Layak Investasi Saham MLPL, Ini Dia Tipsnya!

Layak Investasi Saham MLPL, Ini Dia Tipsnya!
Layak Investasi Saham MLPL, Ini Dia Tipsnya!

Terlepas dari usaha yang sudah banyak tutup, seperti Matahari Departement Store, saham MLPL milik PT Multipolar masih sangat layak untuk diinvestasikan.

Memiliki beberapa lini bisnis, saham MLPL cenderung dipengaruhi oleh aktivitas ritel di bawah naungan PT Multipolar. Nah, untuk kamu yang ingin investasi saham MLPL, penting untuk menganalisis saham ritel dengan berbagai tips di bawah ini.

Terlepas dari fakta bahwa produk ritel mungkin relatif lebih mudah untuk dipahami, perusahaan ritel mungkin sulit dianalisis oleh rata-rata investor secara tepat. Tapi, berita baiknya adalah jika seorang investor sadar tolok ukur apa yang mesti dicari, proses pemilihan lembar saham akan lebih mudah dilakukan. Untuk mencapai itu, berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan oleh investor dalam menentukan apakah saham ritel, seperti saham MLPL, layak untuk investasi.

Kunjungi toko

Investor bisa belajar banyak dengan berkeliling lorong salah satu toko ritel. Informasi yang bisa didapatkan meliputi tata letak toko, ketersediaan dan penampilan produk, serta harga yang dikenakan.

Selain itu, investor juga harus mengecek toko yang bagus, menawarkan produk yang laku dan mengikuti fesyen, punya tampilan yang rapi dan menawarkan hanya sedikit diskon.

Investor yang teliti juga harus melihat aspek pengunjung. Apakah ramai? Adakah antrian di kasir? Apakah orang yang berbelanja membeli barang dengan jumlah yang banyak, ataukah memburu diskon? Pertanyaan-pertanyaaan ini bisa menentukan apakah perusahaan tersebut dalam keadaan finansial yang baik atau tidak.

Analisis aktivitas promosi

Tips lain untuk membeli saham MLPL atau sejenisnya adalah menganalisis aktivitas promosi. Apakah perusahaan mempromosikan produk untuk menarik pengunjung atau pendapatan? Apakah barang promosi ini mencoba mendapatkan seluruh uang pengunjung? Ini penting karena perusahaan yang ingin menjual produk mereka dengan harga yang miring dengan tujuan untuk menjual produk sebelum musim pembelian terindikasi melakukannya untuk meraih selisih keuntungan atau pendapatan.

Kunjungi toko dan lakukan inspeksi selama seminggu atau kunjungi iklan online, sehingga investor bisa menganalisis apakah aktivitas promosi bertujuan untuk memohon kepada orang yang berbelanja, yang juga bisa menjadi indikasi bahwa perusahaan tengah menuju kebangkrutan.

Meneliti tren selisih kotor

Investor harus melihat pertumbuhan selisih kotor, baik secara berurutan atau per tahun. Namun, investor juga harus memikirkan efek musiman yang bisa saja terjadi. Kebanyakan ritel akan mendapatkan keuntungan yang meningkat di kuartal keempat jika dibandingkan kuartal ketiga, karena musim libur. Dalam kasus manapun, tren selisih kotor akan memberikan investor sudut pandang tentang betapa bagusnya pendapatan periodik.

Memahami tips mengevaluasi kinerja saham ritel, seperti saham MLPL, bisa membantu Anda jika pada akhirnya memutuskan untuk investasi saham ritel. Terus perkaya pengetahuan Anda tentang saham dengan rutin mengunjungi blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait