Saham

Begini Cara Belajar Trading Saham Buat Pemula

Belajar trading saham

Ajaib.co.id – Keputusan untuk melakukan investasi memang bukan hal mudah dilakukan. Jadinya pilihan menabung (saving) masih menjadi cara aman bagi pemula terutama generasi muda seperti kamu. Tapi kalau kamu sudha mulai tertarik dna ingin belajar maka itu bagian dari investasi pengetahuan juga.

Ya memang banyak cara yang bisa dilakukan ketika kamu ingin melakukan investasi. Seperti dengan melakukan investasi saham yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Karena lewat transaksi saham kamu bisa memiliki kesempatan menjadi investor di berbagai macam jenis perusahaan. Tentunya dengan tingkat keuntungan yang menjanjikan.

Banyak pengamat dan analis yang menyebut trading saham memang terlihat sulit. Namun, sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena modal yang harus disiapkan untuk trading saham dengan berpartisipasi di pasar saham juga cukup terjangkau. Kamu bisa melakukan dengan modal hanya Rp100 ribu. Setelah itu, kepemilikan saham bisa memberikan keuntungan dalam dua bentuk. Di antaranya, capital gain atau selisih antara nilai transaksi saham serta pembagian keuntungan atau dividen.

Cara Belajar Trading Saham

Saat akan melakukan investasi saham, kamu harus memutuskan posisimu untuk menjadi seorang investor atau trader. Karena keduanya adalah hal yang berbeda. Kalau kamu menjadi investor, kamu menanamkan saham dalam jangka yang panjang sehingga akan memperoleh keuntungan berupa dividen dari perusahaan yang bersangkutan.

Namun, kalau kamu mau menjadi trader yang sangat melihat grafik pasar saham dan bisa kapan saja melakukan transaksi maka keuntungan yang didapat berupa capital gain. Berikut hal-hal yang kamu ahrus pahami dulu jika ingin trading saham.

1.     Gali Informasi

Pastikan sebelum melakukan atau mengambil keputusan apapun untuk menggali informasi dengan dalam dan matang. Karena keputusan apapun yang dilakukan sebagai pemain saham harus dilakukan dengan analisis matang. Tentunya hal ini bisa kamu lakukan dengan catatatan kalau kamu punya informasi yang kredibel dan mendalam.

Tenang saja, ada banya cara yang bis akamu lakukan untuk menggali informasi. Bahkan semuanya bisa dilakukan dengan gratis kamu sudah dapat informasi yang terpercaya. Misalnya, kamu bisa mengakses laporan keuangan, laporan tahunan, corporate action, hingga public expose dari setiap perusahaan.

2.     Modal Utama adalah Pengetahuan

Untuk menekuni trading saham tidka bisa dilakukan dengan otak kosong. Pastikan kamu harus meluangkan waktu untuk belajar khusus mengenai trading saham. Selain belajar sendiri melalui buku, kamu juga bisa belajar dari artikel-artikel, seminar, kanal Youtube hingga DVD pendidikan trading yang dijual di seluruh situs trading,

Selain itu, kamu bisa belajar trading dari kelas-kelas trading yang terpercaya juga. Selain mendapatkan pemahaman dan teknik yang benar melalui belajar trading secara khusus, pola pikir kamu bisa semakin terarah untuk menjadi trader handal nantinya.

3.     Temukan Mentor dan Teman Belajar

Kamu juga disarankan memiliki mentor atau teman yang selangkah lebih paham dan berpengalaman mengenai trading saham ini. Untuk gambaran, seorang mentor bisa berasal dari anggota keluarga, teman, rekan kerja, guru hingga individu yang memiliki pemahaman mendasar tentang pasar saham.

Kamu harus pastikan juga kalau seorang mentor yang baik bersedia menjawab pertanyaan apapun yang kamu lontarkan. Selain itu, bisa memberikan bantuan, merekomendasikan sumber daya yang berguna, serta tetap semangat ketika pergerakan pasar cukup sulit untuk dipahami. Informasi untuk kamu, kalau semua investor sukses di masa lalu dan sekarang memiliki mentor selama masa-masa awal mereka.

4.     Belajar dari Investor Sukses

Selain memiliki mentor dan teman. Kamu juga bisa belajar dari para jajaran investor sukses. Karena belajar dari sepak terjang para investor hebat bisa memberikan perspektif baru dan lain, inspirasi serta apresiasi mengenai pasar saham. Kamu bisa belajar dari para investor sukses antara lain, Warren Buffett, Jesse Livermore, George Soros, Benjamin Graham, Peter Lynch, John Templeton dan Paul Tudor Jones. 

5.     Mulai dengan Nominal Kecil

Kamu harus tau kalau mulai investasi saham itu nggak perlu dengan modal besar. Bahkan para pengamat juga menyarankan untuk pemula seperti kamu bisa mulai investasi dengan nilai saham yang nominalnya kecil alias terjangkau.

Kenapa menyarankan dengan nominal yang terjangkau? Karena trading saham ini merupakan investasi yang memiliki risiko tinggi dan tidak semua orang memang cocok di bidang ini. sehingga untuk mengawali, kamu harus memastikan trading saham memang cocok untuk kamu. Karena kalau tidak cocok akan sulit untuk dilanjutkan. Berbeda dengan orang-orang yang merasa cocok dengan trading saham, meskipun mengalami kerugian di awa tahap belajar namun tetap melanjutkan. Jadi mulai dengan nominal kecil dulu untuk lebih aman.

Langkah-Langkah Mulai Trading Saham

Setidkanya ada 3 tahapan yang harus kamu lakukan jika akan melakukan trading saham. Berikut langkah-langkahnya:

1.     Membuka rekening 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai trading saham adalah memiliki rekening. Tapi rekening ini bukan rekening tabungan biasa, melainkan rekening efek. Kamu bisa melakukan proses pembuatannya dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Adapun beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan di antaranya, adalah fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, serta materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar. 

2.     Penyetoran dana

Setelah proses pembukaan rekening efek berhasil dilakukan kamu memasuki tahap yang kedua. Tahapan ini berupa menyetorkan dana. Adapun besaran nominal dana yang wajib disetorkan untuk pertama kalinya berbeda-beda. Tentunya disesuaikan ketentuan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Melalui adanya proses penyetoran dana ke rekening efek, investor pun bisa mulai melakukan proses jutransaksi atau jual beli saham. 

3.      Mulai berinvestasi

Langkah yang ketiga, kamu sudah mulai bisa melakukan transaksi investasi. Caara melakukan transaksi saham terbilang sangat mudah. Kamu nggak perlu datang secara langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) terdekat. Karena ada pilihan praktis bertransaksi saham yang bisa dilakukan cukup dengan akses internet. Karena saat ini, sudah cukup banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan trading saham online kepada para investor.

Berikut beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan transaksi saham online di antaranya, Layanan BEST milik BCA Sekuritas, MOST dari Mandiri Sekuritas, eSmart milik BNI Sekuritas, POST yang dirilis oleh Panin Sekuritas, dan Prima milik Trimegah Sekuritas.

Artikel Terkait