Harga Saham PTPP Menguat, Jadi Alternatif Investor Millenial

Harga Saham PTPP Menguat, Jadi Alternatif Investor Millenial
Harga Saham PTPP Menguat, Jadi Alternatif Investor Millenial

Harga saham PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) saat ini, Rabu (11/9/2019) menguat hingga Rp1.885 per lembar setelah sebelumnya berada di Rp1.820. Menguatnya saham PTPP ini bisa dikatakan menjadi pilihan alternatif bagi investor millenial untuk dimiliki. 

Hal itu sesuai dengan analisa dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang merekomendasikan beli dengan target harga Rp2.100. Hal itu sejalan dengan membaiknya kinerja perseroan per semester II/2019 dan tahun depan.

Saham PTPP Diprediksi Naik hingga 11%

Salah satu analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Joshua Michael, mengungkapkan hasil riset yang dirilis pada 6 September 2019, yang menyatakan hingga akhir tahun pendapatan PTPP diproyeksikan sebesar Rp 27,9 triliun. Pertumbuhan itu mencapai 11 persen year-on-year. Di sisi lain, laba bersih dari perusahaan ini diestimasi akan turun tipis sebesar 2,7%. Penurunan itu terjadi secara tahunan sehingga pada 2019 menjadi Rp1,2 triliun.

Penundaan pada proyek EPC dan progres proyek kerja sama operasi yang lambat menyebabkan kinerja keuangan 2019 kami proyeksikan kurang baik. Meskipun kinerja tahun ini tidak terlalu bagus, kami percaya kinerja keuangan 2020 akan membaik,” kata Joshua Michael dilansir dari bisnis.com.

Prediksi Saham PTPP di 2020

Prediksi 2020 nanti, PTPP akan mengantongi pendapatan sebesar Rp32,3 triliun dan laba bersih senilai Rp1,5 triliun. Masing-masing akan diproyeksikan untuk tumbuh hingga 15,7% dan 22,7% per tahun. PTPP juga dipercaya dapat mengonversi kontrak yang diperoleh ke pendapatan dengan mudah. Hal itu terjadi karena dukungan kondisi keuangan yang baik.

Bukti dari kondisi keuangan yang baik ialah jumlah proyek turnkey yang sedikit. Selain itu, posisi minoritas pada proyek investasi dan belanja modal konservatif dar anak usahanya yaitu PT PP Properti Tbk. (PPRO). Setelah mengalami masa sulit pada 2019 karena kondisi makro ekonomi yang kurang menguntungkan, marketing sales PPRO diperkirakan akan tumbuh 5,2% pada 2020.

Saham PTPP Direkomendasikan untuk Dibeli

Maka dari itu, Joshua merekomendasikan untuk membeli PTPP dengan target harga Rp2.100. Hal itu mencerminkan potensi kenaikan harga sebesar 18%. 

Kenaikan harga hingga Rp2.100 sebenarnya bisa saja digapai oleh PTPP. Apalagi, saat ini perusahaan tersebut tengah mendapatkan kontrak pembangunan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Kabar mengenai hal itu pun mendapat respon yang bagus dari pelau pasar. Terlihat dari pergerakan saham PTPP yang naik hingga 2,19% ke level Rp1.865 per saham. Level itu menjadi yang tertinggi hingga saat ini. Jelang akhir sesi I, nilai asing beli bersih atas saham PTPP mencapai Rp1,26 miliar atau setara dengan Rp4,61 miliar dalam sepekan terakhir.

Sebagai infotmasi, saham PTPP diperdagangkan dengan volume 5,86 juta saham sebanyak 1.324 kali transaksi. Dan nilai transaksinya mencapai Rp10,89 miliar. Jadi, sudah siap berinvestasi di saham PTPP? Bagi pemula yang masih ragu, kamu bisa memanfaatkan fitur konsultasi di Ajaib. Setelah dirasa cukup, kamu bisa langsung berinvestasi sekarang, jangan menunggu harga naik ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait