Bayar Pajak Lebih Mudah Lewat Online Pajak

online pajak
online pajak

Saat ini, membayar pajak bisa dilakukan secara mudah dan praktis. Sebab, kamu bisa melakukannya melalui online pajak.

Online Pajak merupakan aplikasi e-Filing yang paling banyak diminati atau digunakan, karena penggunaannya cukup mudah. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendaftar melalui situs resminya.

Kalau kamu belum tahu menahu soal aplikasi ini, berikut ini adalah penjelasannya:

Apa Itu Online Pajak?

Awalnya, Online Pajak didirikan oleh pengusaha asal Prancis, yaitu Charles Guinot. Ia datang ke Indonesia untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor.

Setelah lama tinggal di Indonesia, ia mengetahui permasalahan pajak yang terjadi di Indonesia. Charles Guinot mengatakan hal tersebut kepada Tech in Asia.

Proses pembayaran dan pelaporan pajak di Indonesia masih rumit. Berbeda dengan Prancis, di mana masyarakat bisa membayar pajak secara mudah melalui online yang disediakan oleh kantor pajak.”

Akhirnya, Guinot pun berinisiatif untuk menyediakan fasilitas perpajakan berbasis aplikasi pada Juni 2014 lalu.

Online Pajak memudahkan wajib pajak untuk menghitung, menyetorkan, dan melaporkan pajaknya. Aplikasi ini dirancang untuk setiap wajib pajak agar dapat melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak.

Aplikasi ini dapat melakukan perhitungan untuk berbagai jenis pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 23, dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Dalam aplikasi yang dibesut oleh Guinot, kamu juga bisa membuat e-Faktur dan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Layanan ini dapat digunakan oleh individu atau perusahaan.

Bagi kamu yang ingin melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi melalui aplikasi ini, maka harus tetap datang ke Kantor Pajak untuk mendapatkan EFIN.

Setelah memasukkan EFIN di aplikasi asal Perancis ini, kamu baru bisa melakukan pelaporan pajak.

Fitur

Aplikasi ini sudah disahkan sebagai Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) resmi. Artinya, aplikasi buatan Guinot ini dapat menyalurkan Surat Pemberitahuan secara elektronik yang ditujukan untuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan yaitu:

Menghitung Pajak

Sistem perpajakan di Indonesia memang cukup rumit. Meskipun tidak menyulitkan wajib pajak, tetapi ada banyak persyaratan yang harus ditangani untuk mengurus administrasi pajak. Salah satunya adalah menghitung pajak.

Dengan adanya aplikasi pajak online ini, kamu tidak hanya menghitung pajak saja, namun juga bisa menyetorkan dan melaporkan pajak secara online.

Menyetorkan Pajak

Proses administrasi pajak biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, seperti menyusun dokumen, menghitung pajak, mengatur pembayaran, dan melaporkan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Saat ini, ada banyak aplikasi pajak online yang bisa digunakan untuk menyusun laporan pajak. Namun, sistem di aplikasi tersebut tidak menyediakan fitur untuk menyetorkan pajak secara online.

Aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk menyetorkan pajak melalui fitur penyetoran pajak secara online.

Melaporkan Pajak

Melaporkan pajak secara manual memang terasa rumit bagi setiap wajib pajak. Sebab, mereka harus mengantre selama berjam-jam di Kantor Pajak.

Ada beberapa aplikasi pajak online yang menghadirkan fitur untuk melaporkan pajak.

Dengan menggunakan sistem dari aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan di aplikasi lain.

Menghadirkan Fitur Pembuatan NPWP Secara Online

Pada 2017, Charles Guinot menghadirkan fitur pembuatan NPWP yang bisa dilakukan secara online. Fitur ini dapat digunakan oleh seseorang yang ingin membuat NPWP.

Kalau kamu ingin membuat NPWP secara online, hanya perlu memasukkan data dirimu di aplikasi tersebut.

Dengan adanya fitur-fitur ini, kamu bisa membayar pajak tanpa harus datang ke Kantor Pajak. Aplikasi pajak ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait