Fungsi Uang di Kegiatan Perekonomian Sehari-hari

Fungsi Uang

Pastinya kita sering mendengar istilah “ada uang ada barang” kan. Dari istilah itu, kita bisa menggambarkan fungsi uang secara umumnya. Menurut ilmu ekonomi tradisional, uang diartikan sebagai alat tukar yang bisa diterima oleh umum. Sedangkan uang menurut ilmu ekonomi modern adalah sarana untuk alat pembayaran atau pembelian barang maupun jasa, harta kekayaan, dan alat pembayaran utang.

Secara keseluruhan fungsi uang berarti suatu alat atau benda yang diterima oleh semua pihak untuk mengukur nilai, alat tukar, dan transaksi jual-beli barang dan jasa. Selain itu juga sebagai alat menimbun kekayaan.

Dalam kegiatan perekonomian, fungsi uang dibagi menjadi dua kategori yaitu fungsi asli uang dan fungsi turunan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Asli Uang

·        Sebagai alat barter/tukar

Fungsi utamanya tentu sebagai alat tukar, karena memang uang jadi sarana yang memudahkan untuk pertukaran. Uang ini membuat kegiatan jadi lebih fleksibel untuk menentukan pilihan baik penjual maupun pembeli sehingga tidak akan ada lagi keinginan melakukan timbal balik seperti sistem barter zaman dulu.

·        Satuan hitung

Fungsi uang berikutnya sebagai satuan hitung dan ini sifatnya wajib. Bayangkan jika tidak memiliki satuan hitung, pasti orang akan sulit membedakan dan menentukan harga atau nilai dari suatu produk dan jasa. Kemudian maksud dari satuan hitung itu sendiri adalah perhitungan jumlah besar dan kecilnya transaksi dan pinjaman, serta menunjukkan besarnya kekayaan.

Fungsi Uang Berdasarkan Turunan

·        Menunjukkan nilai atau harga

Uang juga berfungsi sebagai penunjuk harga, baik itu barang ataupun jasa yang sedang diperjualbelikan. Sebelum membeli tentu kamu harus tahu beraga harga produk atau jasa itu.

Dengan kata lain, uang juga digunakan untuk menentukan nilai atau harga. Jika kamu mengetahui harga dari suatu produk, maka kamu bisa memperkirakan berapa yang harus dibayarkan dan untuk menentukan keputusan beli atau tidak.

·        Alat untuk transaksi

Setelah tahu berapa harga dari suatu barang atau jasa tersebut, berikutnya adalah pembayaran. Jika tidak menggunakan uang, kamu tidak akan bisa membeli barang atau jasa yang diinginkan. Artinya fungsi uang sebagai alat untuk bertransaksi atau pembayaran.

·        Mengumpulkan kekayaan

Selain untuk bertransaksi, fungsi uang adalah untuk mengumpulkan harta kekayaan. Tak dapat dipungkiri bahwa uang bagian dari kekayaan seseorang dan juga perusahaan dengan menunjukkan seberapa besar jumlah uang yang menjadi miliknya. Bisa dibilang menyimpan uang sama saja dengan menyimpan harta untuk kekayaan.

·        Pemindah kekayaan

Uang juga berfungsi sebagai pemindah kekayaan, maksudnya bagaimana? Apabila seseorang memiliki kekayaan selain dalam bentuk uang, ia juga bisa memindahkan kekayaannya melalui perantara uang.

Misalnya seseorang yang tinggal di daerah perkotaan ternyata punya sebidang tanah di desa. Nah, tanah tersebut dapat dijual untuk menghasilkan uang dan uang tersebut digunakan lagi untuk membeli tanah atau rumah di kota.

·        Alat penunjang kegiatan sosial dan ekonomi

Uang memberikan pengaruh bagi masyarakat sebagai sarana penunjang kegiatan sosial. Oleh karena itu uang bisa menjadikan seseorang termotivasi untuk mendapatkannya sehingga mereka akan berusaha untuk mencari pekerjaan atau berdagang. Di samping itu, saat ini uang sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat.

·        Membayar utang

Fungsi uang juga dijadikan sebagai alat membayar utang atau menentukan nilai besaran pembayaran wajib.

Bacaan menarik lainnya:

Siamat. (1999). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta:FEUI

Suparmono, Gatot. (2014). Hukum Uang Di Indonesia. Bekasi: Gramata Publishing


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait