Fungsi PPH bagi Masyarakat dan Negara, Kamu Wajib Tau!

Fungsi PPH bagi Masyarakat dan Negara, Kamu Wajib Tau!
Fungsi PPH bagi Masyarakat dan Negara, Kamu Wajib Tau!

Pajak Penghasilan atau PPH adalah kontribusi wajib pajak kepada negara yang terutang baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang Nomor 36 Tahun 2008. Di mana, negara tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan pajak ini digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Pembayaran pajak ini menjadi salah satu wujud kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Nah, apa saja manfaat PPH bagi masyarakat dan Negara? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini.

Pajak Merupakan Sumber Utama Penerimaan Negara

Seperti kebutuhan perekonomian dalam rumah tangga atau keluarga, negara juga mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang menyumbang sekitar 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan.

Karena itu, pajak menjadi ujung tombak atas pembangunan sebuah negara. Sehingga sudah sewajarnya, kamu sebagai warga negara yang baik untuk taat membayar pajak. Untuk mengurangi risiko mangkir, pemerintah Indonesia juga sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak, yaitu dengan keluarnya situs ditjen pajak dan tarif pajak yang sesuai. Di mana, tidak semya wajib pajak membayar pajak, karena pemerintah telah menentukan pajak PTKP atau (Penghasilan Tidak Kena Pajak), bagi WP dengan penghasilan di bawah 54 juta setahun diringankan dengan tidak membayar PPh orang pribadi.

Fungsi Anggaran

Pajak dijadikan alat untuk memasukkan dana secara optimal ke kas negara berdasarkan undang-undang perpajakan yang berlaku, sehingga pajak berfungsi membiayai seluruh pengeluaran-pengeluaran yang berkaitan dengan proses pemerintahan. Pajak digunakan untuk pembiayaan rutin, seperti: belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lainnya.

Untuk pembiayaan pembangunan, uang dikeluarkan dari tabungan pemerintah, yaitu penerimaan dalam negeri dikurangi pengeluaran rutin. Tabungan pemerintah tersebut ditingkatkan terus dari tahun ke tahun sesuai kebutuhan pembiayaan pembangunan yang semakin meningkat.

Fungsi Mengatur (Regulerend)

Pajak merupakan alat untuk mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi anggaran. Pemerintah dapat mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. 

Contohnya: dalam rangka penanaman modal, baik dalam negeri maupun luar negeri, diberikan berbagai macam fasilitas keringanan pajak. Dalam rangka melindungi produksi dalam negeri, pemerintah juga telah menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk luar negeri.

Fungsi Stabilitas

Pajak membuat pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga, sehingga inflasi negara menjadi lebih terkendali. Hal tersebut dapat dilakukan dengan efektif dan efisien dengan cara mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, penggunaan pajak.

Fungsi Retribusi Pendapatan 

Pajak digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum, termasuk untuk membiayai pembangunan sehingga dapat membuka kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan masih banyak lagi. Di mana, pajak yang telah disetorkan oleh wajib pajak akan digunakan negara untuk kesejahteraan masyarakat.

Setiap proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah selalu ada pemberitahuan bahwa proyek yang dibangun dibiayai dari pajak yang telah dikumpulkan masyarakat. Sehingga masyarakat harus ikut menjaga fasilitas yang telah dibangun pemerintah demi kepentingan bersama. Jangan lupa membayar pajak ya! Karena dengan membayar pajak, berarti kamu sudah turut membantu perekonomian negara

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait