3 Langkah Mengelola Uang untuk Masa Depan Lebih Baik

Mengelola uang

Masa depan keuangan yang sehat bukan tentang berapa banyak uang yang kamu hasilkan, namun tentang bagaimana kamu mengelola dan merencanakannya. Pelajari beberapa teknik manajemen uang dasar untuk membantu mengatur keuangan kamu, berapapun penghasilanmu.

Ada kesalahpahaman, untuk menjadi baik dengan uang kamu perlu banyak memiliki uang tersebut. Sayangnya, itu tidak benar. Apa yang kamu butuhkan untuk menjadi “baik” dengan uang adalah bagaimana kamu mengaturnya setiap hari.

Apakah kamu merencanakannya untuk diri sendiri atau untuk seluruh keluarga kamu? Ada tiga langkah dasar yang dapat kamu ambil untuk mengatur uangmu.

Langkah pertama: Buat anggaran.

Langkah kedua: Tetapkan tujuan tabungan.

Dan langkah ketiga: Selesaikan utang kamu.

Ketika dipraktikkan, langkah-langkah ini dapat berdampak besar tidak hanya pada anggaran bulanan kamu, tetapi pada masa depan keuangan kamu secara keseluruhan.

Buat Anggaran

Salah satu langkah pertama untuk mengelola uang yang lebih baik adalah membuat anggaran dan menaatinya. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi kamu akan terkejut betapa sedikit orang yang benar-benar melakukannya. Kamu dapat menganggap anggaran kamu sebagai panduan untuk mencapai tujuan finansial dan pribadi kamu.

Jika kamu memiliki masalah untuk menutupi semua pengeluaran kamu setiap bulan, anggaran yang tertata rapi dapat membantumu menghindari pengeluaran berlebihan. Itu karena anggaran yang tertata dapat membantumu melihat dan memahami dengan tepat ke mana uang yang kamu miliki keluar atau masuk.

Tetapkan Tujuan Tabungan

Langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan penghematan. Dengan anggaran yang telah kamu buat, proses menabung akan jauh lebih mudah. Kamu akan tahu berapa banyak uang ekstra yang kamu miliki setiap bulan untuk dialokasikan ke tujuan kamu.

Salah satu tujuan penghematan terbaik untuk memulai adalah dana darurat. Membangun dana darurat untuk membantu menutupi pengeluaran tak terduga seperti tagihan medis mendadak, perbaikan rumah atau mobil, atau bahkan kehilangan pekerjaan dapat membantu kamu terhindar dari hutang. Alih-alih meminjam uang untuk menutupi keadaan darurat ini, kamu sudah memiliki uang yang disimpan dan ini akhirnya dapat menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang,

Mulailah dengan membangun pengeluaran senilai tiga bulan sebagai tujuan. Setelah kamu membuat dana darurat dan hidup sesuai anggaran yang kamu buat, kamu akan dapat mengetahui beberapa tujuan tabungan jangka panjang. Apakah kamu memutuskan untuk merencanakan masa pensiun kamu, atau menabung untuk perbaikan rumah, kuliah atau bahkan liburan. Kamu akan lebih mampu menyisihkan sejumlah uang, dan memiliki tenggat waktu untuk mencapai tujuan kamu.

Selesaikan Utang

Langkah ketiga adalah mengatasi segala utang yang kamu miliki.

Pertama, saat kamu berupaya membayarnya, kamu mungkin ingin berhenti menambahkan utang yang sudah kamu miliki. Semakin sedikit utang yang kamu miliki, semakin mudah untuk keluar dari utang itu. Semakin cepat kamu memulai, semakin banyak uang yang dapat kamu hemat.

Perlu dicatat bahwa mengelola utang dan tabungan kamu berjalan seiring. Misalnya, jika kamu memiliki utang dengan tingkat bunga yang sangat tinggi, mungkin masuk akal untuk fokus membayarnya pada waktu yang sama, atau bahkan sebelum kamu membangun seluruh dana darurat kamu.

Tiga langkah ini adalah komponen dasar pengelolaan uang.

Dengan menjaga anggaran, kamu akan tahu apa yang kamu miliki untuk mencapai tujuan tabungan kamu dan mengatasi utang kamu. Memiliki dana darurat dapat membantu kamu menghindari menambah utang baru. Sesekali memeriksa atau meninjau anggaran kamu dari waktu ke waktu, dapat membantu kamu menetapkan tujuan tabungan jangka panjang. Sekarang kamu sudah memahami dasar-dasar mengelola uang, mengapa tidak mengambil langkah selanjutnya? Menjadi lebih pintar dengan uang kamu, mempelajari tips dan teknik baru, dapat membantu kamu hari ini dan masa depan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait