Banking

Cara Daftar dan Cara Aktivasi Mobile Banking BTN

Sumber: Bank BTN

Ajaib.co.id – Sudah tahukah Anda bagaimana cara daftar hingga cara aktivasi Mobile Banking BTN? Untuk mengfungsikannya, tentunya Anda harus memulainya dengan melakukan dua hal tadi. Tetapi tenang saja, sebab prosesnya sangat mudah dan cepat. Nah, agar Anda tidak salah saat melakukan pendaftaran maupun aktivasi BTN Mobile Banking, berikut penjelasannya.

Mobile banking sejatinya berfungsi sebagai solusi perbankan dengan cara yang lebih praktis, aman, dan nyaman. Sebab hanya dengan menggunakan gadget, Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai layanan perbankan secara real time, dimanapun, dan kapanpun. 

Syarat dan Ketentuan

Penting untuk diketahui jika ada beberapa syarat dan ketentuan dari penggunaan BTN Mobile Banking. Artinya sebelum memanfaatkannya Anda harus memenuhi semua persyaratan dan juga ketentuannya. Jika memang seperti itu adanya, lalu apa saja syarat dan ketentuannya? 

  • Nasabah yang ingin menggunakan mobile banking harus memiliki tabungan berbasis kartu. Dalam hal ini meliputi Tabungan BTN Batara, e’BATARAPOS, BTN Simpel, BTN Juara, dan TabunganKu. 
  • Limit transaksi yang meliputi:
    • Transfer ke sesama Bank BTN maksimal Rp200 juta per hari dan Rp25 juta per transaksi. 
    • Transfer antar Bank maksimal Rp100 juta per hari dan Rp25 juta per transaksi. 

Yang penting untuk dipahami di sini adalah limit transaksi tersebut berlaku efektif mulai 30 April 2020 dan bersifat sementara. Yang mana akan dikembalikan ke parameter semula jika kondisi COVID-19 sudah mereda sesuai dengan ketentuan pemerintah. 

Cara Daftar

Untuk Anda yang ingin menikmati semua layanan BTN Mobile Banking, berikut cara daftarnya: 

  1. Datang ke kantor cabang Bank BTN. Setelah itu sampaikan maksud Anda ke customer service BTN jika Anda ingin mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile banking
  2. Setelah itu unduh aplikasi Mobile Banking BTN melalui Google Play Store atau Apple Store. Tentunya sesuai dengan sistem operasi yang ada pada smartphone Anda.  
  3. Setelah aplikasi berhasil diunduh, pastikan untuk melakukan aktivasi lewat ponsel yang sudah terunduh aplikasi nya. 

Cara Aktivasi

Untuk Anda yang sudah berhasil mengunduh aplikasi BTN Mobile Banking pada gadget-nya, sebaiknya segera melakukan aktivasi. Memangnya kenapa juga harus melakukan aktivasi segala? Agar Anda bisa menikmati semua kemudahan yang ditawarkan oleh BTN Mobile Banking. 

Namun tenang saja. Pasalnya cara aktivasi Mobile Banking BTN sangat mudah dan cepat. Langsung saja, seperti ini langkah-langkah aktivasi yang harus Anda lakukan: 

  1. Langsung saja cari mesin ATM BTN terdekat. Setelah itu masukkan kartu debit dan masukkan pin. 
  2. Setelah masuk ke menu utama, ketuk menu “Register e-channel”. Kemudian ketuk menu “Mobile Banking”. Lalu ketuk “Pendaftaran Mobile Banking”
  3. Setelah itu masukkan nomor ponsel yang sebelumnya sudah Anda daftarkan di Bank BTN. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah sudah benar ataukah belum. Nah, jika merasa sudah memasukkan nomor yang benar, lanjutkan dengan ketuk “Benar”. 
  4. Kemudian lanjutkan dengan membuat nomor PIN yang terdiri dari enam digit angka. Lalu masukkan sekali lagi nomor pin untuk konfirmasi. Lanjutkan dengan ketuk “Benar”. 
  5. Setelah itu lanjutkan lagi dengan ketuk “Tabungan” pada halaman “Pilih jenis rekening Anda”. Selanjutnya pada layar mesin ATM akan menampilkan halaman konfirmasi pendaftaran mobile banking
  6. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya untuk memeriksa kembali semua data tersebut. Setelah Anda merasa benar, lanjutkan dengan ketuk “Benar”. Setelah itu mesin ATM akan mengeluarkan struk pendaftaran mobile banking. Jangan lupa untuk ambil struk pendaftarannya. 
  7. Setelah proses aktivasi pada mesin ATM selesai, langsung saja buka aplikasi BTN Mobile Banking pada gadget
  8. Setelah terbuka, ketuk “Aktivasi” yang ada di halaman welcome home. Nantinya Anda akan dibawa menuju halaman syarat dan ketentuan. Anda ketuk saja “Setuju” pada halaman tersebut untuk melanjutkan proses aktivasi. 
  9. Nantinya layar gadget akan membuka aplikasi Short Message Service (SMS) secara otomatis. Anda tinggal kirimkan pesan yang sudah dituliskan oleh sistem BTN. Nantinya secara otomatis Anda akan dibawa kembali ke halaman aktivasi Mobile Banking
  10. Buat password yang terdiri dari delapan karakter alfanumerik. Kemudian ketikkan sekali lagi password untuk konfirmasi. Setelah itu ketuk “Aktivasi”. 
  11. Kemudian lanjutkan dengan memasukkan nomor pin dan ketuk “Aktivasi”. Setelah itu layar gadget akan menampilkan pesan pop up yang berisi proses aktivasi sudah berhasil. 

Keuntungan Menggunakan BTN Mobile Banking

Setelah tahu bagaimana cara daftar dan aktivasi Mobile Banking BTN, pertanyaannya kemudian adalah apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Dengan menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang bisa Anda dapatkan adalah bisa dengan mudah tahu berbagai informasi bagi nasabah perorangan. 

Selain itu Anda akan dimudahkan dalam menggunakan berbagai layanan perbankan yang ada di Bank BTN. Anda juga akan semakin dimudahkan pada saat ingin melakukan berbagai transaksi pembayaran maupun pembelian tanpa perlu datang ke kantor BTN . Dan yang terakhir Anda akan dimudahkan saat ingin cek saldo maupun transfer antar Bank BTN dan Bank lain. 

Di era berbasis digital seperti sekarang ini semuanya memang semakin dimudahkan. Tidak terkecuali dalam dunia perbankan. Sekarang hanya dengan Mobile Banking BTN Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di ATM maupun datang langsung ke kantor BTN.

Artikel Terkait