Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim, Praktis dan Bisa Online

cek pajak kendaraan jatim
cek pajak kendaraan jatim

Ingin cek pajak kendaraan Jatim? Berikut cara selengkapnya untuk mengetahui pajak kendaraan Jatim milikmu via aplikasi, SMS, dan website. Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini ya.

Akhir-akhir ini banyak dari pemilik kendaraan yang belum membayarkan kewajiban pajaknya diberikan surat peringatan yang ditempelkan ke badan atau kaca mobil mewah milik mereka yang sedang terparkir. Hal ini terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali untuk wilayah Jawa Timur.

Menurut BAPPENDA JATIM (16/12/2019), sebanyak 610 unit mobil mewah belum membayar pajak kendaraannya dan menunggak pajak hingga Rp10 miliar. Di mana, nilai jual mobil mewah tersebut mencapai lebih dari Rp700 juta.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah juga sudah mengeluarkan kebijakan saat itu untuk pembebasan pajak kendaraan dimulai 23 September hingga 14 Desember 2019 lalu.

Pemutihan Pajak Kendaraan Jatim

Pemberlakukan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan di wilayah Jawa Timur pada periode 23 September – 14 Desember 2019 tersebut menyasar kepada para pemilik kendaraan yang memiliki tunggakan pajak kendaraan untuk menyelesaikan kewajiban administratifnya. Tercatat pada tanggal 28 November 2019, penerimaan pajak kendaraan bermotor Jatim telah mencapai lebih dari Rp9 triliun atau sudah mencapai target di atas 90% dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Sama halnya dengan wilayah lainnya perihal pembayaran pajak kendaraan, salah satu faktor utama mengapa masyarakat tidak mau membayar pajak kendaraan bermotornya adalah masalah birokrasi yang rumit. Hal ini juga dirasakan oleh warga Jatim secara keseluruhan.

Oleh karena itu, pihak pemerintah daerah Jawa Timur dan lembaga terkait membuat terobosan dengan adanya kemudahan dalam hal mengurus pajak kendaraan dengan bantuan aplikasi dan website yang bisa dengan mudah diakses oleh seluruh masyarakat Jawa Timur yang berguna untuk mengecek dan membayar pajak kendaraan.

Berikut ini cara mudah untuk cek pajak kendaraan Jatim melalui SMS, aplikasi, dan website:

Cek Pajak Kendaraan Jatim via Aplikasi

Bagi kamu masyarakat atau pemilik kendaraan bermotor di Jawa Timur yang ingin mengetahui berapa besaran pajak yang perlu dibayarkan. Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi e-Smart Samsat Jatim di Google Play Store.

Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang layanan dan pajak kendaraanmu dengan mudah dan cepat. Contohnya seperti pajak progresif, besaran biaya pajak, mutasi, perpanjang STNK, balik nama kendaraan, dll.

Selain itu, aplikasi e-Smart Samsat Jatim ini juga memiliki fitur pembayaran melalui layanan Internet Banking. Ini memudahkan bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran pajak. Bagi kamu yang masih bingung dengan syarat atau dokumen apa saja yang diperlukan dalam mengurus layanan yang berhubungan dengan kepemilikan kendaraanmu, kamu bisa mengetahui di aplikasi ini beserta lokasi samsat di daerah Jawa Timur.

Cek Pajak Kendaraan Jatim via SMS

Pemilik kendaraan di Jawa Timur juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar pajak kendaraannya melalui layanan SMS. Dengan mengetikkan format SMS sebagai berikut:

Ketik (JATIM) spasi (nomor polisi kendaraanmu), kemudian dikirimkan ke nomor 7070.

Layanan SMS untuk pengecekan pajak kendaraan ini hanya diperuntuhkan untuk jenis pajak tahunan dan bukan lima tahunan. Setelahnya, kamu akan mendapatkan balasan SMS yang berisikan informasi seperti tipe kendaraan, tahun kendaraan, masa berlaku STNK, dll.

Cek Pajak Kendaraan Jatim via Website

Selain melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui aplikasi dan layanan SMS, kamu juga bisa mengakses website resmi Samsat Jawa Timur dengan membuka https://esamsat.jatimprov.go.id/.

Setelahnya, kamu tinggal mengisi formulir yang telah disediakan di halaman website tersebut. Datanya berisikan kota, Samsat, Nopol, dan kode captcha, jika semuanya sudah kamu isi, lalu klik tombol “Cari”.

Untuk mengetahui pajak kendaraan untuk wilayah Jawa Timur, kamu bisa mengakses website lainnya.

Pembayaran Pajak Kendaraan Online di Jawa Timur

Jika kamu sudah mengetahui besaran biaya pajak yang perlu dibayarkan, kamu juga bisa melakukan pembayaran. Contohnya seperti di aplikasi e-Smart Samsat Jatim atau melalui website resmi https://esamsat.jatimprov.go.id/ dengan mudah dan tanpa ribet tentunya.

Kamu juga bisa memilih datang langsung ke gerai Indomaret di Jawa Timur. Pastikan membawa STNK dan KTP asli, dan nomor telepon yang sesuai ke bagian kasir. Setelahnya, kamu akan diberitahukan besaran pajak yang perlu dibayarkan. Jika sudah dilakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran melalui SMS dan link bukti pelunasannya beserta QR Code.

Link pelunasan tersebut bisa kamu akses dan dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah dan disimpan pada STNK asli milikmu. Bila suatu hari, kamu terkena razia kamu tinggal memperlihatkan saja bukti pembayaran sah di ponsel atau yang sudah dicetak tersebut kepada polisi. Mereka akan memeriksanya dengan men-scan QR Code tersebut untuk mengetahui apakah benar kamu sudah melunasi pajak kendaraanmu atau belum.

Pembayaran dan Cek Pajak Kendaraan Online Memudahkan Masyarakat Jawa Timur

Zaman terus berkembang dari waktu ke waktu. Di mana hal ini menuntut adanya inovasi terus-menerus yang mampu mengikuti tren teknologi yang berkembang pesat saat ini. Jika dulu kita masih menggunakan cara konvensional, berbeda halnya dengan saat ini di mana semua serba digital.

Karena kita telah memasuki era digitalisasi, yang mana hal tersebut juga akan berdampak terhadap perubahan gaya hidup masyarakat secara luas. Dalam hal ini, soal pembayaran pajak yang mulai menerapkan sistem paperless dan cashless seperti halnya yang sudah dilakukan oleh negara-negara maju di dunia.

Digitalisasi pajak menjadi hal yang penting untuk diterapkan guna semakin meningkatkan penerimaan pajak kendaraan. Terkhusus di berbagai wilayah Jawa Timur dan lainnya. Bukan hanya mengurangi masalah birokrasi yang sering dianggap sulit bagi banyak orang di Indonesia saja melainkan juga berimbas terhadap semakin sadarnya masyarakat. Dalam artian untuk tidak lupa melakukan pembayaran pajak kendaraan secara rutin setiap tahunnya.

Bacaan menarik lainnya:

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait