Investasi, Investor Pemula

Inilah Saat Terbaik Berinvestasi Bagi Milenial

saat terbaik berinvestasi

Kapan ya saat terbaik berinvestasi bagi milenial? Temukan jawabannya melalui artikel Ajaib berikut ini biar kamu semakin paham betapa pentingnya investasi.

Tak ada kata terlambat ketika seseorang ingin berinvestasi mulai dari sekarang. Karena, investasi memang merupakan kebutuhan yang perlu dialokasikan di era dewasa seperti saat ini.

Ada yang beranggapan bahwa saat terbaik berinvestasi adalah ketika kamu telah memasuki usia produktif, yaitu berusia di atas 20 tahun. Namun, banyak orang pada rentang usia produktif tersebut seringkali disibukan dengan berbagai urusan keuangan lainnya, seperti harus membagi pos keuangan kepada istri, anak, dan juga tujuan finansial lainnya.

Ternyata investasi tidak serta-merta hanya mempersoalkan waktunya saja melainkan juga kesiapan diri kamu dari segi mental dan keuangan. Jadi, jika kamu bertanya kepada Ajaib, kapan waktu atau saat terbaik berinvestasi bagi milenial? Kapan saja, kamu ingin berinvestasi itu sah-sah saja asalkan kamu cerdas dalam memilih jenis intrumen investasi yang dipilih.

Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi kamu mulai dari sekarang! Jika begitu, apa yang perlu kamu persiapkan ketika ingin berinvestasi di kemudian hari?

Nah berikut ini Ajaib sudah mempersiapkan artikel menarik buat kamu. Khususnya untuk generasi milenial yang di kemudian hari ingin berinvestasi dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan mulai dari sekarang.

Persiapan Investasi untuk Milenial

Gunakan Waktu yang Ada untuk Mulai Belajar Investasi

Jika kamu tidak mempersiapkan mental dan keuanganmu dari sekarang untuk menjadi seorang investor, impian yang kamu inginkan mungkin saja hanyalah khayalan semata saja. Mengapa?

Semua orang memang berhak untuk memiliki mimpi setinggi-tingginya. Namun, tetap saja salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah tidak realistis.

Seperti semua ingin serba instan sama halnya dengan investasi, dalam waktu singkat sudah ingin membuahkan hasil yang menguntungkan. Ingat ya guys! Investasi terbaik merupakan skema investasi dalam kurun waktu jangka panjang. Sehingga harus ada proses yang perlu ditunggu hingga investasi yang kamu tanamkan membuahkan hasil atau keuntungan.

Daripada, kamu asal-asalan dalam berinvestasi lebih baik pelajari terlebih dahulu mengenai jenis intrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu terlebih dahulu. Hal ini lebih baik dibanding kamu asal-asalan dalam berinvestasi karena belum matang secara mental dan mengetahui risiko dari jenis intrumen investasi yang dipilih.

Mulai Alokasikan Dana untuk Investasi

Setelah, mempelajari intrumen investasi yang cocok dengan kamu. Kamu bisa memulai untuk menyisihkan uangmu sedikit demi sedikit untuk bekal investasi kelak.

Kamu bisa menyisihkan uang dari penghasilanmu setiap bulan dengan menggunakan metode 10+10, yaitu 10% untuk ditabung dan 10% lainnya untuk disisihkan untuk berinvestasi. Namun, hal ini tidak bersifat wajib melainkan kamu bisa mengatur sendiri pos keuanganmu untuk investasi dan tabungan itu sendiri.

Mulai Berani Berinvestasi Mulai dari yang Kecil Dulu

Tentu kamu ditawarkan begitu banyak jenis investasi saat ini dari modal kecil hingga besar. Salah satunya adalah reksa dana, kamu bisa memulai investasi reksa dana pertamu bersama Ajaib dengan nomimal mulai dari Rp10 ribu saja, dan kamu bisa terus menambah jumlah investasi kamu secara berkala setiap bulannya.

Apalagi, kamu tidak dikenakan biaya fee pembelian sama sekali. Inilah mengapa Investasi reksa dana bersama Ajaib direkomendasikan.

Karena melalui platform Ajaib, kamu bisa langsung berkonsultasi langsung dengan Ahli atau Expert Ajaib secara gratis. Untuk menentukan jenis instrumen reksa dana apa yang cocok dengan kebutuhan kamu saat ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai seluk-beluk investasi reksa dana.

Menentukan Tujuan Finansial

Bagi kamu yang masih berusia muda, pasti memiliki cita-cita yang ingin dicapai dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun ke depan. Sebelum benar-benar rutin berinvestasi, kamu perlu menentukan terlebih dahulu tujuan finansial, atau untuk apa kamu berinvestasi dalam jenis instrumen investasi yang dipilih.

Dalam penentuan tujuan finansial ketika berinvestasi, faktor pentingnya adalah jangka waktu. Jika kamu berinvestasi reksa dana saham, tentunya itu merupakan investasi jangka panjang dengan minimal waktu 5 tahun baru terlihat ada progresnya.

Memantau Kinerja Investasimu

Inilah mengapa investasi online akhir-akhir ini semakin digilai oleh kalangan anak muda di Indonesia, karena kamu bisa berinvestasi hanya melalui gadget kesayanganmu saja. Jika kamu berinvestasi reksa dana di platform Ajaib, kamu bisa dengan mudah memantau historis atau pergerakan investasi reksa dana kamu. Kamu juga bisa menarik hasil investasi reksa danamu kapanpun dan dimanapun sesukannya.

Saat Terbaik Berinvestasi adalah Dimulai dari Sekarang!

Kini, investasi modal kecil bisa dengan mudah kamu temui melalui platform investasi online yang ditawarkan di masyarakat. Memang benar sih! Kamu bisa berinvestasi kapan saja asalkan cerdas dalam memilih jenis instrumen investasi. Namun, tak ada salahnya juga kamu memulai investasi pertamamu mulai dari sekarang dengan memanfaatkan bantuan teknologi untuk menunjang aktivitas investasi kamu menjadi lebih mudah dan cepat.

Hal ini juga memberikan kesan bahwa investasi saat ini sudah mudah untuk dilakukan dan sangat ramah bagi para investor pemula khususnya. Jadi, bagi generasi milenial yang merasa kecil hati dan takut akan berinvestasi, Ajaib menyarankan kamu mulai berinvestasi dengan modal kecil terlebih dahulu agar kamu bisa merasakan pahit-manisnya dunia investasi. Selain itu, jika mengalami risiko kerugian kamu juga tak perlu takut kehilangan begitu banyak uang.

Demikianlah kiat-kiat bagi generasi milenial baik untuk saat ini atau di kemudian hari ingin berinvestasi, melalui artikel Ajaib ini diharapkan kamu bisa mempersiapkan investasimu kelak mulai dari sekarang.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait