Saham

Mengenal Keunggulan dan Kelemahan Saham Preferen

Keunggulan dan Kelemahan Saham Preferen

Ajaib.co.id – Di dalam dunia investasi saham, produk yang diperjualbelikan dengan tujuan menghasilkan keuntungan adalah saham. Saham sendiri merupakan surat berharga yang menjadi alat bukti atas kepemilikan suatu perusahaan.

Hal ini berarti seseorang yang membeli suatu saham perusahaan, maka dapat dikatakan seseorang tersebut memiliki sebagian kepemilikan atas suatu perusahaan.

Pada dasarnya, saham terdiri dari dua jenis yaitu saham biasa dan saham preferen. Lalu, apa yang dimaksud dengan saham biasa dan saham preferen? Tentunya ada perbedaan keunggulan dan kelemahan saham preferen maupun saham biasa.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang kedua jenis saham tersebut, berikut ini penjelasan yang dapat kamu pahami untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis saham.

Pengertian Saham Biasa dan Saham Preferen

Saham biasa atau common stock merupakan alat bukti berupa sertifikat atau piagam yang menjelaskan kepemilikan atas suatu perusahaan meliputi aspek-aspek utama perusahaan.

Pemilik saham biasa akan mendapatkan hak dari keuntungan perusahaan secara tetap atau disebut dengan istilah dividen. Pemilik saham juga memiliki hak suara untuk berpendapat dalam mengelola perusahaan.

Namun hak suara ini sangat terbatas dan mengacu pada nilai saham yang dimiliki. Selain hak, setiap pemilik saham biasa juga harus berkewajiban menanggung segala macam risiko termasuk kebangkrutan perusahaan.

Kerugian karena kebangkrutan ini biasanya dialami pada nilai saham yang diinvestasikan. Semakin besar nilai saham yang diinvestasikan, maka besar pula kerugian yang akan kamu terima sebagai pemilik saham.

Hal ini juga sejalan dengan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika nilai saham yang diinvestasikan, maka besaran dividen yang akan diberikan oleh perusahaan juga semakin besar jumlahnya.

Sementara saham preferen atau preferred stock merupakan surat berharga perusahaan yang dijual dengan menunjukkan nilai nominal mata uang dan dapat memberi pengembangannya keuntungan berupa pendapatan tetap atau dividen dalam jangka waktu tiga bulan sekali.

Pemilik saham preferen akan mendapatkan dividen di awal dan memiliki hak suara lebih jika dibandingkan pemilik saham biasa.

Saham preferen adalah saham dengan gabungan karakteristik antara saham biasa dan obligasi. Karena pendapatan tetap seperti obligasi, tidak mendatangkan hasil, dan masih banyak lainnya. Saham preferen juga bersifat abadi dan tidak bisa ditebus serta diklasifikasikan sebagai ekuitas. Selain itu, saham preferen juga bersifat kumulatif dan non kumulatif.

Di mana, sifat kumulatif ini terjadi ketika perusahaan gagal membayar dividen, lalu dividen akan diakumulasikan dan harus ditebus di lain waktu untuk dapat membayar dividen saham biasa. Sedangkan nonkumulatif merupakan sebaliknya, ketika perusahaan tidak memiliki fitur tersebut, maka tidak perlu untuk melakukan pembayaran.

Jenis-Jenis Saham Preferen

Ada beberapa jenis saham preferen yang bisa kamu ketahui berdasarkan fungsi dan keunggulannya. Berikut ini penjelasan beberapa jenis saham preferen:

Convertible Preferred Share

Jenis saham preferen ini memiliki fitur konversi menjadi saham biasa pada perusahaan. Hal ini karena adanya opsi konversi sehingga pemilik saham berpotensi untuk mendapatkan manfaat dari apresiasi harga saham biasa.

Setelah mengonversi menjadi saham biasa, kamu tidak dapat melakukan konversi kembali ke saham preferen.

Participating Preferred Share

Saham preferen jenis ini merupakan kelebihan di mana pemegang saham preferen dapat menerima dividen terlebih dahulu, sebelum dibayarkan kepada pemilik saham biasa.

Selain itu, pemilik saham preferen jenis ini juga akan menerima dividen tambahan jika jumlah dividen yang diberikan pemilik saham biasa melebihi jumlah yang ditentukan.

Cumulative Preferred Share

Saham jenis ini menetapkan pembayaran dividen secara reguler setiap tiga bulan sekali. Jika perusahaan tidak dapat membayar dividen pada waktu yang ditentukan, maka jumlah dividen akan menumpuk dan harus dibayarkan sebelum dividen diterbitkan kepada pemegang saham preferen kuartal berikutnya.

Callable Preferred Share

Saham preferen jenis ini memungkinkan perusahaan untuk menarik dividen pada waktu tertentu dan harga penebusan tertentu di masa mendatang. Harga penebusan tersebut biasanya akan lebih tinggi atau sama dengan harga penerbitan.

Adjustable-rate Preferred Share

Jenis saham preferen yang satu ini akan membayar dividen secara bervariasi karena dihubungkan dengan tolak ukur tertentu. Hal ini bisa dijumpai pada surat perbendaharaan negara atau SPN.

Keunggulan dan Kelemahan Saham Preferen bagi Investor

Ketika seorang investor memutuskan untuk memilih saham preferen, tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus dipahami terlebih dahulu. Hal ini menyangkut keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor ketika memutuskan untuk memilihnya.

Nah, berikut ini merupakan penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor yang bisa dipahami:

Keunggulan Saham Preferen bagi Investor

●       Membagikan dividen secara bersamaan di akhir tahun dengan menggunakan sistem akumulasi untuk tahun berikutnya kepada investor atau biasa disebut cumulative preference share.

●       Setiap pemilik saham akan diprioritaskan atas keuntungan perusahaan yang masih tersisa atau disebut dengan participating preference share.

●       Nilai dividen yang didapat oleh setiap pemilik saham preferen lebih besar jika dibandingkan saham biasa.

●       Perusahaan yang melakukan likuiditas akan memberikan uang hasil investasi kepada pemilik saham preferen terlebih dahulu sebelum kepada pemilik saham biasa.

Kelemahan Saham Preferen bagi Investor

●       Saham preferen hanya dibutuhkan ketika perusahaan sangat membutuhkannya.

●       Pemilik saham preferen akan menanggung setiap kewajiban yang diberikan dan harus diselesaikan kepada perusahaan penerbit saham.

●       Saham preferen tidak memiliki hak paksa untuk setiap dividen yang dibagikan.

●       Fluktuasi harga saham preferen lebih besar jika dibandingkan harga obligasi.

Keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor tentu menjadi pertimbangan penting ketika ingin berinvestasi. Hal ini menyangkut keuntungan dan risiko yang akan terjadi di masa mendatang.

Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa istilah dalam dunia investasi saham agar kamu dapat menghasilkan keuntungan sesuai target pencapaian.

Selain itu, untuk memudahkan proses investasi saham, kamu bisa menggunakan bantuan media investasi saham seperti aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat kamu akses melalui smartphone untuk memudahkan proses investasi saham.

Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham. Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait