Ingin Mengetahui Info Pajak Kendaraan Riau? Berikut Caranya

info pajak kendaraan riau
info pajak kendaraan riau

Mau cek info pajak kendaraan Riau milikmu? Berikut redaksi Ajaib jabarkan cara mudahnya yang bisa kamu akses. Disimak ya!

Pemutihan denda pajak kendaraan Riau yang berlangsung dari 15 Oktober – 14 Desember 2019 mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh pemilik kendaraan di Riau. Di mana, pendapatan pajak kendaraan dari program ini mencapai Rp109,28 miliar dari 95.655 wajib pajak yang ikut berpartisipasi.

Secara keseluruhan sepanjang tahun 2019 ini, pemerintah Riau mendapatkan penerimaan pajak kendaraan sebesar Rp1,080 triliun, besaran pajak ini melampui target penerimaan pajak kendaraan Riau 2019 yakni Rp1,062 triliun.

Birokrasi Semakin Mudah

Sambutan positif dari masyarakat Riau perihal pembayaran pajak kendaraan juga tak terlepas dari adanya kemudahan dari segi birokrasi dalam mengurus pajak kendaraan di sana. Yang mana, bagi masyarakat Riau saat ini sudah sangat dimudahkan untuk mengetahui informasi seputar pajak kendaraan mereka dan sebagainya, mereka hanya perlu mengakses informasi tersebut melalui ponsel pintar dan internet.

Nah bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di wilayah Riau dan mungkin masih belum melakukan pembayaran pajak kendaraanmu tersebut. Kamu bisa cek dan mengetahui info pajak kendaraan Riau dengan cara mudah berikut:

Cek Info Pajak Kendaraan Riau via Aplikasi

Ponsel pintar saat ini menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat digandrungi oleh kamu khususya anak muda, karena banyak aplikasi yang bisa dengan mudah kamu unduh melalui ponsel pintarmu tersebut secara gratis melalui Google Play Store. Di zaman serba canggih seperti saat ini alias zaman now, ponsel pintarmu bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bermain game atau sebagainya saja.

Tetapi bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui informasi terkini dari pajak kendaraan bermotormu di Riau, Nggak percaya? Coba kamu unduh beberapa aplikasi di bawah ini di ponsel pintar Android-mu.

Aplikasi Pajak Kendaraan Bermotor Riau

  • Cek Pajak Kendaraan Riau
  • Esamsat KEPRI
  • e-Samsat Riau
  • Cek Kendaraan Bermotor Riau
  • SAM LANTAS KEPRI

Kamu bisa dengan mudah mengunduh aplikasi pajak kendaraan Riau di atas untuk mengetahui info pajak kendaraan terkini dari status kendaraanmu. Zaman now, bukan hanya ponselmu saja yang pintar melainkan kamu juga harus menjadi orang yang pintar juga dalam memanfaatkan kecanggihan gadget saat ini.

Selain melalui aplikasi di ponsel pintar milikmu, kamu juga bisa mendapatkan info pajak kendaraan Riau dengan mengaksesnya di website.

Info Pajak Kendaraan Riau via Wesbite

Kini, seluruh informasi dan berita terupdate bisa kamu akses melalui layanan internet. Tak terkecuali, informasi perihal pajak kendaraanmu di Riau, kamu bisa membuka http://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/ melalui browser-mu.

Kamu hanya perlu mengisi nomor polisi kendaraanmu di wilayah Riau dengan lengkap tanpa spasi. Misalnya, website tersebut sedang mengalami gangguan, kamu bisa membuka website lainnya, yaitu http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat. Sama halnya dengan website sebelum, kamu akan diminta mengisi nomor polisi kendaraan Riau yang sesuai dengan STNK dan akan muncul informasi pembayaran pajak kendaraanmu. Kamu tinggal mengikuti saja intruksi di website tersebut hingga nantinya melakukan pembayaran.

Website lainnya yang bisa kamu akses https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/ di halaman ini akan dua opsi yakni Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan atau Bea Balik Nama (BBN) yang bisa kamu sesuai dengan informasi keperluan pajak kendaraanmu.

Datang Langsung ke Samsat untuk Mengetahui Info Pajak Kendaraanmu

Walaupun sudah dimudahkan dengan hadirnya layanan info pajak via aplikasi dan website, kamu juga masih tetap bisa untuk mengetahui informasi pajak lebih detail lagi dengan mendatangi langsung kantor Samsat Riau atau sejenisnya. Di mana, lokasi dari kantor Samsat tersebut bisa diketahui dari aplikasi yang sebelumnya sudah Ajaib jelaskan di atas.

Jika kantor Samsat tersebut dirasa jauh dari domisilimu, kamu pertimbangkan untuk memilih layanan Samsat keliling. Di mana hal yang perlu diperhatikan adalah jadwal atau lokasi yang bisa berubah-ubah dan bisa kamu cek melalui aplikasi SAM LANTAS KEPRI.

#Manfaat Pajak Kendaraan Online di Riau

Tentu setiap layanan atau servis yang diberikan kepada masyarakat pasti berorientasi terhadap kualitas pelayanan. Tak terkecuali, hadirnya pajak kendaraan online di Riau ini bertujuan untuk mengurangi birokrasi yang dianggap rumit. Teruntuk banyak orang ketika harus membayar pajak kendaraan secara konvensional. Yang mana, birokrasi yang rumit tersebut menjadi alasan utama mengapa masyarakat enggan untuk membayar pajak kendaraan mereka.

Masalah ini bisa diatasi dengan adanya terobosan baru yakni masyarakat bisa mengakses info pajak kendaraan terkini. Tanpa harus direpotkan dengan birokrasi yang rumit sekalipun. Berikut informasi yang bisa didapatkan dari adanya aplikasi dan website pajak kendaraan online di Riau:

  • Pengesahan dan pajak 1 tahun
  • Penggantian STNK rusak dan hilang
  • Samsat Corner
  • Samsat Keliling
  • Mutasi kendaraan
  • Samsat Antar Pulau
  • Samsat Pembantu
  • Pengaduan
  • Pembayaran pajak

Menjadi Momen yang Ditunggu-tunggu

Penghapusan denda pajak kendaraan Riau dan pengurusan pajak kendaraan secara online menjadi kunci kesuksesan dari target penerimaan pajak kendaraan bermotor di sana pada 2019 yang melampaui target. Padahal, sebelumnya pemilik kendaraan di Riau masih enggan untuk membayar dan melunasi pajak kendaraan mereka yang disebabkan rumitnya birokrasi dalam hal pembayaran pajak kendaraan.

Penghapusan denda pajak kendaraan di Riau memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi para pemilik kendaraan di sana. Di mana, kebijakan ini menjadi cara efektif untuk semakin meningkatkan penerimaan pajak kendaraan di Riau.

Demikianlah informasi terkait cara mudah untuk mengakses info pajak kendaraan Riau terkini yang bisa coba kamu lakukan ketika ingin mengetahui besaran biaya pajak kendaraan yang perlu kamu bayarkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait