Investasi, Saham

IDX SRI KEHATI Rebalancing, Ini Daftar Saham Jagoannya!

IDX Sri Kehati
IDX Sri Kehati

Ajaib.co.id – Bagi investor saham di seluruh Indonesia, tentunya mereka sudah tidak asing lagi dengan berbagai indeks yang terdaftar di BEI, salah satunya kita mengenal adanya IDX SRI KEHATI. Mungkin bagi yang baru terjun sebagai investor saham, indeks satu ini terdengar asing di telingamu dan masih kalah populer dibanding IHSG, LQ45, dan indeks-indeks lainnya.

Hal ini wajar saja, karena baik itu IHSG dan LQ45 memang merupakan indeks-indeks saham yang sudah diluncurkan sejak 1983 dan 1997. Sedangkan, IDX SRI KEHATI baru mulai diperkenalkan dan diluncurkan ke publik pada 2009 silam.

Bila IHSG merupakan indeks saham yang mengukur kinerja harga semua saham yang ada di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia. Lain halnya dengan indeks SRI KEHATI, di mana indeks satu ini mengukur kinerja 25 saham perusahaan yang memiliki catatan yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran dalam lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan, atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI).

Indeks ini diluncurkan pada 2009, dan merupakan hasil kolaborasi antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Yayasan KEHATI.

Daftar Saham-saham Jagoan di IDX SRI KEHATI

Belum lama ini, indeks satu ini melakukan rebalancing di mana setidaknya ada 5 saham baru yang masuk. Susunan daftar saham yang baru ini berlaku untuk perdagangan periode Desember 2020 – Mei 2021. Berikut adalah daftarnya:

1.     PT Astra International Tbk.

2.     PT Bank Central Asia Tbk.

3.     PT Astra Otoparts Tbk.

4.     PT Bank Negara Indonesia Tbk.

5.     PT Bank Mandiri Tbk.

6.     PT Bank Tabungan Negara Tbk.

7.     PT Vale Indonesia Tbk.

8.     PT Bumi Serpong Damai Tbk.

9.     PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

10. PT Kalbe Farma Tbk.

11. PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

12. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

13. PT United Tractors Tbk.

14. PT Semen Indonesia Tbk.

15. PT Unilever Indonesia Tbk.

16. PT Wijaya Karya Tbk.

17. PT Semen Indonesia Tbk

18. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

19. PT PP Tbk.

20. PT Jasa Marga Tbk.

21. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

22. PT PP London Sumatra Indonesia Tbk.

23. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

24. PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

25. PT Bank OCBC NISP Tbk

Sebanyak 25 saham di atas adalah daftar saham terbaru yang baru saja dirilis oleh IDX SRI KEHATI, ada sedikit perombakan dari susunan daftar terbaru ini.

Di mana, ada 5 saham perusahaan yang didepak yakni PT Adhi Karya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT PP Properti Tbk, PT Wijaya Karya Beton Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk. Semua saham-saham terbaik yang tercatat di IDX SRI KEHATI di atas bisa kamu temukan dengan mudah di aplikasi Ajaib beserta kode masing-masing emitennya.

Jagoan Saham dari IDX SRI KEHATI yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Setelah mengetahui saham-saham apa saja yang termasuk ke dalam indeks SRI KEHATI. Tentunya pasti kamu masih bingung terkait pilihan saham mana saja yang layak dikoleksi saat ini berdasarkan IDX SRI KEHATI di 2021? Berikut adalah rekomendasinya:

Sektor Pertambangan

Di dalam daftar indeks SRI KEHATI terbaru, sektor pertambangan yang bisa kamu beli sahamnya adalah PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Emiten ini memiliki prospek peluang cuan yang baik di 2021, karena sebagai penerima manfaat dari meroketnya harga nikel imbas dari naiknya permintaan produksi baja dan baterai kendaraan listrik. Selain itu, kamu juga bisa melirik saham United Tractors (UNTR).

Sektor Keuangan

Saham-saham di sektor keuangan yang bisa kamu pertimbangan di IDX SRI KEHATI di antaranya Bank BRI (BBRI), Bank BNI (BBNI), Bank Mandiri (BMRI), dan Bank BCA (BBCA). Keempat bank ini termasuk BUKU IV, di mana tahun ini biaya provisi akan berkurang sehingga diprediksi dapat meningkatkan laba bank-bank tersebut.

Sektor Properti

Selama pandemi, sektor properti menjadi sektor yang paling tertekan. Walaupun begitu, saham-saham di sektor ini juga perlu kamu cermati. Misalnya PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang diprediksi memiliki kinerja yang semakin membaik di 2021.

Apalagi, saham ini didukung oleh sentimen positif seperti UU Cipta Kerja yang memudahkan investasi asing masuk ke Indonesia. Hal ini berimbas terhadap penjualan properti di kawasan industri. Selain itu, penjualan landed house juga semakin membaik karena didukung dengan tren suku bunga yang rendah.

Sektor Telekomunikasi

Saham telekomunikasi yang terdaftar di IDX SRI KEHATI yakni Telekomunikasi Indonesia (TLKM) dapat dijadikan peluang cuan di 2021. Kinerja TLKM diprediksi cukup ciamik di 2021 yang berasal dari bisnis non-Telkomsel.

Dengan semakin pulihnya iklim investasi dan perekonomian di bulan-bulan berikutnya. Tentunya hal ini akan semakin meningkatkan rasa optimisme bagi investor untuk mengalokasikan dananya di sektor saham. Di mana, saham-saham yang sudah direkomendasikan di atas dapat dijadikan referensi bagi kamu saat hendak berinvestasi saham.

Kamu bisa menemukan berbagai saham unggulan dari berbagai indeks saham yang terdaftar di BEI dengan mudah melalui aplikasi Ajaib, yang memang merupakan sahabat investasi terbaik bagi para investor milenial di Indonesia.

Artikel Terkait