Investasi, Saham

Daftar Saham IDX Sri Kehati Tahun 2022

Ajaib.co.id – Ketika kita berbicara mengenai indeks saham, pasti kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan IHSG atau LQ45. Tapi apakah kamu sudah pernah mendengar indeks saham IDX SRI KEHATI? 

Indeks SRI KEHATI mengukur kinerja 25 saham perusahaan yang memiliki catatan yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran dalam lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan, atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI).

Pengertian IDX Sri Kehati & Sejarahnya

Indeks ini diluncurkan pada 2009, dan merupakan hasil kolaborasi antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). SRI adalah kependekan dari Sustainable and Responsible Investment. 

Indeks ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pedoman investasi bagi pemodal yaitu dengan membuat suatu benchmark indeks baru yang secara khusus memuat emiten yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Indeks SRI-KEHATI adalah representasi/cerminan harga saham dari 25 emiten yang dipilih dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria seperti total aset perusahaan, price to earning ratio (P/E), dan free float. 

Nah, untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah kriteria-kriteria saham yang dipilih oleh IDX Sri Kehati:

1. Seleksi Awal

Tahap ini dilakukan untuk memilih saham yang berpotensi menjadi anggota indeks, yaitu dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria sebagai berikut:

  • Total Aset: mempresentasikan ukuran dari Emiten SRI, yaitu emiten-emiten yang memiliki total aset di atas Rp1 triliun berdasarkan laporan keuangan auditan tahunan.
  • Price Earning Ratio (PER): emiten yang memiliki PER positif.
  • Free Float Ratio: kepemilikan saham publik harus lebih besar dari 10%

2. Fundamental

Dari proses seleksi awal tersebut diperoleh daftar nama emiten yang berpotensi masuk dalam anggota indeks SRI-KEHATI. Selanjutnya untuk memilih 25 saham yang terbaik, dilakukan pemeringkatan lebih lanjut dengan mempertimbangkan aspek fundamental dengan mempertimbangkan 6 faktor utama seperti:

  • Environmental
  • Community
  • Corporate Governance
  • Human Rights
  • Business Behavior
  • Labor Practices & Decent Work

Dalam menentukan dan memilih saham-saham yang masuk dalam kriteria fundamental ,Yayasan KEHATI menjalin kerja sama dengan independent data provider yaitu OWW-Consulting.

3. Evaluasi dan Penggantian Saham

BEI dan Yayasan KEHATI secara rutin akan memonitor komponen saham yang masuk dalam perhitungan indeks. Review dan pergantian saham yang masuk perhitungan indeks SRI-KEHATI dilakukan setiap 6 bulan yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Daftar Saham Indeks Sri Kehati 2022

Adapun perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Sri Kehati IDX untuk periode hingga November  2022 adalah sebagai berikut:

  1. PT. Astra Agro Lestari Tbk – AALI
  2. PT. AKR Corporindo Tbk – AKRA
  3. PT. Astra International Tbk – ASII
  4. PT. Bank Central Asia Tbk – BBCA
  5. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk – BBNI
  6. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk – BBRI
  7. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk – BBTN
  8. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk – BMRI
  9. PT. Bumi Serpong Damai Tbk – BSDE
  10. PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk – CPIN
  11. PT. Dharma Satya Nusantara Tbk – DSNG
  12. PT. Vale Indonesia Tbk – INCO
  13. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk – INDF
  14. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk – INTP
  15. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk – JPFA
  16. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk – JSMR
  17. PT. Kalbe Farma Tbk – KLBF
  18. PT. Perusahaan Gas Negara Tbk – PGAS
  19. PT. PP (Persero) Tbk – PTPP
  20. PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk – SIDO
  21. PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk – SMGR
  22. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk – TLKM
  23. PT. United Tractors Tbk – UNTR
  24. PT. Unilever Indonesia Tbk – UNVR
  25. PT. Wijaya Karya (Persero) – WIKA

Sebanyak 25 saham di atas adalah daftar saham terbaru yang baru saja dirilis oleh IDX SRI KEHATI, ada sedikit perombakan dari susunan daftar terbaru ini.

Jagoan Saham dari IDX SRI KEHATI yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Setelah mengetahui saham-saham apa saja yang termasuk ke dalam indeks SRI KEHATI, mungkin kamu masih bingung terkait pilihan saham mana saja yang layak dikoleksi saat ini berdasarkan IDX SRI KEHATI di 2022.

SRI KEHATI Index, penguatan indeks ini tertopang saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dengan kenaikan 32,96% ytd, kemudian saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melaju 31,69% ytd,  PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) melesat 52,07% ytd. Lalu saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang menanjak  16,72% ytd.

Berikut adalah rekomendasinya:

1. Sektor Pertambangan

Di dalam daftar indeks SRI KEHATI terbaru, sektor pertambangan yang bisa kamu beli sahamnya adalah PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Emiten ini memiliki prospek peluang yang baik karena sebagai penerima manfaat dari meroketnya harga nikel imbas dari naiknya permintaan produksi baja dan baterai kendaraan listrik. Selain itu, kamu juga bisa melirik saham United Tractors (UNTR).

2. Sektor Keuangan

Saham-saham di sektor keuangan yang bisa kamu pertimbangan di IDX SRI KEHATI di antaranya Bank BRI (BBRI), Bank BNI (BBNI), Bank Mandiri (BMRI), Bank BTN (BBTN), bank Bank BCA (BBCA). Keempat bank ini termasuk BUKU IV, di mana tahun ini biaya provisi akan berkurang sehingga diprediksi dapat meningkatkan laba bank-bank tersebut.

3. Sektor Properti

Selama pandemi, sektor properti menjadi sektor yang paling tertekan. Walaupun begitu, saham-saham di sektor ini juga perlu kamu cermati. Misalnya PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang diprediksi memiliki kinerja yang semakin membaik.

Apalagi, saham ini didukung oleh sentimen positif seperti UU Cipta Kerja yang memudahkan investasi asing masuk ke Indonesia. Hal ini berimbas terhadap penjualan properti di kawasan industri. Selain itu, penjualan landed house juga semakin membaik karena didukung dengan tren suku bunga yang rendah.

Artikel Terkait