Ingin Investasi Sektor Konstruksi, Cek Dulu Harga Saham WTON

harga-saham-wton
harga-saham-wton

Investasi saham selalu memiliki peminat. Salah satu sektor yang jadi incaran adalah konstruksi, termasuk emiten PT Wijaya Karya Beton, Tbk (WTON). Tapi sebelum membeli, pantau dulu harga saham WTON.

PT Wijaya Karya Beton, Tbk merupakan anak perusahaan PT Wijaya Karya Persero Tbk (WIKA) yang terkenal dengan produksi Wika betonnya. WTON merupakan hasil ekspansi WIKA yang mengkhususkan pada industri beton pracetak, jasa konstruksi, dan kegiatan bisnis yang terkait.

Dalam perjalanannya, perusahaan melepas saham pertamanya (IPO) pada 8 April 2014. Akhir Agustus lalu, perusahaan berencana akan melepas saham treasuri sebesar 377,15 juta lembar pada akhir tahun 2019.

Berdasarkan laporan keuangan WTON mencatatkan pendapatan Semester I-2019 sebesar Rp2.630.000.000.000. Pendapatan mengalami kenaikan dibanding Semester I-2018 yaitu Rp2.590.000.000.000. Namun perusahaan masih terus menambah pendapatannya tahun ini melalui kontrak proyek infrastruktur.

Berapa harga saham WTON saat ini?

Harga saham WTON mengalami kenaikan dibandingkan pada awal tahun (02/01/2019) sebesar Rp376. Tetapi dibandingkan bulan sebelumnya (05/08/2019), saham dari WTON ini sudah pernah menyentuh nilai sebesar Rp535. Kabar baiknya, hal ini adalah peluang bagi investor memborong saham sektor konstruksi.

Kalau kamu ingin berinvestasi saham di sektor konstruksi, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan seperti berikut ini.

Kebijakan Pemerintah dan Kondisi Negara.

Kedua hal ini sangat berpengaruh dalam naik turun saham konstruksi. Misalnya jika pemerintah sedang gencar membangun infrastruktur ke seluruh pelosok negeri, harga saham WTON dan saham konstruksi lainnya bisa naik. Ketika masa kampanye pilpres, harga saham tidak stabil. Tetapi ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa Joko Widodo unggul dari Prabowo, saham konstruksi menguat. Hal itu karena Jokowi ingin meratakan infrastruktur di Indonesia.

Laporan Keuangan

Setiap tahun semua emiten akan merilis laporan keuangan. Jika laporan keuangan bagus, laba semakin naik, harga saham pun melejit. Jika dari laporan keuangan sudah mengalami kendala, hal tersebut mengendurkan kepercayaan investor terhadap emiten. Selain itu, perhatikan juga pertumbuhan perusahaan dan modal makin bertambah.

Mega Proyek

Setiap perusahaan konstruksi pasti membidik proyek pembangunan atau infrastruktur. Jika emiten mendapatkan kontrak mengerjakan mega proyek, seperti jalan tol, saham emiten menguat.

Kecelakaan Kerja

Keselamatan kerja menjadi faktor penting dalam pergerakan harga saham. Tak terkecuali harga saham WTON. Apapun bentuk kecelakaan kerja, seperti beton ambruk, pekerja menjadi korban saat bekerja, dan lainnya, dapat menurunkan harga saham konstruksi.

Walaupun harga saham WTON, bukan berarti menyurutkan kamu untuk investasi. Karena saham sektor konstruksi cocok buat investasi jangka panjang, terlebih jika ada mega proyek. Kamu juga bisa membeli saham selagi harganya turun.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait