Hobi Memelihara Burung Kutilang Emas Jadi Bisnis Menjanjikan

Hobi Memelihara Burung Kutilang Emas? Ini Bisa Menjadi Bisnis Menjanjikan
Hobi Memelihara Burung Kutilang Emas? Ini Bisa Menjadi Bisnis Menjanjikan

Ada banyak cara seseorang dalam memutuskan untuk berbisnis dan berinvestasi. Mungkin mewarisi bisnis keluarga, mengikuti saran teman, atau sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Salah satu hal yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah hobi yang kamu miliki, diantaranya adalah hobi memelihara burung kutilang emas.

Pasar Bisnis Burung Kicau

Walaupun mungkin masih kalah populer dari anjing dan kucing, faktanya burung kicau merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang selalu ramai peminat. Terbukti dengan banyaknya tersedia pasar burung di berbagai kota.

Memelihara burung kicau memiliki kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Yakni dengan melihat kecantikan corak bulu burung dan terlebih mendengar kemerduan suaranya. Maka tidaklah mengherankan jika peminat burung kicau tidak pernah surut dari waktu ke waktu.

Terlebih lagi, kompetisi burung kicau seperti perkutut atau burung kutilang emas kerap kali diselenggarakan. Burung kicau dengan kemampuan di atas rata-rata bisa menggondol uang hingga ratusan juta rupiah, bahkan mendapat trofi dan gelar sebagai burung juara.

Bukan rahasia lagi, seseorang yang hobi memelihara dan berkompetisi burung bisa mengeluarkan biaya hingga jutaan demi hewan peliharaannya tersebut. Maka dari itu, kalau kamu salah satu pecinta burung kicau, tidak ada salahnya mulai menjadikan hobimu sebagai lahan bisnis. Selain kamu akan lebih enjoy dalam menjalaninya, kamu juga bisa membangun jaringan dengan mereka yang satu hobi denganmu. 

Kelebihan Memelihara Burung Kutilang Emas

Ada banyak burung kicau yang populer di Indonesia, salah satunya adalah burung kutilang. Burung kutilang memang banyak ditemukan terbang bebas di taman-taman kota, hingga di daerah dengan ketinggian sekitar 1600 m. Burung jenis ini hidup berkelompok dan termasuk yang memiliki kicauan sangat indah.

Ada dua jenis burung kutilang di Indonesia yaitu burung kutilang biasa dan juga burung kutilang emas. Jenis kutilang emas umumnya lebih diminati karena memiliki siulan yang indah, bulu burung yang sangat menarik, dan berwarna kuning keemasan.

Sama halnya dengan burung kutilang lain, jenis kutilang emas memiliki beberapa kelebihan untuk dipelihara yaitu.

  • Memiliki ragam kicauan yang merdu dan unik dengan suara lantang.
  • Sangat pandai dan bisa meniru kicauan burung lain jika dimaster menggunakan burung dari jenis lain.
  • Kutilang mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga tidak mudah stres dan sakit.
  • Harga kutilang emas cukup terjangkau, pemeliharaannya pun mudah dan murah.
  • Jika dipelihara sejak kecil, kutilang akan jinak dan setia. Bahkan dia akan kembali walaupun dilepaskan dari kandangnya.

Berinvestasi Pada Kicauan Burung Kutilang Emas

Buat kamu yang hobi memelihara burung, tidak ada salahnya kamu juga mulai menjadikan kutilang milikmu sebagai investasi. Caranya tentu saja dengan memelihara kutilang emas serta perawatan yang baik dan benar. Ada dua cara untuk bisa menghasilkan keuntungan dari memelihara kutilang emas yaitu:

  • Memelihara burung indukan dan berbisnis burung anakan kutilang emas. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memelihara burung hingga besar. Namun, kamu tetap harus melatih burung-burung yang masih berada dalam pemeliharaanmu agar bersuara emas.
  • Memelihara burung kutilang ini untuk kompetisi. Jika kamu ingin berinvestasi menjadikan kutilang juara, kamu tidak harus memelihara banyak kutilang. Namun kamu harus fokus agar performa burung kutilang emas milikmu bisa maksimal dan menjadi juara kompetisi.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait