Panduan Cara Gunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital

Panduan Cara Gunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital
Panduan Cara Gunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital

Menghadapi persaingan ekonomi di era digital dan memasuki industri 4.0. Pegadaian tidak ketinggalan melakukan berbagai transformasi, salah satunya memberikan layanan digital berupa aplikasi Pegadaian Syariah digital.

Pegadaian syariah digital mengklaim prosesnya cepat dan tidak perlu khawatir dengan langkah dan syarat pengajuan yang rumit. Layanan ini dibuat sedemikian rupa, untuk mempermudah konsumen Pegadaian. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan layanan dari Pegadaian lebih mudah, kapan dan di mana saja. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena Pegadaian merupakan lembaga resmi yang terpercaya. Dengan aplikasi pegadaian inilah, mereka bisa memberikan pelayanan prima yang diperuntukkan bagi nasabah yang pernah bertransaksi dengan Pegadaian Syariah.

Apa itu Pegadaian Syariah?

Pegadaian Syariah adalah perusahaan BUMN yang menjalankan sistem berbasis syariat dan hukum islam. Produk ini adalah salah satu bagian dari Pegadaian yang bergerak dalam 3 bidang bisnis utama yaitu pembiayaan, transaksi pembelian dan penjualan emas, dan penyedian jasa.

Pegadaian sendiri merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki izin resmi untuk melaksanakan kegiatan gadai. Di mana, perusahaan ini melakukan transaksi gadai dengan menerima jaminan berupa barang atau surat berharga dari seorang yang ingin berutang untuk mendapatkan sejumlah uang senilai barang yang dijaminkan. Nantinya, barang yang dijaminkan tersebut akan ditebus sesuai kesepakatan antara nasabah pegadaian dengan lembaga gadai.

Dalam Pegadaian Syariah, sistem gadai atau yang sering disebut rahn (dalam bahasa arab) dijalankan sesuai hukum islam. Di mana, dalam bahasa Arab, rahn memiliki arti tetap atau lama, dengan kata lain sistem pegadaian ini melakukan penahanan barang dalam jangka waktu tertentu. Di mana, barang yang digadaikan memiliki nilai harta dan dapat dijadikan jaminan dalam utang-piutang.

Manfaat Pegadaian Syariah

Setidaknya pegadaian syariah ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan Pegadaian biasa. Apa saja manfaat perusahaan ini bagi kita? Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari pegadaian syariah.

a. Melakukan pengelolaan atas penyaluran dana pinjaman sesuai hukum gadai islam yang prosesnya mudah, cepat, aman dan hemat.

b. Memberikan pinjaman untuk membuka dan mengembangkan usaha, yang secara tidak langsung dapat menguntungkan pemerintah dan masyarakat.

c. Mengelola keuangan, perlengkapan, kepegawaian, pelatihan, peindidikan, dan tatalaksana pegadaian.

d. Melakukan penelitian, pengembangan, serta pengawasan terhadap sistem gadai dalam masyarakat.

e. Mencegah pemberitan tidak wajar, pegadaian gelap, dan praktek riba.

Kelebihan Pegadaian Syariah Dibanding Pegadaian

Setidaknya ada beberapa hal yang membedakan pegadaian biasa dengan pegadaian syariah. Selain menggunakan sistem berbasis syariah, ada beberapa kelebihan lain yang bisa kamu dapatkkan.

a. Halal dan bebas riba.

b. Sebagai media beramal, lembaga keuangan syariah menyisihkan 2,5% dari keuntungan untuk zakat.

c. Tahan krisis ekonomi.

d. Tarif Jasa simpan lebih kecil dibanding pegadaia biasa.

e. Biaya Administrasi kecil

f. Barang yang disimpan terjaga dan aman, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan maupun terjadi kerusakan.

g. Menggunakan sistem gadai syariah yang adil dan menentramkan.

Cara Registrasi pada Pegadaian Syariah Digital

Tertarik untuk melakukan transaksi di pegadaian syariah? Untuk mempermudah kamu mengelola investasi atau transaksi kamu di Pegadaian, kamu bisa mulai dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini.

#1 Download & Install Aplikasi Pegadaian Digital

Sebelum menggunakan aplikasi pegadaian, kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dulu melalui Play Store atau Google Play. Kamu cukup mencari kara kunci “pegadaian digital” maka aplikasi tersebut akan muncul pada bagian paling atas. Setelah berhasil, cobalah install aplikasi tersebut dan buka atau jalankan.

#2 Daftar Menjadi Pengguna

Setelah berhasil, silakan daftarkan diri kamu secara online sebagai salah satu pengguna aplikasi Pegadaian Digital, kemudian isi data diri dengan informasi yang sebenar-benarnya sesuai KTP. Kemudian, pilih button tanda panah dan tunggu beberapa saat di mana sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor yang telah kamu daftarkan. Masukkan kode OTP dalam 6 digit dan hindari untuk memberikan kode OTP kepada orang lain.

#3 Aktivasi Aplikasi

Setelah berhasil, kamu akan diminta untuk mengisi alamat email (yang valid) dan kata sandi (yang akan digunakan untuk login), kemudian klik Selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu harus melakukan aktivasi melalui email yang telah kita daftarkan sebelumnya. Cobalah masuk ke email yang telah kamu daftarkan dan klik tautan yang ada pada kotak masuk dari Pegadaian Syariah, kemudian klik Verifikasi Email Saya.

#4 Login ke Aplikasi

Setelah itu, kamu akan mendapatkan halaman notifikasi bahwa Verifikasi Email Berhasil. Dengan begitu berarti pendaftaranmu telah berhasil, dan kamu bisa menggunakan link yang disediakan untuk bisa login.

#5 Hubungkan CIF

Lakukan link CIF pada menu Pengaturan, kemudian klik Hubungkan Sekarang di bawah tulisan kamu belum menghubungkan CIF. Untuk mengetahui CIF, kamu dapat menanyakannya kepada petugas Pegadaian. Namun jika kamu sudah pernah Gadai di Pegadaian Syariah, kamu dapat menemukan CIF yang berada di Surat Bukti Rahn yang berada di sebelah kiri atas. Atau jika kita sudah pernah membuka Buku Tabungan Emas, kamu dapat melihatnya di bagian depan pada Buku Tabungan Emas tersebut.

#6 Lakukan Transaksi

Jika berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi, dengan begitu proses Registrasi Pada Pegadaian Syariah Digital sudah sukses dan aplikasi sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial. Setelah hasil melakukan registrasi, kita dapat melakukan transaksi financial, baik untuk pembelian emas maupun transaksi lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, kamu bisa dengan mudah melakukan transaksi pada produk pegadaian kapan dan di mana saja. Mulai dari membuka rekening tabungan emas, cetak emas, menemukan agen pegadaian terdekat, membeli emas batangan, mengecek saldo tabungan emas, dan masih banyak lagi. Yuk mulai menggunakan pegadaian digital untuk mendapatkan layanan terbaik dari PT Pegadaian Persero.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan investasi lainnya selain emas, kamu bisa memanfaatkan investasi reksa dana maupun saham. Apa bedanya investasi emas dan saham, mana yang lebih menguntungkan? Menurut tim Ajaib, reksa dana lebih menguntungkan dibanding emas. Kenapa? Di mana, ketika kamu ingin memulai investasi reksa dana, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, minimal Rp10.000 kamu sudah bisa memulai investasi. Sedangkan harga emas per-gram kurang lebih Rp700.000.

Selain itu, investasi reksa dana tidak membutuhkan biaya penyimpanan atau safety box bank. Untuk return, tentu reksa dana bisa memberikan return lebih tinggi dibanding emas. Biasanya emas baru terlihat hasil investasi setelah emas tersebut kamu simpan dalam jangka panjang, jika baru beberapa tahun, hasilnya akan terlihat stagnan. Dan masih banyak lagi keunggulan reksa dana.

Selain itu, reksa dana juga lebih aman dibanding saham. Di mana, kamu tidak perlu memahami dan belajar mengenai saham, karena dana yang kamu investasikan akan dikelola dengan manajer investasi terbaik. Jadi tunggu apalagi? Investasi sekarang di Ajaib dan dapatkan return maksimal sesuai dengan tujuan investasi kamu.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait