Bisnis & Kerja Sampingan

Loyalitas Adalah Kunci yang Membuat Pelanggan Kembali

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.id – Kita kerap mendengar istilah loyalitas yang biasanya mengacu pada karyawan atau pelanggan. Secara sederhana, loyalitas adalah kesetiaan. Dari makna tersebut, kita dapat memahami arti loyalitas dalam sebuah bisnis yang berkaitan dengan karyawan dan pelanggan. 

Karyawan yang loyal akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya akibat pergantian karyawan yang terjadi terlalu sering. Karyawan yang loyal adalah mereka yang paling mengerti laju pertumbuhan perusahaan dan bagaimana memenuhi ekspektasi perusahaan.

Demikian juga dengan pelanggan yang loyal. Pelanggan loyal akan setia dengan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan hingga tidak berpaling ke produk perusahaan lain. Tak hanya itu, pelanggan semacam ini juga terus mengikuti perkembangan produk dan layanan terbaru yang diluncurkan perusahaan dan selalu antusias mencobanya.

Dari kedua ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa loyalitas adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan. Tidak salah bila kita menyebut loyalitas adalah salah satu kunci suksesnya perusahaan dari faktor karyawan dan pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas loyalitas pelanggan secara khusus. Simak terus, ya!

Arti Loyalitas Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, loyalitas adalah kesetiaan. Dalam hal pelanggan, loyalitas berarti kesetiaan mereka terhadap suatu produk atau layanan. Jadi, loyalitas pelanggan merupakan kondisi di mana pelanggan atau konsumen melakukan pembelian secara tetap atau teratur terhadap produk atau layanan suatu perusahaan.

Loyalitas konsumen ini dapat membantu perusahaan dalam menganalisis penjualan dan pembelian tetap. Selain itu, keberadaan pelanggan yang loyal akan membuat bisnis tetap kokoh, bahkan dalam situasi krisis atau sulit. Dalam kondisi ekonomi yang penuh gejolak, misalnya, para pelanggan yang loyal ini akan tetap menjadi penyokong bisnis perusahaan.

Seberapa Penting Loyalitas Pelanggan?

Jawabannya tentu saja sangat penting, terutama bagi perusahaan. Pentingnya loyalitas pelanggan yang utama adalah menjaga jalannya bisnis tetap kokoh. Namun, tak hanya itu saja, berikut ini sejumlah alasan mengapa loyalitas pelanggan sangat penting bagi perusahaan.

Pelanggan Akan Senang Mempromosikan Produk

Begitu pelanggan sudah cocok dengan suatu produk atau layanan, pelanggan akan terus melakukan pembelian dan menjadi pelanggan yang loyal. Karena merasa puas dengan produk atau layanan dan sudah membuktikannya dalam waktu yang tidak singkat, ia tidak segan mempromosikannya kepada orang lain.

Pelanggan loyal ini bisa mempromosikan produk yang disukainya dengan bercerita di media sosial atau ketika sedang berbincang dengan orang lain. Kekuatan promosi dengan cara seperti ini jauh lebih kuat daripada iklan-iklan berbiaya besar karena setiap orang memercayai apa yang sudah dibuktikan oleh orang terdekatnya.

Jika pelanggan loyal tersebut punya jaringan yang luas atau banyak kenalan, tentu membawa keuntungan bagi perusahaan.

Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Seorang pelanggan yang loyal akan melakukan pembelian yang kedua kali, ketiga kali, dan bisa jadi untuk seterusnya. Otomatis, penjualan produk atau layanan pun meningkat. Jika suatu bisnis memiliki banyak pelanggan loyal, bisa dibayangkan tingginya peningkatan penjualan.

Peningkatan penjualan ini akan seiring dengan meningkatnya keuntungan. Apalagi jika perusahaan memberikan program loyalitas pelanggan, misalnya dengan memberikan bonus atau potongan harga, keuntungan bisnis bisa makin berlipat ganda.

Menekan Pengeluaran Perusahaan

Apa hubungannya loyalitas pelanggan dengan penghematan pengeluaran perusahaan? Ya, ternyata menarik pelanggan-pelanggan baru memerlukan jauh lebih banyak biaya dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan loyal.

Menurut riset yang dimuat di annexcloud.com, menarik pelanggan baru butuh biaya 25 persen lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan loyal.

Memperoleh Data-Data Penting

Dengan adanya pelanggan loyal, perusahaan lebih mudah menggali data yang terkait dengan pelanggan. Perusahaan bisa mengadakan survei, misalnya lewat email. Pelanggan loyal akan dengan senang hati memberikan umpan balik.

Umpan balik inilah yang menjadi data berharga dan dibutuhkan untuk merancang strategi dalam meningkatkan loyalitas maupun menarik pelanggan baru.

Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

‘Mempertahankan’ selalu lebih sulit daripada ‘mendapatkan’. Begitu juga soal mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan pada awalnya mungkin cukup dengan membuat mereka tertarik.

Faktor-faktor yang memengaruhi pelanggan untuk tertarik dan kemudian menjadi loyal meliputi:

  • Kualitas produk atau layanan
  • Ikatan emosional
  • Kredibilitas
  • Kemudahan dan kenyamanan
  • Keberagaman variasi pilihan

Cara mempertahankan loyalitas pelanggan bisa bertolak dari faktor-faktor di atas, dengan upaya-upaya berikut:

Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Hal pertama yang akan membuat pelanggan loyal tentunya adalah produk dan atau layanan. Mereka loyal karena memperoleh manfaat dan kepuasan atas produk atau layanan yang berkualitas.

Karena itulah perusahaan wajib terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan layanan, tentunya sesuai dengan perkembangan zaman dan tetap memenuhi kebutuhan pelanggan.

Program Menarik Khusus Pelanggan

Buat pelanggan semakin ‘terikat’ dengan produk atau layanan perusahaan melalui berbagai kejutan, bonus, dan hadiah.

Misalnya, setelah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, pelanggan akan mendapatkan poin yang dapat dikumpulkan dan kemudian ditukar dengan hadiah atau diskon. Bonus atau diskon juga dapat diberikan secara berkala di waktu-waktu lainnya, misalnya saat pelanggan berulang tahun.

Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Jangan sampai pelanggan kecewa, selalu berikan yang terbaik untuk mereka. Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan menawarkan bantuan saat memilih produk atau membantu pelanggan yang kesulitan dalam menggunakan produk.

Setiap pertanyaan atau keluhan pelanggan harus segera ditanggapi dan ditangani. Tindakan-tindakan tersebut akan membuat pelanggan merasa diperhatikan dan dihargai.

Bagaimana dengan bisnismu? Apakah sudah ada pelanggan loyal yang selalu antusias dengan produk dan layananmu? Jaga mereka baik-baik, ya. Jangan sampai lepas. Semoga artikel di atas dapat membuka wawasan untuk lebih memajukan bisnis melalui penghargaan terhadap pelanggan. 

Artikel Terkait