Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Alasan Setiap Negara Perlu Punya Bisnis Internasional

Bisnis Internasional
Bisnis Internasional

Ajaib.co.id – Salah satu cara bagi suatu negara dalam menjalin hubungan mereka dengan negara lain adalah dengan melakukan bisnis internasional. Selain menjalin hubungan baik, bisnis internasional juga bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari negara lain melalui pemasaran produk-produk lokal. Dengan begitu, suatu negara dapat bersaing dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan negara lain.

Seberapa penting bisnis internasional dilakukan oleh suatu negara dan bagaimana negara memulai bisnis internasional? Nah, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, berikut ini akan dijelaskan hal-hal menyangkut bisnis internasional pada suatu negara secara lebih detail.

Apa Itu Bisnis Internasional?

Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang terdiri dari beberapa transaksi bisnis antara satu negara dengan negara-negara lainnya. Bisnis internasional juga disebut dengan istilah pemasaran internasional yang merupakan kegiatan bisnis oleh perusahaan di dalam suatu negara dengan perusahaan dan di negara lain.

Pihak yang melakukan bisnis internasional ini meliputi individu dengan individu, individu dengan pemerintah, serta antar pemerintah setiap negara. Ruang lingkup bisnis internasional tidak hanya ada pada perdagangan dan pemanufakturan internasional saja, namun juga meliputi bidang pariwisata, transportasi, perbankan, konstruksi, periklanan, dan komunikasi.

Dengan adanya bisnis internasional, peningkatan GDP juga dapat berjalan dengan baik hingga mendorong kerjasama transportasi, industrialisasi, globalisasi, dan perusahaan multinasional.

Strategi Bisnis Internasional

Dalam melaksanakan proses bisnis internasional, suatu negara tentu memiliki strategis khusus yang diterapkan. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan bisnis internasional dapat berjalan secara lancar dan memahami langkah apa yang diambil saat terjadi permasalahan. Ada dua konsep yang biasa digunakan suatu negara sebagai strategi dalam bisnis internasional, di antaranya:

·        Konsep keunggulan absolut, di mana negara memegang monopoli proses produksi dan perdagangan terhadap suatu produk.

·        Konsep keunggulan komparatif merupakan keadaan ketika negara memiliki kemampuan untuk menawarkan produk lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Alasan Negara Melaksanakan Bisnis Internasional

Pelaksanaan bisnis internasional oleh setiap negara dilakukan karena beberapa alasan. Alasan tersebut dilakukan atas dasar keadaan yang sedang terjadi di suatu negara. Berikut beberapa hal yang dimaksud:

·        Tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga saat terjadinya kondisi lebih murah, maka pilihan membeli lebih tepat dibandingkan dengan memproduksi.

·        Penjualan secara langsung merupakan langkah dalam meningkatkan kondisi keuangan. Di mana, distribusi yang dilakukan secara luas akan menghasilkan keuntungan yang banyak pula.

·        Keinginan untuk mentransfer teknologi modern agar berjalan secara efektif dan efisien.

Tahap-Tahap Melaksanakan Bisnis Internasional

Pelaksanaan bisnis internasional yang melibatkan perusahaan tentu dilaksanakan secara bertahap. Mulai dari tahap awal yang sederhana hingga tahap akhir yang lebih rumit serta berisiko. Beberapa tahapan yang dimaksud dari bisnis internasional, di antaranya:

Ekspor Insidentil

Tahap awal yang dilakukan oleh perusahaan dalam proses bisnis internasional adalah dengan melakukan ekspor insidentil. Di mana, keadaan warga asing yang mendatangi suatu negara untuk membeli barang dan mengirimkan ke negara asal.

Ekspor Aktif

Tahap selanjutnya adalah ekspor aktif yang terjadi karena transaksi bisnis dilakukan secara rutin atau berkelanjutan sehingga menjalin hubungan baik dan dianggap aktif. Selain itu, sifat aktif ini dapat dilihat dari perkembangan jumlah serta jenis komoditi perdagangan internasional.

Penjualan Lisensi

Di tahap ini negara pendatang akan menjual lisensi produk kepada negara penerima. Hal ini dilakukan agar negara penerima dapat melakukan pemasaran, produksi, penggunaan bahan baku, serta kebutuhan peralatan secara luas. Penggunaan lisensi ini dikenakan biaya yang dibayarkan oleh negara penerima.

Franchising

Pada tahap ini, proses bisnis internasional akan lebih aktif dilakukan. Tidak hanya pada penjualan lisensi atau merek dagang saja, namun meliputi penggunaan atribut, peralatan, tahap produksi, resep atau cara, pengendalian kualitas, pengawasan, dan hal-hal lain hingga barang jadi, serta pelayanan. Beberapa contoh jenis usaha yang melakukan franchise seperti restoran, fitness center, supermarket, dan lain sebagainya.

Pemasaran ke Luar Negeri

Tahap berikutnya adalah pemasaran ke luar negeri yang membutuhkan intensitas serta keterlibatan manajemen lebih tinggi. Hal ini karena perusahaan pendatang harus selalu aktif dalam proses pemasaran produk ke negara yang dituju.

Manfaat Bisnis Internasional

Adanya bisnis internasional yang dilaksanakan negara tentu bermanfaat bagi negara itu sendiri. Beberapa manfaat bisnis internasional di antaranya, sebagai berikut:

·        Menjalin persahabatan baik dengan negara lain.

·        Mendapatkan barang-barang yang tidak dapat diproduksi di negara sendiri.

·        Mendapatkan keuntungan spesialisasi.

·        Jangkauan bisnis dapat lebih luas hingga menghasilkan keuntungan baru.

·        Setiap perusahaan dapat menjalankan penggunaan alat-alat produksi secara optimal.

·        Negara dapat mempelajari teknik produksi yang lebih efisien dengan cara modern.

Hambatan pada Bisnis Internasional

Pada dasarnya, pelaksanaan bisnis internasional tidaklah semudah pasar domestik karena akan ada banyak hambatan di tengah jalan. Hal ini disebabkan oleh kepentingan-kepentingan negara dan ditambah perbedaan kebudayaan dari setiap negara. Berikut beberapa hambatan yang ada pada bisnis internasional:

·        Adanya batasan perdagangan serta tarif bea masuk di setiap negara terhadap barang-barang yang dijual, baik ekspor maupun impor.

·        Perbedaan sosial, budaya, dan bahasa juga menjadi salah satu hambatan dari pelaksanaan bisnis internasional.

·        Kondisi politik dan hukum yang tengah terjadi atau kurang baik juga memicu terjadinya hambatan pada pelaksanaan bisnis internasional. Ditambah ketentuan hukum yang ditetapkan juga bisa membatasi terlaksananya bisnis internasional.

·        Hambatan operasional yang meliputi transportasi atau pengangkutan barang dari satu negara ke negara lain juga menjadi hambatan yang ditemui. Apalagi jika negara tujuan tidak memiliki akses transportasi yang layak dan mendukung sehingga proses pelaksanaan bisnis internasional dapat terganggu.

Penjelasan mengenai bisnis internasional inilah yang menjawab, mengapa setiap negara perlu melaksanakan bisnis internasional dengan negara-negara lain. Selain keuntungan materi yang dihasilkan, bisnis internasional juga memberikan keuntungan non materi seperti hubungan yang baik dengan negara lain.

Keuntungan dari bisnis internasional sama pentingnya dengan keuntungan saat berinvestasi. Oleh karena itu, kamu harus memilih jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan. Salah satu instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan tersebut adalah saham. Investasi saham kini mulai banyak digunakan oleh orang-orang karena kemudahan aksesnya.

Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham. Dengan keuntungan yang didapat dari berinvestasi, perencanaan keuangan untuk kebutuhan kamu di masa mendatang juga bisa dilakukan secara mudah dan aman dengan aplikasi Ajaib.

Oleh karena itu, yuk mulai berinvestasi melalui aplikasi Ajaib yang dapat kamu gunakan melalui smartphone dan hasilkan keuntungan besar sesuai kebutuhanmu sekarang.

Artikel Terkait