Saham

Manfaat dan Risiko Broker Summary pada Trading Saham

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Ada banyak istilah yang dikenal dalam dunia trading saham, salah satunya adalah broken summary.

Di mana, broken summary merupakan tools yang sering digunakan oleh para trader khususnya trader harian yang tertarik mengincar keuntungan secara jangka pendek.

Oleh karena itu, kebijakan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang akan menghapus kode broker pada jam trading, menuai banyak protes.

Sebenarnya, apa yang dimaksud broker summary itu sendiri dan seberapa penting fungsinya dalam aktivitas trading saham yang dilakukan para trader?

Nah, untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Pengertian Broker Summary

Broker summary merupakan rangkuman dari aktivitas perdagangan baik jual maupun beli saham yang dilakukan oleh broker atau sekuritas selama jam trading bursa dimulai.

Di mana, rangkuman broker akan ditampilkan selama jam trading bursa saham sehingga kamu bisa melihat ataupun memantau suatu saham yang diakumulasi atau didistribusi oleh sekuritas.

Investor juga dapat melihat aktivitas sekuritas yang banyak membeli maupun menjual saham-saham tertentu.

Oleh karena itu, rangkuman broker ini dimanfaatkan banyak orang termasuk yang menerapkan analisa bandarmologi saham.

Adapun trading saham yang menerapkan broken summary dilakukan dengan cara melihat langsung aliran dana buy dan sell serta melihat sekuritas mana yang banyak melakukan aktivitas transaksi saham.

Dengan begitu, para trader bisa melihat kecenderungan dari harga saham yang berjangka pendek.

Broker summary biasa digunakan oleh trader harian dengan aktivitas jual dan beli di rentang waktu hari yang sama maupun di bawah 1 minggu karena dianggap net buy dan sell yang dilakukan sekuritas mencerminkan peluang untuk naik maupun turunnya harga saham secara cepat.

Fungsi Broken Summary

Bukan tanpa alasan broken summary digunakan oleh para trader saat trading saham. Di mana, cara ini memiliki sejumlah kegunaan yang tujuan utamanya adalah mendapatkan profit dari aktivitas trading.

Adapun fungsi dari penerapan broken summary pada trading saham jangka pendek di antaranya:

Memberikan Informasi Berupa Top Buyer dan Seller

Seperti yang sempat disebut sebelumnya, bahwa rangkuman broker menunjukkan informasi terkait aktivitas broker sekuritas yang melakukan transaksi paling banyak dengan bisa diurutkan dari pembelian terbanyak maupun penjualan terbanyak.

Hal tersebut bisa meliputi sekuritas asing maupun sekuritas besar sehingga berdampak pada pergerakan harga saham berjangka pendek.

Menganalisa Kekuatan Beli dan Jual Setiap Saham

Tidak hanya, informasi mengenai daftar sekuritas yang melakukan akumulasi maupun distribusi paling banyak saja, namun broker summary juga menampilkan saham-saham mana saja yang paling banyak ditransaksikan meliputi jumlah volume dan harga beli atau jual rata-rata.

Dengan mengetahui aktivitas tersebut, maka trader bisa menerapkan hukum permintaan dan penawaran. Di mana, permintaan beli yang meningkat akan membuat harga saham naik dan begitu sebaliknya.

Menjadi Pelengkap Analisis Teknikal

Broker summary juga berfungsi sebagai pelengkap dari analisis teknikal. Di mana, analisis teknikal yang memberikan sinyal beli, dapat kamu analisis terlebih dahulu menggunakan rangkuman broker agar meyakinkan apakah analisis teknikal didukung oleh net buy broker sekuritas yang besar.

Jika memang benar, maka kamu bisa melakukan pembelian saham tersebut.

Risiko Broker Summary yang Berpotensi Menjebak Trader

Di samping kegunaannya yang dapat membuat trader menghasilkan profit, tentu ada risiko yang bisa menjebak para trader karena terlalu fokus menerapkan cara broker summary saat trading saham.

Hal ini karena rangkuman broker menjadi salah satu bagian dari analisis saja yang tidak 100 persen benar. Adapun risiko yang dapat menjebak trader karena broken summary seperti berikut:

Pergerakan yang Cukup Dinamis

Setelah melakukan analisis menggunakan broker summary, biasanya trader percaya diri untuk melakukan net buy dengan jumlah besar karena yakin sahamnya naik. Padahal, bisa saja terjadi perlawanan baik jual maupun beli oleh sekuritas lain sehingga harganya tidak jadi naik.

Selain itu, sekuritas biasanya tidak memberikan harga-harga maupun akumulasi yang mudah diprediksi sehingga broker summary yang sifatnya dinamis ini malah bisa menjebak para trader.

Terlalu Mengandalkan Broker Summary

Mengandalkan informasi dari broker summary saja juga bisa menjebak trader dengan fake moving price di pasar karena informasi dari broker summary pada dasarnya masih belum lengkap. Di mana, broker summary bukan menjadi analisis utama saat trading saham.

Mulai dari pola pergerakan saham, psikologis market, hingga kecenderungan tren saham tidak dapat dianalisa mendalam hanya melalui broker summary. Bisa dikatakan bahwa broker summary hanyalah pelengkap dari analisis teknikal.

Broker Summary Bukan Menjadi Analisa Wajib bagi Trader

Bisa dikatakan bahwa broker summary bukanlah analisa utama dan wajib untuk diterapkan para trader saat trading saham dilakukan.

Dalam hal ini, balik lagi ke analisa utama pada investasi saham secara jangka pendek yaitu analisa teknikal. Di mana, analisa teknikal menjadi analisa utama yang wajib dikuasai oleh para trader agar bisa sukses trading saham.

Di mana, analisa teknikal ini berisi semua informasi terkait harga saham, psikologis market yang meliputi aksi akumulasi maupun distribusi, dan pola-pola yang terbentuk oleh analisa teknikalnya.

Analisa teknikal dapat diibaratkan sebagai kompas trading dan broker summary sebagai pelengkap atau pendukung. Broker summary yang dilakukan pada trading saham tanpa analisa teknikal jelas akan menipu para trader.

Mengingat, broker summary bisa dikatakan sangat luas dengan kondisi hari ini adanya akumulasi oleh top broker, lalu keesokan harinya harga saham tetap mandek karena ada broker sekuritas lain yang siap menjual saham di bawah trader saat membeli.

Oleh karena itu, dalam trading saham agar sukses, dibutuhkan hal-hal yang harus dikuasai dengan baik yaitu analisa teknikal. Mengingat, trading saham menjadi instrumen investasi jangka pendek sehingga pergerakan saham menjadi hal yang harus diperhatikan.

Lain halnya dengan investor yang mengutamakan analisis fundamental untuk investasi jangka panjang.

Di mana, mereka tidak perlu repot-repot memantau pergerakan harga saham. Cukup mengetahui kapan harus membeli dengan harga yang tepat, lalu didiamkan selama jangka waktu yang diinginkan hingga menghasilkan profit.

Kamu juga bisa memulai investasi saham saat ini, apalagi langsung dari smartphone yang digunakan melalui aplikasi Ajaib.

Media investasi online yang satu ini akan membantu kamu memulai investasi saham secara mudah dan tentunya aman.

Di mana, kamu bisa membuat rekening dana saham langsung dari aplikasinya untuk bisa bertransaksi saham dengan memilih emiten-emiten mana saja yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Dengan berinvestasi saham di Ajaib, tentu pengelolaan rencana keuangan kamu di masa depan akan semakin mudah. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi saham sekarang.

Artikel Terkait