Banking

Kartu ATM Hilang Gampang Tertanggulangi dengan 4 Langkah Ini

Ajaib.co.id – Apakah kamu sudah pernah mengalami kerepotan gara-gara kartu ATM hilang akibat tercecer ataupun tertelan mesin ATM? Kalau ya, semoga kamu sudah berhasil mendapatkan kartu penggantinya, dan lebih berhati-hati lagi dalam menggunakannya. 

Namun jika belum pernah kehilangan, sebaiknya kamu mengetahui langkah tercepat untuk menanggulanginya, agar saldo di rekeningmu tetap terlindungi. Kartu ATM gampang terselip dan hilang karena bentuknya yang kecil dan tipis, apalagi jika di dompetmu ada setumpuk kartu sejenis. 

Di era keemasan digital ini, mobile banking atau digital banking adalah pilihan fasilitas yang layak kamu manfaatkan, karena selain mengefisienkan transaksi perbankanmu, juga dapat memudahkanmu menanggulangi problem kartu ATM hilang.   

4 Langkah Awal Pengamanan ATM Hilang atau Tertelan 

Kartu ATM yang tertelan mesin ATM tidak lebih aman dibanding hilang, karena seperti dilansir www.99.co, saat ini banyak sekali kasus penipuan dengan modus memodifikasi slot kartu dan memasang nomor call center palsu pada mesin ATM, yang bertujuan agar kartu pengguna gampang tertelan mesin, lalu upaya menghubungi call center malah memperburuk situasi karena nomor teleponnya palsu. 

Pihak yang menjawab dari nomor telepon call center palsu itu adalah penipu yang akan meminta pelapor menyebutkan nomor PIN, sehingga mereka pun bisa bebas menguras saldonya.

Jadi, jika kamu belum menjadi pengguna mobile banking atau digital banking, minimum kamu harus menyimpan nomor telepon resmi call center yang tertera di website bank ke dalam shortlist data kontak terpentingmu, agar kamu bisa segera menghubunginya saat terjadi masalah.

Berikut ini adalah 4 langkah pengamanan awal dalam menanggulangi problem kartu ATM hilang:

1. Hubungi Call Center Bank

Lakukan sesegera mungkin untuk memblokir kartu ATM. Ada beberapa cara untuk melakukan langkah ini.

A. Via telepon

Selain di website resmi bank yang bersangkutan, umumnya kamu juga bisa menemukan nomor telepon call center bankmu di buku tabungan rekening, brosur produk bank, atau iklan cetak.

Saat berhasil berbicara dengan petugas call center bank, segera minta layanan pemblokiran kartu ATM-mu, dan jelaskan permasalahannya. Jika kamu kebetulan membawa buku tabungan atau menyimpan data nomor rekening, sebutkanlah beserta nama lengkapmu kepada petugas. Jika tidak, biasanya petugas akan segera melakukan verifikasi data pribadimu.

Berikut ini daftar nomor call center perbankan Indonesia.

Bank Swasta dan BUMN: 

  • Call Center BCA dan BCA Syariah 1500888
  • Call Center Bank Mandiri 14000
  • Call Center Bank Mandiri Syariah 14040
  • Call Center BNI dan BNI Syariah 1500046
  • Call Center BRI 14017 atau 1500017
  • Call Center CIMB Niaga dan Niaga Syariah 14041
  • Call Center Bank Muamalat 1500016
  • Call Center BTPN 1500300
  • Call Center Jenius 1500365
  • Call Center BRI Syariah 1500789
  • Call Center BTN 1500286
  • Call Center Permata 1500111
  • Call Center Danamon 1500090
  • Call Center Maybank 69811
  • Call Center Mega 60010 dan 1500010
  • Call Center Sinarmas 1500153
  • Call Center Commonwealth 1500030
  • Call Center Bukopin 14005
  • Call Center OCBC NISP 1500999
  • Call Center Citibank 69999
  • Call Center Panin Bank 1500678 atau 60678
  • Call Center Bank Woori Saudara 1500012
  • Call Center UOB Indonesia 14008
  • Call Center J Trust (021) 2926100
  • Call Center Standard Chartered Bank 68000
  • Call Center SBI Indonesia (021) 39838747 atau 08001724636
  • Call Center Rabobank 1500080
  • Call Center QNB Indonesia 021) 30055300
  • Call Center MNC International 1500188
  • Call Center Shinhan Bank 500881
  • Call Center Bank Mestika 14083
  • Call Center Bank Mayapada 1500029
  • Call Center Bank Maspion (031) 5316999
  • Call Center KEB Hana 1500021
  • Call Center HSBC 64722
  • Call Center Deutsche AG (021) 29644401 atau (0231) 28954500
  • Call Center DBS 1500327 atau 69327
  • Call Center Bank Capital (021) 27938989
  • Call Center Bank Bumi Arta (021) 3142121 atau 08041401221
  • Call Center ANZ Indonesia (021) 27586777
  • Call Center Eximbank (021) 39503600
  • Call Center China Construction Bank (021) 5663809 / (021) 5668292
  • Call Center UOB 14008
  • Call Center Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (021) 80862500
  • Call Center Bank Resonia Perdania (021) 5701445
  • Call Center Bank Bumi Arta (021) 2300455 atau (021) 2300893
  • Call Center BNP Paribas (021) 23586262
  • Call Center Bank Nusantara Parahyangan (022) 82560100
  • Call Center Bank Ganesha 1500169
  • Call Center Bank Victoria (021) 522 8888
  • Call Center Bank Jasa Jakarta (021) 6902611
  • Call Center Bank Bisnis (022) 2511900, 2501787
  • Call Center OK Bank (021) 278895390
  • Call Center Bank Yudha Bhakti (021) 2975 2975, 2975 2999
  • Call Center Bank Mitraniaga (021) 5481877
  • Call Center BRI Agro 1500494
  • Call Center SBI Indonesia 08001724636 atau 02139838747
  • Call Center Nobu Bank 1500278
  • Call Center Royal Bank (021) 63864472 atau (021) 63861444
  • Call Center Bank INA1500738
  • Call Center Bank Dinar (021) 2312633
  • Call Center Amar Bank (031) 99015959 atau (021) 4000-5859 (Tunaiku)
  • Call Center Bank Sampoerna 1500035
  • Call Center Bank BKE (021) 310 0422, 310 0448
  • Call Center Bank Artos (022) 4200202
  • Call Center Bank Mas (021) 57906006
  • Call Center Bank Mayora (021) 56966954
  • Call Center Bank Index 1500670

Call Center Bank Daerah:

  • Call Center BJB 14049
  • Call Center Bank DKI (021) 80655555
  • Call Center BPBD DIY (0274) 561614
  • Call Center Bank Jatim 14044
  • Call Center Bank Jambi (0741) 60665, 60416
  • Call Center Bank Aceh (0651) 22966, 40073, 40075
  • Call Center Bank Sumut 14002
  • Call Center Bank Nagari (0751) 31577 atau (0751) 24444 (ATM)
  • Call Center Bank Riau Kepri (0761) 47070
  • Call Center Bank Sumsel Babel (0711) 1500711
  • Call Center Bank Lampung (0721) 487175
  • Call Center Bank Kalsel 0800 1122000
  • Call Center Bank Kalbar 0807 1888123
  • Call Center Bank Kaltimtara 0800 1738877 atau (0541) 738877
  • Call Center Bank Kalteng 1500526
  • Call Center Bank Sulseslbar (0411) 859171
  • Call Center Bank Sulutgo (0431) 859191, 861759, 861761
  • Call Center Bank NTB Syariah 1500667
  • Call Center BPD Bali 1500844
  • Call Center Bank NTT 14013
  • Call Center Bank Maluku (0911) 354215
  • Call Center Bank Papua (0967) 532011
  • Call Center Bank Bengkulu (0736) 341170
  • Call Center Bank Sulteng (0451) 424537, 429509, 421780
  • Call Center Bank Sultra (0401) 3121526

B. Via WhatsApp atau Twitter bank

Kamu sekarang juga bisa menghubungi customer service bank melalui media sosial seperti WhatsApp dan Twitter. Cukup dengan massage masalah kamu kepada akun bank terkait, selanjutnya akun tersebut akan mengirim pesan balasan yang isinya meminta data pribadimu untuk verifikasi.

2. Transfer Semua Saldo ke Rekening Lain

Apabila kamu kebetulan sudah aktif menggunakan layanan SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking atau Digital Banking, segera transfer saldo yang ada di dalam rekening yang kartu ATM-nya hilang, ke rekening lain kamu. Tapi jangan lupa sisakan jumlah minimum guna berjaga-jaga bagi keperluan administrasi proses pemblokiran.

3. Minta Surat Kehilangan Kartu Atm di Kantor Polisi Terdekat

Kamu harus mendatangi kantor polisi terdekat untuk melakukan hal ini, dan jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri beserta buku tabungan. Proses mengurus surat kehilangan ini bisa diwakilkan oleh orang lain, asalkan dibekali surat kuasa bermaterai yang sudah kamu tandatangani. Pembuatannya tidak memerlukan waktu lama, jika tidak ada antrean, kamu sudah bisa mendapatkannya hanya dalam waktu < 15 menit, tanpa dikenakan bayaran.

4. Mengurus Pembuatan Kartu Atm Baru di Bank

Langkah pengamanan terakhir, segera datangi kantor cabang bank untuk membuat kartu ATM baru. Begitu tiba giliranmu di customer service, jelaskan terlebih dahulu maksud kedatanganmu dan permasalahan kartu ATM hilang yang kamu hadapi ke petugas customer service, dan sertakan bukti identitas dengan menunjukkan SIM atau KTP dan buku tabungan. Umumnya petugas customer service akan menanyakan beberapa hal mengenai rekening, sebagai prosedur verifikasi.

Selanjutnya petugas customer service akan segera mengurus pembuatan kartu ATM baru, dengan nomor rekening dan PIN yang sama. Mintalah bukti print out transaksi selama kartu ATM hilang, guna memastikan tidak adanya penarikan saldo oleh pihak lain selain kamu sebagai pemilik resmi akun.

Gampang kan? Tapi bukan berarti kamu bisa sembrono dalam menyimpan kartu ATM ya. Kini nggak perlu pusing lagi, begitu pun dalam mengembangkan portofolio investasi. Pilih platform investasi yang efisien, efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintech News Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Sumber: Daftar Call Center Bank di Indonesia, Lengkap! dan Jangan Panik! Ini 4 Cara Mengurus ATM Hilang Atau Tertelan | Dilengkapi Tips, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait