Asuransi & BPJS

Mudah dan Cepat! Begini Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

cara cek bpjs ketenagakerjaan

Ajaib.co.id – Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah terdaftar dan rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan. Namun, masih saja ada yang tidak paham cara untuk mengecek berapa nominal saldonya sendiri. Lalu bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang mudah?

Sebetulnya ada banyak informasi yang bisa kamu cari di mesin pencarian google, namun karena saking banyaknya informasi yang ada membuat kamu bingung pastinya.

Sangat penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang sudah berhasil dikumpulkan selama bekerja. Sekalipun kamu yang bekerja sebagai karyawan perusahaan yang iuran BPJS Ketenagakerjaannya dibayarkan kantor tetap harus tahu jumlah saldo yang ada.

Nah, disini akan dibahas secara lengkap dan jelas bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, baca dan simak baik-baik ulasannya ya!

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengecek BPJS Ketenagakerjaan milikmu ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu melalui website, sms, BPJSTKU Mobile, atau cek langsung di kantor BPJS. Tanpa perlu berlama-lama, ini langkah-langkah cara mengetahui saldo yang sudah kamu kumpulkan.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Kalau kamu tidak ingin ribet dan mudah untuk mengecek seberapa banyak saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu, bisa dilakukan melalui website. Cara ini paling sering dipakai para pengguna, karena kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan, termasuk jumlah saldo yang kamu punya.

Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka situs BPJS Ketenagakerjaan
  2. Lalu pilih kategori Layanan Peserta Tenaga Kerja di bagian atas, kemudian klik tombol masuk.
  3. Selanjutnya klik BPJSTKU.
  4. Berikutnya kamu membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik ‘daftar pengguna’. Setelah itu login menggunakan akun yang telah dibuat tadi.
  5. Kamu sekarang bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

2. Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Pesan Teks (SMS)

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah melalui handphone kamu, yakni lewat SMS. Cukup mengirimkan 1 SMS, selanjutnya tinggal menunggu balasan dari operator BPJS Ketenagakerjaan mengenai jumlah saldo yang kamu miliki. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kamu harus mendaftarkan diri sebelum menggunakan layanan SMS. Caranya kirim pesan dengan format: DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (jika ada). selanjutnya kirimkan ke 2725.
  2. Setelah selesai mendaftar, kamu bisa langsung mengirim pesan untuk mencari tahu informasi seputar jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara mengetikkan format: SALDO<spasi>Nomor Peserta dan kirim ke 2757.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Selain melalui website dan SMS, cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang satu ini juga sangat mudah. Bagi kamu yang punya smartphone, aplikasi BPJSTKU bisa diunduh langsung di Google Playstore atau IOS App Store.

Di dalamnya terdapat berbagai fitur berdasarkan fungsinya, seperti pendaftaran keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan ataupun peserta baru, fitur cek saldo, simulasi perhitungan jaminan hari tua (JHT), layanan pelaporan, dan sebagainya. Sementara untuk pendaftarannya dibagi menjadi dua, yaitu pendaftaran peserta baru BPJS Ketenagakerjaan (Penerima Upah, Bukan Upah, Pekerja Migran Indonesia) dan registrasi pengguna aplikasi BPJSTKU.

Jika kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka tinggal registrasi saja untuk pemakaian aplikasi BPJSTKU. Sedangkan, bagi yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dapat juga dilakukan di aplikasi tersebut. Untuk registrasinya ada di pilihan menu ‘Pendaftaran Peserta Baru’. Selanjutnya pilih jenis kepesertaan yang kamu inginkan, apakah jenisnya Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), atau Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu menggunakan aplikasi BPJSTKU? Langkah-langkahnya seperti ini:

Install aplikasinya di handphone kamu

Kalau kamu belum punya akun, daftarkan diri terlebih dahulu atau bisa langsung login menggunakan akun Gmail kamu. Selanjutnya kode verifikasi akan dikirimkan ke email kamu.

  1. Setelah menerima kode verifikasinya, masukkan kode tersebut.
  2. Masukkan PIN untuk aktivasi dari email milikmu.
  3. Ketik kembali PIN untuk masuk ke akun kamu.
  4. Kemudian masukkan nama dan tanggal lahir sesuai dengan yang ada di KTP.
  5. Masukkan juga nomor KTP.
  6. Selanjutnya masukkan nomor KJP atau Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Setelah kamu menyelesaikan semua langkah di atas, layanan cek saldo bisa kamu pakai kapan pun.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS

Terakhir, cara cek BPJS Ketenagakerjaan ini memang sudah ketinggalan zaman dan bikin repot pastinya. Akan tetapi, cara ini masih banyak digunakan bagi beberapa peserta yang sulit mendapat akses internet, smartphone, dan bingung untuk mencari informasi dengan jelas.

Jadi jangan heran jika di beberapa daerah, kantor BPJS Ketenagakerjaan terlihat penuh didatangi masyarakat, baik itu yang ingin mengecek saldo atau mendaftar sebagai peserta baru.

Kamu tinggal mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan menemui petugasnya. Kemudian kamu tunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan milikmu dan minta petugas tersebut untuk mengecek saldo di akun kamu.

Begitulah cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Nantinya saldo yang kamu miliki akan dicairkan setelah berhenti bekerja karena itu PHK, resign, ataupun pensiun. Namun, sebelum mencairkannya kamu harus pikirkan dengan matang mau digunakan untuk apa uang itu.

Jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Lebih baik dipakai sebagian untuk berinvestasi, salah satunya melalui Ajaib. Aplikasi ini memberikan kemudahan kamu melakukan investasi dan memilih instrumen yang tepat sesuai kebutuhan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait