Daftar Indeks Saham yang Perlu Kamu Ketahui!

apa itu indeks saham
apa itu indeks saham

Ajaib.co.id – Apa itu indeks saham? Kamu perlu mengetahui apa itu indeks saham terutama bagi kamu yang ingin terjun ke dunia investasi saham. Secara mudahnya, indeks saham atau lebih lengkapnya adalah indeks harga saham merupakan cerminan atau indikator dilihatnya pergerakan harga saham. Indikator di dunia saham ini cukup penting karena dijadikan pedoman utama oleh para investor untuk melakukan investsasi di bursa saham.

Di dunia investasi saham terdapat berbagai macam saham dengan nilai harganya yang berbeda-beda. Agar lebih mudah dikenal dan dicari oleh para investor, saham-saham tersebut ditentukan melalui indeks harga saham. Indeks harga saham bisa dikatakan juga sebagai nilai yang dimiliki oleh saham tersebut. Apakah kinerjanya baik atau buruk, kita bisa melihatnya tidak hanya dari grafik naik-turun harga sahamnya, tapi diawal kita bisa melihatnya dari indeks harga saham yang memasukinya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa itu indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dari mana istilah apa itu indeks saham ini berasal.

Indeks harga saham pertama yang ada di dunia adalah indeks harga saham Dow. Indeks Dow diambil dari naman penciptanya, Charles Dow dan mulai lahir pada tahun 1896 di Amerika Serikat. Pada saat itu indeks Dow sudah memiliki daftar 12 saham yang berasal dari emiten-emiten yang ada di Amerika Serikat. Indeks Dow di tahun 1896 merupakan perkumpulan dari saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan besar di Amerika Serikat.

Dari sanalah indeks harga saham lahir sehingga juga diterapkan di Indonesia. Saat ini Indeks Dow masih ada dan memiliki 30 perusahaan yang dikenal sebagai perusahaan besar yang punya kinerja keuangan bagus. Sekarang Indeks Dow lebih dikenal dengan sebutan Indeks DJIA.

Indeks harga saham juga bisa ditentukan oleh bidang di mana perusahaan itu berjalan, sepetinya misalnya adalah indeks harga saham NASDAQ yang merupakan kumpulan dari saham-saham dari perusahaan yang unggul dalam bidang teknologi.

Sekarang mari kita membahas tentang indeks harga saham yang ada di Indonesia. Bursa Efek Indonesia memiliki berbagai macam indeks harga saham. Yang cukup dikenal adalah IHSG dan LQ45, tapi selain kedua indeks harga saham tersebut, ada indeks harga saham lain yang perlu juga kamu ketahui.

Inilah daftar indeks harga saham yang ada di Bursa Efek Indonesia:

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Merupakan indeks harga saham yang digabungkan dari berbagai macam perusahaan emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. IHSG dijadikan sebagai patokan dalam menggambarkan keadaan pasar modal secara keseluruhan di Indonesia karena itulah IHSG punya perhitungannya sendiri. IHSG sendiri dicetuskan oleh Bursa Efek Indonesia karena itulah pihak Bursa Efek Indonesia punya wewenang melihat perusahaan mana yang bisa masuk ke dalam IHSG, dan perusahaan yang bisa saja dikeluarkan dari IHSG. Namun, tentunya mereka tidak sembarangan memasukkan dan mengeluarkan perusahaan, harus ada syarat-syarat tertentu yang dipenuhi.

Indeks Sektoral

Pembagian indeks harga saham di Indeks Sektoral adalah bertujuan untuk memudahkan pembagian perusahaan yang bergerak pada masing-masing sektor. Di Bursa Efek Indonesia sendiri ada sepuluh Indeks Sektor yang ditentukan, yaitu sektor Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Perdagangan dan Jasa, Manufaktur, Keuangan, dan Pertanian. Pengelompokkan seperti ini akan lebih memudahkan penilaian terhadap sektor secara keseluruhan, mana sektor yang mengalami penurunan, dan mana sektor yang mengalami kenaikan.

LQ45

Merupakan indeks harga saham di Indonesia yang terdiri dari 45 saham terpilih yang punya kinerja bagus dan ada kriteria-kriteria lain yang ditentukan darinya. Perusahaan yang berhasil masuk kategori LQ45 bisa dikatakan sebagai perusahaan yang mendapatkan nilai bagus. Review-nya sendiri dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia karena tidak sembarangan perusahaan yang bisa memasuki kategori ini. Setiap 6 bulan sekali dilakukan penilaian dan pemnbaharuan, jadi sangat memungkinkan sebuah perusahaan masuk dan keluar di dalam kategori ini.

Jakarta Islamic Index (JII)

Jakarta Islamic Indeks atau bisa disingkat dengan JII merupakan kumpulan 30 saham terpilih dari saham-saham yang masuk kriteria efek syariah. Jika kamu ingin tahu saham-saham mana saja yang bergerak di bidang saham syariah, kamu bisa mengecek daftar saham yang masuk ke dalam indeks saham ini. Penentuan indeks harga saham JII diterbitkan oleh Bapepam-LK, jadi ada penilaian juga yang dilakukan. Saat ini saham yang dikelola secara syariah memang sedang digandrungi oleh banyak orang.

Indeks Kompas100

Indeks harga saham Kompas100 berisikan saham-saham yang berasal dari 100 saham terpilih yang dinilai berdasarkan hal-hal yang sudah ditentukan. Indeks saham ini akan diperbaharui 6 bulan sekali dengan melihat kinerja saham perusahaan bersangkutan. Kamu juga bisa melihat perusahaan mana saja yang punya kinerja bagus dan sahamnya pun bisa kamu miliki jika kamu tertarik kepadanya.

Indeks PEFINDO25

Dalam menentukan indeks harga saham, Bursa Efek Indonesia juga bekerja sama dengan lembaga lain, contohnya adalah Indeks PEFINDO25 ini. Indeks harga saham PEFINDO25 berisikan 25 saham yang berasal dari emiten menengah maupun emiten kecil yang baru saja go publik. Dengan adanya kategori unik ini, kamu bisa mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang memiliki potensi menjadi perusahaan bagus nantinya. 

Indeks Bisnis-27

Indeks saham ini merupakan indeks harga saham hasil kerja sama antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan harian Bisnis Indonesia. Dengan adanya indeks ini, harian Bisnis Indonesia dapat mengelola indeks ini secara lebih independen dan fleksibel, di mana pemilihan konstituen indeks berdasarkan kinerja emiten dengan kriteria seleksi secara fundamental perusahaan, historikal data transaksi (teknikal) dan akuntabilitas.

Seperti itulah indeks harga saham yang ada di Indonesia. Jika kamu tertarik masuk menjadi investor di Bursa Efek Indonesia, Ajaib sebagai salah satu platform reksa dana bisa membantumu menemukan informasi terbaru mengenai saham yang bisa kamu beli dan tentunya menguntungkan. Segera saja hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

Selain belajar mengenai saham dan reksa dana, kamu juga bisa membeli reksa dana dalam bentuk saham melalui Ajaib kapan dan di mana saja secara online. Yuk mulai investasi sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Giles et. al. (2003). Managing Collective Investment Funds. England : John Wiley & Sons Ltd


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait