saham BBCA berada di level Rp25.850. Harga ini merosot jauh dibanding harga saham di bulan Februari yang mencapai Rp35 ribuan.

Nah, bagi kamu yang ingin tetap memiliki investasi dengan risiko dan keuntungan yang lebih stabil, kamu bisa memanfaatkan instrumen investasi reksa dana seperti Ajaib! Di mana, dengan Ajaib kamu bisa memulai investasi kapan dan di mana saja, juga dengan keuntungan dan risiko yang lebih stabil. Selain itu, hanya dengan modal sebesar Rp 10 ribu kamu sudah bisa mulai berinvestasi di platform yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ini, sehingga dana yang kamu simpan didalamnya lebih aman dan terhindar dari investasi bodong.

Itulah cara membeli saham BCA. Untuk lebih banyak tahu artikel perbankan, ekonomi, hingga investasi, kamu bisa mengaksesnya melalui situs Ajaib. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait