Bisnis & Kerja Sampingan

Bingung Bagaimana Cara Mempromosikan Produk yang Efektif?

Sumber: Markey

Ajaib.co.id – Ketika akan membangun sebuah bisnis baru, hal yang dianggap cukup sulit dilakukan banyak orang adalah mengenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Banyak pebisnis pemula yang bingung bagaimana cara mempromosikan produk secara efektif. Meskipun sekarang ini sudah ada media sosial yang mempermudah untuk berjualan, namun jika kamu tidak jeli dalam memanfaatkannya akan percuma.

Pemasaran produk sangat penting bagi keberlangsungan bisnis kamu. Namun, sebelum kamu mulai memasarkan produk, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. syarat-syarat tersebut adalah:

  • Menentukan target dan segmentasi pasar yang tepat sehingga dapat menjangkau sasaran.
  • Promosi yang dilakukan haruslah menarik.
  • Kemudahan dalam melakukan transaksi.

Ketiga hal itu setidaknya sudah kamu terapkan matang-matang agar anggaran yang digunakan untuk pemasaran tidak sia-sia. Selain itu dalam dunia bisnis, kamu pun dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik karena kamu harus menjelaskan dengan detail supaya mampu ditangkap dengan baik oleh target pasar kamu. Untuk itulah kamu perlu strategi serta cara mempromosikan produk yang tepat agar hasilnya efektif dan bisnismu pun semakin maju.

Strategi Mempromosikan Produk yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Promosi yang bagus adalah langsung mempraktekkannya tanpa perlu banyak berteori. Kalau kamu sudah paham akan strategi dan mau bagaimana cara mempromosikan produk usahamu, tinggal eksekusi saja. Sejumlah cara berikut ini terbukti mampu datangkan penjual, hanya saja kamu perlu konsistensi dan tekun menjalankannya.

Media Sosial Sebagai Tempat Promosi

Banyak bisnis rumahan yang sukses menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya . Mulai dari Facebook, Instagram, Whatsapp, dll harus mampu kamu manfaatkan sebaik mungkin. Namun, disini kamu perlu menghadirkan konten-konten yang menarik seputar produk yang ingin dipasarkan.

Misalnya melalui Instagram, maka sediakan foto-foto ataupun video yang menarik disertai caption yang baik agar pembaca tertarik dan mudah menandai produk jualan kamu. Jadi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan pemasaran juga harus pandai berkata-kata tapi tidak bertele-tele.

Promosi Melalui Publisitas

Cara promosi yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mengajak blogger atau influencer bekerja sama. Disini kamu mengundang mereka untuk membeli produk kamu dan melakukan liputan atau ulasan terkait layanan maupun produk yang kamu punya. Lewat publisitas ini, produk akan akan diviralkan sehingga banyak orang yang akan mengetahui produk dan juga layanan milikmu tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk beriklan.

Lalu bagaimana sih supaya produk kamu dipromosikan lewat publisitas ini? Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Kamu bisa menghubungi media sosial lokal untuk membantu memasarkan produk milikmu, bisa melalui Instagram atau Twitter. Contohnya, domisili bisnis kamu ada di kota bandung, akun yang bisa dihubungi seperti @explorebandung atau @infobandungraya lewat DM.
  • Selanjutnya adalah meminta supaya produk kamu di-mention di oleh media sosial lokal tersebut. Kemudian berikan informasi kepada mereka kalau kamu punya produk yang bagus untuk dijadikan berita. Minta mereka memposting dan juga mention akun milikmu di postingan mereka. Disini kamu perlu biaya dalam prosesnya, atau bisa juga negosiasi dengan bertukar produk dan lainnya.

Ikut Serta Dalam Suatu Acara atau Event

Kamu perlu berburu acara-acara seperti bazar atau kegiatan lain yang sesuai dengan bisnis usahamu. Jika produk kamu berupa cake, mungkin kamu bisa ikutan acara seperti bazar atau kuliner. Selain itu kamu bisa ikut serta dalam menyelenggarakan event atau menjadi sponsor.

Ini adalah cara mempromosikan produk yang berpotensi besar untuk memperkenalkan produk kamu ke masyarakat. Namun, pastikan kamu memiliki rencana dan cara promosi yang matang agar lebih maksimal.

Tawarkan Diskon dan Bebas Biaya Kirim

Selain kualitas barang, harga juga jadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Sudah pasti setiap orang akan tertarik dengan hal-hal yang berbau diskon. Oleh karena itu, kamu perlu mengadakan promo potongan harga. Semakin sering kamu mengadakan promo disertai gratis ongkos kirim, konsumen akan selalu tertarik untuk membeli.

Beri konsumen penawaran khusus seperti beli potongan harga di hari-hari tertentu, bisa juga buy one free one, atau paket bundling dengan harga menarik. Kamu bisa mempromosikannya di media sosial untuk berlangganan melalui email dengan tujuan memberikan penawaran khusus kepada konsumen.

Kemudian tidak ada salahnya sesekali mengadakan giveaway supaya produk kamu makin dikenal dan cara ini sudah umum dilakukan para pebisnis online. Strategi ini juga memberikan rasa percaya kepada konsumen akan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan. Setiap kali launching produk baru, adakan giveaway dengan syarat-syarat yang wajib dipenuhi dengan mengikuti akun media sosialmu sekaligus mempromosikan produknya di akun mereka.

Referral

Referral ini merupakan cara mempromosikan produk melalui orang lain. Ada banyak cara menjalankan metode ini, yakni dengan meminta orang yang sudah membeli produk kamu untuk menarik atau mengajak teman-temannya membeli juga produkmu. Tawarkan juga harga diskon jika berhasil mengajak orang lain ikutan membeli.

Seperti yang dilakukan Ajaib dalam mempromosikan produk investasi saham terbarunya. Ajaib menawarkan siapa saja yang bisa mengajak teman untuk berinvestasi saham akan mendapatkan saldo RDN hingga jutaan rupiah, mulai dari Rp500.000 sampai Rp5.000.000 tergantung seberapa banyak teman yang diajak berinvestasi. Jadi, dalam 1 waktu kamu bisa mendapatkan beberapa pembeli sekaligus.

Itulah beberapa cara mempromosikan produk yang dinilai efektif untuk membangun bisnis kamu dan mendatangkan lebih banyak penjual. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang memulai bisnis.

Artikel Terkait