Investasi

Mengenal Apa itu Hedge Fund dan Fund Manager

Ajaib.co.id – Jika kamu suka membaca artikel seputar dunia finansial pasti kamu sesekali pernah mendengar kata Hedge fund. Apa itu hedge fund? Apakah hedge sama dengan istilah hedging yang mengacu kepada tindakan lindung nilai?

Pengertian Hedge Fund

Hedge fund adalah sebuah dana kelolaan yang melibatkan teknik trading tingkat tinggi yang lebih kompleks dan ekstensif. Manajer yang mengelola dana ini disebut dengan fund manager.

Pada awal penciptaannya, hedge fund adalah dana yang terkumpul yang tujuan utamanya hanya untuk melindungi aset dari risiko pasar. Dahulu dana ini hanya dimanfaatkan untuk melindungi nilai/hedge investasi tertentu terhadap fluktuasi pasar dengan cara short selling. Dari sanalah dana kelolaan ini memperoleh namanya.

Saat ini hedge fund tidak hanya berperan untuk melindungi investasi dari fluktuasi pasar saham namun juga untuk mengejar kinerja investasi yang di atas rata-rata. Jadi tindakan yang diambil dalam pengelolaan dana akan melibatkan segala hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja.

Tak terbatas pada trading biasa, fund manager yang mengelola dana dengan melakukan short selling, menggunakan leverage dan trading derivatif. Mereka melakukan konstruksi portofolio sekaligus manajemen risiko dengan cara-cara tak biasa demi kinerja yang lebih baik.

Karena itulah hedge fund dibatasi pemasarannya oleh para pemangku jabatan di pemerintahan masing-masing negara. Mereka hanya dibolehkan memasarkan produk keuangannya ada investor institusi dan para individu dengan total bersih kekayaan yang besar.

Hedge fund dan Reksa Dana

Meskipun sama-sama program investasi dana kelolaan namun reksa dana dan hedge fund berbeda. Reksa dana dan ETF adalah dana investasi yang memang disediakan untuk investor ritel. Sedangkan hedge funds adalah investasi alternatif yang tersedia bagi institusi atau mereka yang berkantong sama tebalnya dengan institusi.

Teknik investasinya pun lebih ekstensif dan kompleks karena mereka punya opsi untuk menggunakan leverage. Karena strateginya berbeda maka risikonya juga berbeda dan volatilitas Nilai Aset Bersihnya juga lebih besar, demikian juga dengan imbal hasilnya.

Hedge funds tidak tunduk pada banyak batasan-batasan yang diterapkan pada dana kelolaan jenis reksa dana. Oleh karena itu dana ini disebut juga dengan dana kelolaan berisiko. Namun krisis finansial yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa di tahun 2007–2008 membuat pemerintah meningkatkan pengawasan pada hedge funds.

Biaya yang dikenakan juga berbeda; hedge fund mengenakan biaya manajemen tahunan dari nilai aset bersih dan biaya kinerja. Biaya kinerja misalnya 20% dari kenaikan nilai aset bersih dana kelolaan sepanjang tahun.

Reksa dana berfokus pada saham, pasar uang, pendapatan tetap berbasis obligasi dan campuran di antaranya. Sedangkan efek yang dikelola hedge funds tidak terbatas pada apa yang disebutkan barusan.

Kelas aset yang dikelola bisa termasuk saham, pasar uang, pendapatan tetap, komoditas, mata uang, futures, option, dan swap. Semuanya dipelajari dan diukur efektivitasnya untuk menemukan racikan portofolio dengan hasil terbaik.

Fund Manager Ternama yang Mengelola Hedge fund

Hedge funds telah berdiri lama terutama di negara-negara maju dan telah menjadi bagian dari industri manajemen aset. Di tahun 2018 saja jumlah dana yang dikelola hedge funds di seluruh dunia mencapai $3.2 triliun. Beberapa hedge funds ternama mengelola beberapa miliar dolar dalam kelolaannya.

Di Amerika para fund manager yang mengelola hedge fund sudah sama seperti selebriti dalam dunia keuangan. Apalagi jika mereka berhasil mencetak kinerja yang aduhai, nama mereka akan menghiasi surat kabar dan menarik banyak investor ke dalam dana kelolaannya.

Berikut beberapa fund manager yang paling terkenal;

George Soros, Fund Manager dari Quantum Group of Funds.

Soros terkenal setelah berhasil “mengguncang” mata uang negara-negara berkembang termasuk Indonesia di tahun 1998. Saat itu kurs rupiah sempat anjlok ke Rp16.000 di 1998, salah satunya adalah karena spekulan mata uang kelas dunia yang bernama George Soros. Kini Soros masuk daftar 100 besar orang terkaya di dunia.

Ray Dalio dari Bridgewater Associates.

Bridgewater adalah perusahaan hedge funds terbesar didunia dengan total dana kelolaan mencapai US$160 miliar di tahun 2017.

John Meriwether dari Long-Term Capital Management.

Meriwether telah sukses mencetak kinerja gemilang di tahun 1993 hingga 1998. Seolah tak tersentuh krisis, dana kelolaannya tumbuh antara 27% hingga 59% per tahun antara 1993 hingga 1998. Kini hedge fund-nya sudah kolaps dan dilikuidasi karena faktor internal.

Strategi yang Diterapkan Hedge Fund

Strategi yang diterapkan oleh para fund manager pada umumnya diklasifikasikan dalam empat kategori utama yaitu: strategi yang menyesuaikan dengan makro ekonomi global, directional, strategi yang memanfaatkan peristiwa tertentu, dan arbitrase nilai relatif.

Dalam satu waktu fund manager bisa menerapkan satu atau beberapa strategi sekaligus untuk fleksibilitas, manajemen risiko atau diversifikasi.

Serba-Serbi Hedge Fund

  • Untuk membuka rekening dan berinvestasi di sebuah hedge funds kamu memerlukan dana yang cukup besar seperti minimal $10 juta, atau lebih besar.
  • Beberapa hedge funds dikelola oleh beberapa fund manager yang bekerja sama dengan strategi mereka dalam satu kesatuan.
  • Ada hedge fund yang disebut 130-30 funds: terdiri dari saham dengan posisi long 130% dan short 30%.
  • Risiko dibatasi dengan melakukan diversifikasi aset sambil menggunakan leverage margin.
  • Beberapa hedge fund menggunakan bantuan kecerdasan buatan untuk membantu mereka mengolah data dan menggunakan model machine learning yang canggih untuk memprediksi harga.

Artikel Terkait