Bisnis & Kerja Sampingan, Teknologi

Melihat Efektivitas Iklan Di Era Disrupsi Digital dan Industri 4.0

Ajaib.co.id – Dalam membuat iklan yang efektif dan menjual di era digital bukanlah pekerjaan mudah. Iklan atau advertising bukan hanya sekedar kegiatan mengenalkan suatu produk kepada calon konsumen semata. Apalagi di zaman yang terus berkembang seperti sekarang ini. 

Kegunaan advertising menjadi lebih meluas dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Misalnya saja seperti kepentingan politik, membangun citra perusahaan atau perseorangan, hingga sebagai medium dalam penyampaian suatu informasi. 

Evolusi Dunia Industri

Dunia industri selalu mengalami evolusi dari masa ke masa. Hingga detik ini, tercatat sudah empat kali mengalami revolusi industri. Untuk lebih jelasnya bisa melihat ulasannya di bawah ini:

Revolusi Industri 1.0

Revolusi ini terjadi sekitar abad ke-18. Diawali dengan terciptanya mesin uap oleh James Watt pada tahun 1776. Penggunaan mesin uap menggantikan tenaga manusia dan hewan pada proses produksi memberi dampak yang sangat signifikan pada dunia industri pada waktu itu. 

Revolusi Industri 2.0

Revolusi ini ditandai dengan mulai digunakannya konsep produksi massal dan mesin listrik sekitar abad ke-19. Penggunaan konsep produksi massal dan mesin listrik pada proses produksi barang berakibat semakin berkurangnya waktu produksi dan biaya produksi. 

Revolusi Industri 3.0

Penggunaan komputer dan robot pada dunia industri di sekitar abad ke-20 merupakan pemicu terjadinya revolusi industri 3.0. Pada era ini, proses produksi barang menjadi semakin terkontrol secara digital. Selain itu juga lebih presisi dan menjadi lebih cepat juga. 

Revolusi Industri 4.0

Saat ini Anda sedang berada pada revolusi industri 4.0. Revolusi ini ditandai dengan adanya perubahan besar-besaran di berbagai bidang melalui perpaduan teknologi yang mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi. 

Seiring dengan terjadinya evolusi dan revolusi pada dunia industri, pemasaran pun mengalami perubahan-perubahan. Kondisi ini sebagai akibat maupun adaptasi dari perkembangan pada dunia industri itu sendiri. Misalnya saja seperti iklan. 

Iklan di Dunia Digital

Advertising merupakan sarana komunikasi dengan penggunaan produk atau layanan. Iklan berbayar yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kepada orang-orang atau untuk mempengaruhi orang lain. Advertising sendiri akan selalu hadir meskipun Anda tidak menyadarinya. 

Di dunia yang semakin canggih ini, advertising menggunakan setiap media apapun yang memungkinkan untuk menyampaikan suatu informasi. Advertising sendiri tidak akan pernah lepas dari yang namanya ide. 

Dalam membuat iklan, dibutuhkan ide yang baru dan kreatif agar berbeda dengan lainnya. Sementara itu tujuan utama advertising adalah untuk memberikan informasi, membujuk, dan juga mengingatkan. 

Jenis-jenis Iklan

Dikarenakan cakupannya cukup luas, membuat advertising juga cukup beragam. Berdasarkan tujuannya, jenis advertising adalah: 

Informative Advertising

Jenis advertising ini dibuat untuk membuat kesadaran akan merek, produk, layanan, dan ide. Pada bagian ini, umumnya perusahaan akan memberitahukan produk dan program baru. 

Persuasive Advertising

Advertising jenis ini mencoba untuk meyakinkan para pelanggannya bahwa produk atau layanan ini merupakan yang terbaik. Artinya tujuan utamanya adalah untuk mengubah persepsi dan untuk meningkatkan citra perusahaan atau produk. Sehingga diharapkan konsumen untuk mengambil tindakan dan mengganti merek, mencoba produk baru, atau tetap setia pada merek saat ini. 

Reminder Advertising

Reminder advertising ini bertujuan untuk mengingatkan orang tentang kebutuhan mereka akan produk, layanan, fitur, dan manfaat yang akan diberikan pada saat mereka membelinya. 

Penggunaan Digital Advertising

Dengan semakin berkembangnya teknologi, sebenarnya Anda bisa melakukan semua hal di atas secara bersamaan dengan iklan digital. Anda bisa melakukannya secara mandiri. Atau jika memiliki budget lebih, Anda bisa membayar agensi untuk membuat semua digital advertising yang Anda inginkan. 

Hal paling penting yang harus Anda ingat adalah digital advertising atau online advertising ini sudah terbukti sangat menguntungkan baik untuk bisnis berskala kecil maupun yang besar sekalipun. 

Kegiatan periklanan di era yang serba digital seperti saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ini ditujukan untuk lebih mengoptimalkan informasi mengenai produk barang maupun jasa yang ditawarkan. 

Nah, dengan memanfaatkan digital advertising, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis yang Anda miliki. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak sebesar pada saat menggunakan cara konvensional. 

Tantangan Dunia Advertising

Di era disrupsi digital dan industri 4.0 ini ada cukup banyak tantangan yang harus dihadapi oleh dunia periklanan. Kini fragmentasi media advertising mulai mendapatkan tantangan di tengah munculnya sejumlah aplikasi dan sosial media yang lebih efektif dan efisien. 

Untuk itulah para pelaku periklanan harus mulai melakukan sejumlah inovasi lewat kreativitas, pengukuhan, serta platform untuk membentuk kembali rantai nilai iklan. Memangnya apa tantangan utama dunia periklanan saat ini? 

Saat ini dunia advertising memiliki tantangan yang cukup besar. Yakni beralihnya konsumen kepada media digital. Dengan demikian banyak hal yang mesti diperhatikan. Misalnya saja seperti inovasi dan kreativitas. 

Selain kedua hal tadi, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah penggunaan teknologi dan media kreatif. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa langkah riil yang harus dilakukan?

Dalam melakukan proses kreativitas di dunia advertising harus mampu melihat kebutuhan pasar yang mampu menarik perhatian masyarakat. Dalam dunia media, hal semacam ini sering disebut dengan “Agenda Setting”

Artinya dalam melakukan marketing dan periklanan, penting sekali untuk menentukan topik yang bisa menjadi pusat perhatian. Pasalnya ketika sebuah topik sering diliput dan menyolok khalayak, topik tersebut akan dianggap sangat penting. Hal semacam inilah yang dinamakan dengan “Agenda Setting”

Selain itu, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik terhadap fenomena pergeseran advertising dan marketing di media. Intinya marketing dan iklan di era disrupsi digital dan industri 4.0 akan berubah. 

Oleh sebab itu, pada saat membuat iklan yang berkualitas Anda harus mampu mentransformasikan skill pada platform yang kini sudah baru, yakni era digital disruption. Oleh sebab itu jenis iklan yang harus disajikan pun harus berbeda dari sebelumnya.

Artikel Terkait