Investasi

Mengenal Cara Menghitung Peluang Keuntungan Investasi

Ajaib.co.id – Tujuan dari investasi adalah mendapatkan keuntungan yang menjadi target pencapaian. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu harus mengetahui cara menghitung peluang keuntungan yang dapat dihasilkan.

Bagi para investor pemula biasanya mereka hanya fokus pada keuntungan bersih yang dihasilkan. Padahal, peluang keuntungan juga harus dihitung berdasarkan return on investment atau ROI.

Pasalnya, salah satu yang mendatangkan kesulitan di masa mendatang saat investasi adalah lalai dalam menghitung ROI. Apalagi ditambah dengan investasi yang tidak kunjung membuahkan hasil.

Nah, untuk lebih jelas dalam mengetahui cara menghitung peluang keuntungan dalam investasi menggunakan ROI, berikut penjelasan yang dapat dipahami.

Pengertian Return on Investment atau ROI

Return on investment atau ROI merupakan rumus yang digunakan dalam menghitung keuntungan saat berinvestasi. Di mana, ROI digunakan untuk mengetahui seberapa besar nilai dari keuntungan yang dihasilkan.

Dengan menggunakan ROI, kamu dapat mengetahui apakah investasi bisa dilanjutkan atau harus dihentikan.

ROI merupakan salah satu cara dalam mengukur kunci kesuksesan dari efektivitas investasi. Saat menghitung keuntungan menggunakan ROI, biasanya akan ada parameter lain meliputi internal rate of return atau IRR dan net present value atau NPV.

Alasan yang mengharuskan kamu untuk menggunakan ROI dalam menghitung peluang keuntungan adalah mampu mengembangkan investasi di masa mendatang.

Pasalnya, setiap modal yang dikeluarkan untuk berinvestasi harus dimasukkan ke dalam kalkulasi keuntungan dalam berinvestasi. ROI juga dapat diartikan sebagai rasio modal yang dikeluarkan agar investasi sejalan dengan keuntungan yang dihasilkan.

Dengan menggunakan perhitungan ROI, kamu juga dapat keluar dari anggapan bagi para investor pemula yang lebih fokus menghitung laba bersih.

Dalam perumpamaannya, jika suatu investor memiliki jumlah pemasukan yang besar, bukan berarti investasi memiliki peluang sukses di masa mendatang.

Misalnya saja suatu investor mendapat penghasilan dari investasi sebesar Rp100 juta, namun nilai ROI-nya hanya sebesar 20 persen.

Sementara investor lain mendapatkan penghasilan sebesar Rp75 juta dengan ROI sebesar 100 persen. Maka investor yang mendapatkan penghasilan sebesar Rp75 juta lah yang memiliki peluang keuntungan di masa mendatang.

Hal ini berarti perhitungan ROI dapat digunakan untuk mengetahui peluang keuntungan investasi di masa lalu, saat ini, dan masa mendatang.

Dengan kata lain, investor yang mencapai 100 persen keuntungan dapat mengembangkan investasinya di masa mendatang sekaligus mempertahankan investasinya saat ini.

Cara Menghitung Peluang Keuntungan dengan Menggunakan ROI

Pada dasarnya, perhitungan ROI digunakan dalam bentuk persentase yang mengacu pada periode tahunan.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penghitungan dengan cara jumlah total penjualan yang dikurangi biaya investasi, lalu hasilnya akan dibagi dengan biaya investasi dan dikali seratus persen.

Berikut cara perhitungan menggunakan ROI:

Investor X mengeluarkan dana investasi sebesar Rp10.000.000 dan penghasilan investasi selama setahun sebesar Rp15.000.000, maka perhitungannya adalah

(Rp15.000.000-Rp10.000.000)/Rp10.000.000 x 100% = 0.5 x 100% yaitu 50%

Sedangkan investor Z mengeluarkan dana investasi sebesar Rp5.000.000 dan penghasilan dalam setahun sebesar Rp13.000.000, maka perhitungannya adalah

(Rp13.000.000-Rp5.000.000)/Rp5.000.000 x 100% = 1.6 x 100% yaitu 160%

Nah, perbandingan hasil ROI antara investor Z yang mengeluarkan modal awal lebih kecil dengan hasil investasi juga lebih kecil dibanding investor X, namun persentase dari ROI selama setahun melebihi investor X.

Dalam hal ini berarti investor Z memiliki peluang keuntungan yang lebih besar dalam mengembangkan investasi di masa mendatang.

ROI Menjadi Acuan para Investor dalam Mengembangkan Usaha

Salah satu kelebihan menggunakan perhitungan ROI dalam berinvestasi adalah mampu mengembangkan bisnis. Di mana, setiap pengusaha dan investor harus melihat kalender fiskal untuk menghitung ROI demi mempertahankan usahanya.

Dengan menggunakan ROI, setiap pengusaha akan mendapatkan gambaran bagaimana usaha atau investasi dapat dikembangkan

Permasalahan yang akan dihadapi pada usaha atau investasi adalah keuntungan dari margin investasi yang kecil dan membuat ROI-nya tidak memadai.

Hal ini akan membuat proses pengembangan investasi akan sulit karena modal yang terus terpakai dalam mengelola investasi atau bisnis yang dimiliki. Oleh karena itu, mengapa untuk selalu memastikan kalender fiskal di periode yang tetap atau tahunan.

Lalu jangan lupa untuk menggunakan keuntungan dari investasi per tahun dalam menghitung ROI. Sehingga kamu dapat melihat peluang keuntungan yang menjadi gambaran akurat bagaimana peluang investasi di masa mendatang.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Menggunakan ROI

Setelah kamu mengetahui cara menghitung peluang keuntungan yaitu dengan ROI, tentu kamu akan merasakan manfaat yang didapat. Akan tetapi, di balik manfaat dari penggunaan ROI ini ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya.

Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimaksud, berikut penjelasannya:

Kelebihan

·        Memberikan pengetahuan mengenai komparasi pada beberapa jenis investasi dan dapat digunakan mencari tingkat persaingan bisnis yang ada di pasaran.

·        Efektivitas secara tinggi yang dihasilkan dalam mengetahui profitabilitas pada setiap investasi atau produk bisnis dari sebuah perusahaan.

·        Kemudahan dalam cara menghitung peluang keuntungan dengan menggunakan ROI yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk para investor pemula.

Kelemahan

·        Proses yang cukup sulit ketika menggunakan ROI sebagai cara perbandingan bisnis. Karena setiap perusahaan tentu memiliki metode akuntansi yang berbeda-beda.

·        Pemakaian metode ROI biasanya akan mengabaikan faktor fluktuasi pada nilai mata uang. Sehingga akan berpengaruh pada perhitungan investasi serta margin keuntungan.

Salah satu cara menghitung peluang keuntungan dalam investasi atau bisnis adalah dengan menggunakan perhitungan ROI. Namun, kamu juga harus memerhatikan beberapa hal dalam menggunakan ROI.

Mengingat, penggunaannya yang cukup sulit dalam menghasilkan gambaran pengembangan investasi di masa mendatang.

Mendapatkan keuntungan dari berinvestasi bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa strategi yang tepat. Akan tetapi, pemilihan instrumen investasi juga menjadi salah satu yang mempengaruhi kamu untuk mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, pilihlah instrumen investasi yang cocok dengan kemampuan kamu saat berinvestasi. Salah satunya adalah investasi reksa dana.

Selain menghasilkan keuntungan besar dengan risiko yang rendah, investasi reksa dana kini semakin mudah dilakukan. Cukup melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya pada instrumen reksa dana. Ajaib akan membantu kamu memilih jenis reksa dana mana yang cocok dengan kebutuhan.

Mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana saham, dan jenis reksa dana lainnya, bisa kamu pilih melalui aplikasi Ajaib.

Dengan berinvestasi reksa dana di aplikasi Ajaib, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya untuk membuka usaha atau bisnis.

Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait