Mengetahui Apa Itu Manajemen Demi Pengembangan Bisnis

apa itu manajemen
apa itu manajemen

Pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) tradisional seringkali merasa kurang perlu memahami apa itu manajemen, padahal manajemen yang baik bisa mengembangkan skala usahanya menjadi lebih besar

Pemahaman Tentang Apa Itu Manajemen

Definisi Mary Parker Follet tentang apa itu manajemen adalah: seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Ini berarti bahwa manajemen bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dan para individu yang ada di dalam organisasi itu.

Bedanya seorang pengusaha/manajer dan pekerja ada pada sebuah penciptaan sistem. Pekerja akan dengan mudah melakukan pekerjaannya karena sudah ada yang menciptakan sistem kerjanya. sedangkan pengusaha adalah pihak yang harus menciptakan sistem itu. Jadi, selama seorang entrepreneur masih melakukan semua tugas kewirausahaannya sendirian, berarti bisnisnya belum tau apa itu manajemen.

6 Unsur Terpenting Dalam Fungsi Manajemen:

  • Man (Sumber Daya Manusia) 
  • Money (Keuangan)
  • Materials (Bahan Baku)
  • Machines (Peralatan Mesin)
  • Methods (Metode)
  • Market (Pasar)

Manajemen UMKM Tradisional

Permasalahan Utamanya:

1. Modal

Banyak pemilik UMKM yang yakin bahwa usahanya bisa tumbuh namun terkendala permodalan, dan belum tersentuh lembaga keuangan (bank), sehingga mereka memanfaatkan lembaga keuangan mikro walaupun dengan bunga sangat tinggi.

2 Distribusi Barang

Kurangnya channel untuk pendistribusian barang juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh pemilik UMKM. Pemasaran dari mulut ke mulut menjadi channel favorit pelaku UMKM. Kenyataan di lapangan, distribusi seringkali dinomoduakan setelah produksi.

3 Perizinan

Hanya sebagian dari UMKM yang punya kepemilikan badan hukum. Mayoritas UMKM juga mengalami tantangan di bidang pengetahuan legalitas dan perizinan, termasuk proses pengurusannya.

4 Pembukuan yang Masih Manual

Pembukuan yang masih manual seringkali mengakibatkan ketidakcakapan dalam mengkalkulasi omset, laba kotor dan laba bersih, yang akhirnya menghambat UMKM untuk tumbuh dan meningkatkan skalabisnisnya. Data pembukuan yang komprehensif memampukan suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan dan merencanakan strategi perusahaan kedepannya.

Pemasaran Online

Pemasaran online masih menjadi tantangan UMKM saat ini. Kurangnya pengetahuan serta keengganan melakukan adaptasi terhadap internet dan teknologi digital menjadi tantangan dan masalah yang harus dibantu oleh kaum Milenial.

Potensi Manajemen Yang Baik Bagi Pengembangan UMKM

Jika seorang pemilik Usaha Mikro ingin skala usahanya berkembang, ia harus menyadari betapa pentingnya pendelagasian kerja. Secara logika sederhana, jika semua fungsi kerja yang dilakukan si pengusaha bisa digandakan dengan mendelegasikan juga tugas-tugas itu ke seorang karyawan kepercayaannya, maka mereka berdua telah menggandakan kapasitas kerja, sehingga produktivitas pun otomatis tergandakan pula.

Apalagi jika karyawannya bertambah jadi 2, 3, 4, 5, dst. Maka skala Usaha Mikro bisa berkembang menjadi menjadi Kecil, lalu berkembang lagi menjadi Menengah. Happy kan?

Tantangan Membangun Manajemen Yang Baik

Tapi sebelum bisa mendelegasikan tugas kerja, seorang pemilik UMKM harus mau membuat sebuah sistem manajemen yang komprehensif, meliputi seluruh 6 fungsi manajemen yang telah disebutkan di atas. Sistem manajemen sektor Sumber Daya Manusia, Keuangan, Bahan Baku, Peralatan Mesin, Metode, dan Pasar akan mempermudah tugas kerja para karyawan di masing-masing divisi tersebut, tapi juga akan mempermudah si pemilik UMKM sendiri dalam menjaga produktivitas dan memperhatikan perkembangan usahanya.

Lebih indahnya lagi, sebuah UMKM yang sistem manajemennya baik memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan support pendanaan dari lembaga keuangan (bank), kreditor dan investor!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait