Bisnis & Kerja Sampingan

Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis Kecil

Ajaib.co.id – Internet marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau layanan melalui internet. Banyak cara untuk mempromosikan produk dan jasa di internet, serta manfaat dan hasilnya pun lebih efektif daripada mempromosikan produk secara door to door.

Manfaat internet marketing bagi pebisnis sangat besar, terutama untuk kamu yang memiliki bisnis kecil. Penggunaan internet sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia, bahkan dunia.

Oleh sebab itu, Usaha Kecil Mikro (UKM) jangan sampai ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi digital ini.

Internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat modern, serta menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kita pun ketergantungan dengan namanya teknologi, internet, dan listrik.

Banyak orang mengeluh ketika internet atau listrik mereka mati. Sebab, tanpa adanya hal tersebut pekerjaan tak bisa dilanjutkan serta komunikasi dengan saudara atau rekan jauh terganggu.

Internet telah memberikan banyak perubahan di masyarakat, memberikan informasi sangat cepat, menemani perkembangan hidup, serta sangat membantu dalam berbisnis.

Banyak pebisnis terbantu dengan adanya internet. Mereka memanfaatkan internet tak hanya sebagai penggali informasi saja, pun sebagai media promosi.

Kenapa internet marketing untuk bisnis kecil atau Usaha Kecil Mikro (UKM) sangat penting dan bermanfaat? Beberapa manfaat internet marketing dapat kamu simak di bawah ini.

1. Tertarget

Di internet kamu bisa mengatur siapa target untuk produk kamu. Ada aturan tertentu di setiap media sosial, yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya. Terutama, untuk mengiklan secara berbayar.

Dengan promosi yang tertarget, kamu akan lebih menghemat waktu dan promosi akan cepat sampai ke konsumen.

Kamu bisa mengatur di mana iklan kamu akan muncul, gender, usia, bahkan minat mereka. Kalaupun tidak menggunakan promosi berbayar, kamu bisa membuat konten dengan tagar tertentu agar pengguna media sosial tersebut menemukan layanan atau produk yang kamu tawarkan.

2. Lebih Mudah

Setiap orang memiliki gawai masing-masing, serta memiliki media sosial masing-masing. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tentunya, kamu harus memperhatikan etika yang berlaku, meskipun tidak bertatap muka langsung dengan calon konsumen.

Dengan kemudahan akses internet, kamu bisa mempromosikan produk kamu di media sosial. Pertama, kamu bisa membuat akun media sosial khusus bisnis kamu. Kamu bisa membuat akun Instagram, Facebook, Twitter maupun TikTok.

Di sana kamu bisa membuat konten yang menarik mengenai produk kamu, mulai dari keunggulan, serta hal positif lainnya.

Kemudahan yang diberikan teknologi, memberikan manfaat positif untuk kamu dan usaha kamu. Dengan memanfaatkannya, kamu tak perlu melakukan promosi door to door. Promosi menjadi lebih mudah, bukan?

3. Menghemat Biaya

Manfaat internet marketing lainnya adalah biaya promosi yang kamu bayarkan relatif murah. Kamu hanya memerlukan koneksi internet serta riset kecil mengenai calon pelanggan dan bagaimana membuat konten yang menarik.

Memang, ada promosi di internet yang berbayar, tetapi karena bisnis kamu baru berjalan kamu bisa melakukan promosi secara gratis terlebih dahulu.

Selain menghemat biaya, menggunakan internet marketing juga lebih menghemat waktu dan tenaga. Kamu cukup bekerja di depan laptop atau gawai lainnya untuk mengakses internet dan langsung mencari pelanggan di sana. Tentunya, kamu harus belajar banyak mengenai internet marketing, ya.

4. Banyak Pilihan Media

Ada banyak pilihan media untuk promosi di internet dan kamu pasti sudah akrab dengan media sosial yang ada. Sehingga, kamu tak perlu belajar mulai dari nol untuk bisa mempromosikan produk kamu.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, media sosial yang bisa kamu pergunakan yakni Facebook, Instagram, dan Tiktok. Tentunya, kamu harus mempelajari bagaimana karakter pengguna di setiap media sosial.

Dengan sering beriklan di media sosial, kamu akan tahu karakteristik dari penggunanya. Dengan begitu, kamu lebih mudah menentukan target.

5. Hasil Terlihat Cepat

Tak seperti promosi door to door, promosi di media sosial hasilnya terlihat lebih cepat dan realtime. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai promosi kamu, siapa saja yang menekan iklan tersebut, usia berapa yang tertarik akan produk kamu dan sebagainya.

Banyak informasi yang bisa kamu pelajari dari hasil promosi kamu, sehingga untuk promosi selanjutnya kamu lebih tahu harus atur iklan seperti apa. Belajar dari pengalaman kamu akan lebih tahu dan lebih ahli untuk promosi selanjutnya.

Selain media sosial, kamu pun bisa menggunakan platform jual beli online atau situs-situs lainnya yang memang menyediakan jasa promosi di internet. Namun, apabila tenaga serta biaya kamu masih terbatas, memanfaatkan internet marketing melalui media sosial adalah pilihan terbaik.

6. Transaksi Lebih Cepat

Di media sosial, kamu bisa mencantumkan tautan akun bisnis kamu serta nomor untuk melakukan transaksi.

Dengan begitu, apabila ada konsumen yang tertarik, mereka bisa langsung melakukan pemesanan. Transaksinya menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Ini merupakan manfaat dari internet marketing yang bisa kamu peroleh untuk bisnis kecil milikmu. Proses transaksi menjadi lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu.

7. Meningkatkan Keuntungan

Dengan pertumbuhan promosi, maka akan banyak orang yang mengetahui mengenai bisnis kamu. Apabila banyak konsumen yang tertarik dan melakukan transaksi, dengan demikian kamu dapat meningkatkan penjualan.  Hal ini berimbas baik pada peningkatan keuntungan yang diperoleh.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan internet marketing untuk bisnis kecil yang kamu jalankan. Dengan menggunakan internet, kamu bisa meraup keuntungan lebih banyak dan lebih menghemat tenaga. Memang, tak semua orang menggunakan internet, tetapi persentase pengguna internet sangat besar.

Dengan menggunakan internet marketing, kamu akhirnya bisa lebih kreatif, menambah informasi, serta bisa melakukan riset pasar untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu pun bisa merasakan bahwa biaya promosi yang kamu lakukan memberikan keuntungan untuk bisnis kecil yang kamu jalankan, serta membantumu lebih berkembang.

Internet Marketing ala Anne Ahira

Untuk mempelajari internet marketing nama Anne Ahira adalah salah satunya yang paling tepat kamu jadkan sumber informasi. Wanita ini sudah sukses menjadi internet marketer dengan proses pembelajaran yang panjang dan terbukti hasilnya.

Anne Ahira dikenal sebagai wanita yang sukses di bidang internet marketing yang ketika itu internet marketing bahkan belum sepopuler dan dimanfaatkan secara luas seperti sekarang.

Inilah cara-cara yang Anne Ahira lakukan yang bisa kamu jadikan pedoman dalam memanfaatkan internet untuk promosi.

1. Memiliki Website yang Punya Domain

Jika kamu perhatikan sekarang, perusahaan-perusahaan besar sudah memiliki website sendiri yang diberi nama persis seperti nama perusahaannya.

Keberadaan website ini tidak hanya penting untuk promosi, tapi juga sebagai identitas. Ketika seseorang ingin mengetahui perusahaan apakah itu, mereka pasti akan mencarinya terlebih dahulu melalui website.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu juga untuk branding dirimu sendiri. Melalui website yang punya domain sendiri. Website dengan domain ini tentunya berbayar, dan biasanya memiliki paketnya sendiri yang bisa dibayar per bulan atau per tahun.

Untuk membuat website-nya, kamu bisa membuat website yang paling sederhana, tidak perlu rumit seperti website-website yang dimiliki oleh perusahaan besar.

Website ini bisa dipasangi AdSense atau iklan berbayar yang kamu bisa mendapatkan pundi-pundi, setiap kali orang mengklik iklan tersebut. Namun, memang agar bisa dipasang iklan ini ada syarat yang harus dipenuhi.

Kamu harus rajin update website dengan tulisan aslinmu. Tulisan asli, bukan saduran, apalagi tulisan yang menyontek karya orang lain. Minimal kamu harus update setiap hari. Dan jika kamu memiliki pengunjung yang setia, kamu bisa saja dikontak oleh perusahaan untuk membantu promosi produk mereka.

2. Membuat Kata Kunci Tersendiri

Kata kunci ini bukan semacam password atau hal lain yang harus disembunyikan. Justru kata kunci ini harus terlihat dan membuat produk yang kamu tawarkan jadi lebih dikenal. Pastikan kata kunci ini menunjukkan ciri khasmu.

Kita lihat saja dengan Gojek yang punya kata kunci #PastiAdaJalan, kamu bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci yang kamu inginkan. Memang untuk menghadirkan kata kunci sederhana, tapi langsung bisa membuatmu lebih dikenal ini agak susah, harus dipikirkan agak lama.

Namun, ketika kamu menemukan kata kunci ini, kamu bisa menggunakannya sebagai hastag yang akan membuat publik di internet mengenalimu.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Promosi di media sosial ini memang gampang-gampang susah. Namun, kamu harus mengingat bahwa banyak sekali bisnis-bisnis sukses yang memulai bisnisnya dari media sosial.

Contohnya saja Vanilla Hijab yang sekarang menjadi usaha yang besar dan sekali mengeluarkan produk terbaru, produknya biasanya akan ludes dalam waktu beberapa menit saja.

Mereka memulai bisnis dari Instagram, dan pengguna Instagram di Indonesia itu cukup banyak dan dari berbagai macam umur. Kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Page untuk melakukan bisnis, dan ada cara atau strategi yang bisa kamu pelajari agar kampanye promosi yang kamu lakukan sukses besar.

Ketika melakukan promosi di Instagram maupun Facebook, tidak masalah untuk pertama, kamu mengeluarkan uang, alias berbayar. Hal ini bisa cukup membantumu dalam membangun bisnis di awal-awal. Baru setelah kamu sudah punya pelanggan setia, untuk promosi berbayar ini bisa kamu lakukan hanya sesekali.

3. Memanfaatkan Marketplace untuk Berjualan

Jika kamu tidak sempat untuk mengurus website sendiri, dan buatmu untuk promosi di media sosial itu tidak cukup, kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk berjualan. Marketplace sekarang sudah ada cukup banyak di Indonesia. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lainnya.

Coba kamu perhatikan, brand-brand besar saja membuka usaha mereka di marketplace yang disebutkan di atas agar bisa semakin mudah dijangkau oleh masyarakat.

Namun, kamu jangan khawatir bersaing dengan brand besar karena banyak usaha-usaha kecil pun tetap eksis, bahkan orderan melimpah ketika mereka masuk ke markertplace.

Jika kamu ingin menjual produkmu dalam skala internasional, kamu bisa mengandalkan marketplace yang lebih global seperti Alibaba dan Amazon. Pokoknya inti dari berusaha ini adalah kamu jangan takut untuk mencoba.

Untuk membuat promosi di internet sekarang banyak hal yang harus kamu pelajari. Dan yang terpenting setelah kamu belajar, kamu harus berani mempraktikannya secara langsung karena dari sana kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

Anne Ahira dahulu memulai semuanya sendiri dan belajar secara otodidak. Ia menemukan formula internet marketing sendiri, dan menyebarkannya kepada banyak orang.

Dulu bahkan belum ada yang tahu formula internet marketing itu seperti apa. Sekarang kamu bisa mendapatkan ilmu internet marketing dari internet itu sendiri. Karena itu selamat mencoba ya.

Artikel Terkait