Harga Saham BBTN Meredup di Agustus 2019, Bagaimana Bisa?

Harga Saham BBTN Meredup di September 2019, Bagaimana Bisa?
Harga Saham BBTN Meredup di September 2019, Bagaimana Bisa?

Harga saham BBTN (Bank Tabungan Negara) meredup pada September 2019 lalu. Harga saham BBTN saat ini berada di angka Rp2.080 per lembarnya. Ini turun sebanyak 2.55% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Saham BBTN sejak bulan Mei hingga September 2019 terus menurun. Padahal, di bulan April lalu, saham BBTN sempat berada di angka Rp2.530 per lembarnya. Mereka juga sempat mendapat nilai tertinggi pada Januari 2019, yakni 2740. Namun, saham BBTN ini merupakan yang paling bersinar di Bursa Efek Indonesia (BEI) ketimbang empat bank besar lainnya seperti Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.

Sepanjang Agustus 2019, BBTN Sempat menyentuh harga tertinggi Rp2.330 dan harga terendah Rp2.250.Pada saat penutupan, harga permintaan (bid) tertinggi Rp2.310 per saham. Di lain sisi, harga penawaran (offer) terendah di Rp2.320 per saham.

Transaksi Saham BBTN yang dicatat BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total nilai transaksi saham BBTN mencapai Rp17,10 miliar. Adapun total volume saham yang ditransaksikan mencapai 74.442 lot. Dengan laba bersih per saham atau earning per share (EPS) Rp247, maka rasio harga terhadap laba bersih per saham atau price earing ratio (PER) Bank Tabungan Negara 9,35 kali.  Adapun rasio harga terhadap nilai buku (price to book value) alias PBV bank ini adalah 0,99 kali.

Misi Bank BTN

Bank BTN merupakan Bank BUMN Badan Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal Bank BTN ini dimulai pada 1897 di Batavia sejak didirikannya Postspaar bank pada masa pemerintah Belanda.

Seiring perkembangan zaman, kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap Bank BTN telah mengantarkan kami mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugerah Perbankan Indonesia VI 2017 sebagai Peringkat 1 Bank Terbaik Indonesia 2017. 

Dengan adanya penghargaan tersebut, mereka mengukuhkan optimisme perseroan untuk mampu melanjutkan catatan kinerja positif dan mencapai target bisnis perseroan pada tahun tahun berikutnya.

Mereka juga sudah membangun kerja sama yang sinergis dengan seluruh stakeholders dilandasi sikap tulus, terbuka dan mendorong kolaborasi yang produktif dengan menjunjung tinggi sikap saling percaya dan menghargai untuk mencapai tujuan bersama.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BTN memiliki visi dan misi untuk para nasabahnya, yakni:

  1. Berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan, baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan, yang terintegrasi dalam sektor perumahan di Indonesia.
  2. Memberikan layanan unggul dalam pembiayaan kepada sektor perumahan dan kebutuhan keuangan keluarga.
  3. Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategisberbasis digital.
  4. Menyiapkan dan mengembangkan human capital berkualitas, profesional, dan memiliki integritas tinggi.
  5. Meningkatkan shareholder value dengan fokus kepada peningkatan profitabilitas sesuai prinsip kehati-hatian dan good corporate governance.
  6. Memedulikan kepentingan masyarakat sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.

Selagi saham BBTN sedang turun, apa kamu berminat untuk membelinya dan menjadi salah satu pemegang saham di sana? Yuk investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait