Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Media Pemasaran Online yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.id – Bisnis digital atau bisnis online saat ini menjadi salah satu bisnis yang diandalkan karena beberapa kemudahan yang ditawarkannya. Namun, perlu diketahui untuk menjalankan bisnis online ini, kamu memerlukan strategi pemasaran khusus yang cukup berbeda dari ketika kamu berjualan secara konvensional. Kamu perlu tahu media pemasaran online yang bisa membantumu mengembangkan bisnis digital milikmu. 

Media pemasaran online ini ada banyak jenis dan tekniknya. Beberapa di antaranya mungkin sudah kamu ketahui cara mainnya. Ada juga yang mungkin tidak begitu kamu pahami. Inilah beberapa media pemasaran online yang bisa kamu andalkan untuk membantu promosi bisnis digitalmu.

1. Media sosial

Media pemasaran online ini yang paling sering diandalkan. Hal itu karena media sosial itu mudah ditemukan dan digunakan. Jenis media sosial saat ini ada beberapa pilihan dan penggunanya pun termasuk banyak. Kamu pun jadi akan lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan.

Selain itu, semua media sosial saat ini memiliki fitur toko online dan fitur iklan. Fitur toko online cocok digunakan olehmu yang baru merintis bisnis digital, serta belum memiliki situs sendiri. Kamu dipermudah dalam mengatur tampilan produk yang kamu jual.

Sedangkan, fitur iklan memudahkanmu dalam beriklan. Beriklan di media sosial termasuk murah, tidak ada batas minimal atau maksimalmya. Kamu bisa menekan budget yang nantinya bisa disalurkan untuk produksi. 

2. Email marketing

Selain media sosial, email marketing adalah salah satu media pemasaran online yang termasuk praktis. Email marketing cocok dipraktikkan oleh toko online yang sudah punya situs sendiri. Biasanya pada para pelanggan yang mendaftar di toko online milikmu, ada fitur subscribe untuk mereka yang ingin mendapatkan kabar terbaru dari bisnismu.

Cara kerja promosi dalam bentuk email ini adalah kamu mengirimkan email promosi pada email-email pelanggan yang sudah terdaftar di sistem. Namun, pengiriman email promosi ini jangan setiap hari karena pelanggan bisa kesal juga. Kamu bisa mengirimkan email ketika ada hari spesial diskon atau ada produk terbaru yang akan diluncurkan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) atau sering disebut dengan SEO juga sering dimanfaat untuk pemasaran. Teknik ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan situs belanja yang kamu miliki. SEO membantumu menemukan kata kunci yang pas agar situs belanja milikmu atau halaman produk yang kamu andalkan muncul di halaman pertama mesin pencarian. 

Atau kamu bisa mendapatkan konten artikel untuk membuat situs toko online milikmu mendapatkan lebih banyak pengunjung. Ketentuan SEO dapat membantumu mengoptimalkan situs tersebut yang diterapkan pada konten-konten yang sudah dipublikasikan di sana.

4. Influencer marketing

Kamu juga bisa mendapatkan bantuan orang lain untuk memasarkan produk-produkmu, yaitu menggunakan jasa influencer marketing. Influencer ini tidak harus artis yang sering wara-wiri di televisi. Asalkan mereka memiliki banyak pengikut dan ciri khasnya sama atau satu visi dengan produk yang kamu jual, itu sudah menjadi pilihan yang tepat.

Misalnya, jika kamu mendirikan toko online yang menjual jilbab, kamu sebaiknya memilih influencer yang sering membuka endorse jilbab dan baju muslim. Akan tidak nyambung apabila kamu menawarkan endorse jilbab pada influencer yang biasanya membuat konten tentang kuliner. Ciri khas influencer yang kamu pilih perlu diperhatikan dengan baik.

Lalu, semakin banyak pengikut, maka orang yang memperhatikan produkmu akan semakin banyak. Namun, di sini kamu perlu memperhatikan budget. Semakin banyak pengikutnya, tentu bayaran untuk jasa ini juga akan semakin mahal.

5. Afiliation marketing

Selain itu kamu juga bisa bekerja sama dengan orang lain yang bersedia menjadi afiliasi. Misalnya, kamu meminta seorang blogger mereview produkmu di situsnya. Blogger yang kamu pilih juga sebaiknya yang nyambung dengan niche atau topik yang dimiliki blog miliknya.

Kamu pun perlu mempersiapkan budget yang sesuai dengan kualitas konten yang disediakan oleh pemilik blog. Paling bagus memilih blogger yang aktif menulis di blognya sendiri dan memiliki jumlah total views yang tinggi. Dari sini kamu bisa meningkatkan awareness produkmu. 

6. Pemasaran konten kreatif

Kamu bisa menerapkan pemasaran dengan konten yang kreatif seperti misalnya membuat web series. Ini memang membutuhkan budget yang cukup banyak, tapi pelanggan akan menemukan sesuatu yang beda dari produk yang kamu pasarkan. 

Atau kamu bisa membuat konten dalam bentuk lain, misalnya Tik Tok yang saat ini banyak digunakan oleh generasi muda. Brand-brand ternama biasanya membuat berbagai macam konten kreatif menarik untuk mencari lebih banyak pelanggan di internet. Semakin kreatif cara penyuguhannya, semakin banyak juga yang tertarik dengan produkmu.

7. Google Ads

Google juga menyediakan iklan untuk kamu yang ingin situsnya berada di halaman pertama Google ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Banyak situs yang memanfaatkan iklan seperti ini untuk lebih banyak mendapatkan pengunjung. Cara ini bisa kamu lakukan dengan pengaturan budget yang menyesuaikan ketersediaan. 

Itulah beberapa media pemasaran online yang akan sangat membantumu dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan. Kamu tidak perlu menguasai semuanya sekaligus. Hanya beberapa yang kamu kuasai dengan optimal, itu pun sudah bisa diandalkan dengan baik. 

Berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah teknik media pemasaran online ini bisa saja ada cara barunya. Yang namanya teknologi memang seperti itu, berkembang dengan cepat. Jadi, kamu perlu memperhatikan dengan baik perkembangan dari media pemasaran online ini, jangan sampai ketinggalan. Semoga usahamu bisa berjalan dengan lancar.

Artikel Terkait