Aspek Penting Pemutihan Pajak Kendaraan yang Perlu Diketahui

pemutihan pajak kendaraan
pemutihan pajak kendaraan

Program pemutihan pajak kendaraaan adalah salah satu cara pemerintah untuk membebaskan sanksi tunggakan pajak kendaraan bermotor yang terlambat membayar pajak. Program ini tentunya adalah salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia agar lebih tertib bayar pajak kendaraan bermotor, khususnya bagi Wajib Pajak.

Nah, jika kamu salah satunya, berikut beberapa aspek penting yang harus kamu pahami pemutihan pajak kendaraan yang perlu diketahui.

Penting untuk Daerah

Pajak, dalam hal ini pajak kendaraan bermotor, merupakan salah satu pemasukan terbesar yang didapatkan oleh suatu daerah. Dari sudut pandang masyarakat, kepemilikikan kendaraan bermotor menjadi salah satu cara untuk menunjang aktivitas sehari-hari. terutama untuk pribadi.

Sementara kepemilikan kendaraan bermotor untuk badan usaha biasanya digunakan untuk berbagai hal, termasuk pengiriman barang dan juga transportasi.

Nah, seperti pembayaran pajak pada umumnya, masyarakat Indonesia juga terkadang masih lalai untuk membayar pajak kendaraan bermotor, sehingga harus melalui tahapan pemutihan pajak kendaraan. Lalu apa sebenarnya pemutihan pajak kendaraan?

Definisi Pemutihan Pajak Kendaraan

Setiap pajak, apapun bentuknya, adalah aliran dana segar untuk pemerintah daerah agar mampu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam mewujudkan daerah yang lebih maju.

Untuk memastikan bahwa aliran dana ini lancar dan tunggakan yang ada terlunasi, biasanya pemerintah melakukan pemutihan pajak, termasuk pemutihan pajak kendaraan. Sebagai bagian dari pajak pemerintah daerah, pemutihan pajak kendaraan dikelola oleh daerah itu sendiri.

Besaran Denda

Setiap keterlambatan pembayaran pajak akan dikenai sanksi, utamanya dalam bentuk denda. Setiap kendaraan bermotor yang terlambat membayar pajak akan dikenakan persentase denda sebesar 25% per tahun. Ini biasanya masih angka yang kasar, karena masih harus dikalikan dengan pajak pokok kendaraan yang kamu miliki serta periode keterlambatan.

Tujuan Pemutihan

Pemutihan pajak kendaraan ditujukan untuk meningkatkan minat masyarakat agar sesegera mungkin mengurus pajak kendaraan yang kamu miliki. Dengan semakin banyaknya orang yang membayar pajak, maka secara otomatis pendapatan pajak kendaraan bermotor akan meningkat.

Tidak hanya mengurangi beban pembayaran yang ditanggungkan, pengampunan pajak kendaraan juga berguna bagi kamu yang ingin mengubah nama kepemilikan kendaraan bermotor. Menguntungkan, kan?

Kebutuhan Berkas Pemutihan

Setiap kamu ingin melakukan pengampunan pajak kendaraan, ada beberpa berkas yang harus kamu persiapkan, yaitu:

  • Fotokopi BPKB
  • Salinan STNK
  • Fotokopi KTP

Ketiga berkas ini tentunya sangat mudah kamu persiapkan, selain tentunya berjaga-jaga membawa dokumen asli. Setiap dokumen asli dan fotokopi akan dicocokkan satu sama lain.

Pemutiha pajak kendaraan adalah celah atau peluang yang ditawarkan oleh pemerintah, tapi bukan berarti kamu harus terlena dan tidak taat membayar pajak. Karena seperti yang telah disinggung sebelumnya, pajak adalah pemasukan yang akan berpengaruh dengan kehidupan sehari-hari.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait