Fungsi ATM Selain Tarik Tunai yang Multiguna

fungsi atm
fungsi atm

Tentunya fungsi ATM ada begitu banyak. Bagi kamu yang hanya memanfaatkan atm untuk tarik tunai, ada baiknya kamu baca ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan. Yang namanya mesin, ATM tidak dilayani oleh seorang manusia.

Bagi kamu seorang manusia yang hidup di zaman globalisasi, ATM bukanlah hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, benda yang satu ini sangat mudah ditemui, ada di tempat perbelanjaan, perkantoran, hingga tempat pengisian bahan bakar.

Sejarah ATM

Perlu kamu ketahui, ATM pertama kali muncul di Eropa, Jepang, dan Amerikan sekitar tahun 1950 hingga 1960-an. Hingga saat ini tidak diketahui siapa yang menemukannya, tapi ada beberapa nama yang disinyalir menciptakan alat canggih ini, yakni Donald C Wetze, Luther Simjian, John Stepherd, dan James Godfellow.

Di awal kemunculannya, ATM punya fungsi sebagai peminjam uang. Dengan alat ini, mereka bisa meminjam uang dari mesin tanpa perlu pergi ke bank atau membutuhkan uang di luar jam operasi bank. Seperti yang terjadi di Jepang.

Namun di zaman sekarang, fungsi ATM tidak hanya untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan. Lalu, apa saja fungsi dari mesin tersebut? Berikut hal-hal yang kamu bisa lakukan dengan menggunakan mesin ATM.

Menarik Uang Tunai 24 Jam

Fungsi ATM paling populer adalah menarik uang selama 24 jam. Keberadaan ATM ini membantu nasabah untuk mengambil uang tanpa perlu ke bank. ATM sudah banyak tersebar di mana-mana, yang membuat nasabah tidak perlu khawatir bila ingin menarik uangnya pada malam hari.

Namun, jumlah uang yang ditarik melalui ATM dibatasi sesuai dengan kebijakan di setiap bank. Ada yang Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 untuk penarikan uang dalam sehari. ATM ini menjadi solusi terbaik untuk menarik uang dalam keadaan darurat. Dengan kecanggihannya, banyak nasabah yang memilih untuk menarik uangnya di ATM ketimbang pergi ke bank karena bisa mengantre sangat lama.

Menyetor Uang ke Rekening Tabungan

Fungsi ATM selain tarik tunai adalah menyetor uang ke dalam rekening. Tidak hanya rekening pribadi, kamu juga bisa menyetor uang ke rekening orang lain. Kendati demikian, tidak semua mesin ATM punya fasilitas untuk memasukkan uang ke rekening. Fungsi ATM yang satu ini memudahkan para nasabahnya dalam menghemat waktu untuk menyetor uang rekening.

Melakukan Pengiriman Uang

Fungsi ATM yang selanjutnya adalah, memudahkan para nasabah dalam mengirim uang ke nasabah lainnya atau disebut dengan transfer. Transfer uang ini bisa dilakukan ke sesama bank atau bank lain.

Fungsi yang satu ini sudah tidak asing lagi, terutama bagi masyarakat zaman sekarang yang gemar belanja online dan harus membayar barang pembeliannya dengan cara transfer. Belanja melalui online memang mengharuskan kamu tanpa perlu bertemu dengan penjual, tapi langsung membayar dagangannya.

Membayar Tagihan Rutin

Dulu, sebelum ATM tersebar di seluruh penjuru Indonesia, kamu harus membayar tagihan air, listrik, dan tagihan bulannya dengan sangat merepotkan. Ya, kamu harus membayar tagihannya ke sebuah tempat, misalnya bayar listrik harus ke kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Namun dengan adanya ATM, kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat-tempat pembayaran tagihan. Dalam sebuah ATM, ada fitur penyedia jasa tersebut yang sudah bekerja sama dengan bank yang kamu gunakan. Tidak hanya tagihan air dan listrik, melalui ATM, kamu juga bisa membayar tagihan telepon, internet, TV kabel, asuransi, hingga membayar uang sekolah.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aksi sosial melalui ATM. Ya, kamu bisa menyumbang untuk kegiatan sosial dengan menyalurkan donasi melalui fitur ATM ke lembaga yang telah terpercaya.

Membeli Produk Lainnya

Sejauh ini, tidak hanya produk perbankan yang bisa ditransaksikan melalui ATM. Kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli produk lain yang tidak hanya berhubungan di dunia perbankan. Kamu kini bisa membeli pulsa telepon, tikt pesawat, tiket kereta, hingga tiket untuk menonton bioskop.

Fitur-fitur yang Ada di ATM

  • CPU berfungsi untuk mengontrol antarmuka pengguna dan serta perangkat ATM.
  • Brankas berguna untuk menyimpan uang di dalam ATM.
  • Pemindai magnetik kartu yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kartu pengguna ATM.
  • Keyboard yang digunakan untuk mengetikkan PIN atau nominal uang.
  • Tombol Clear (kuning) berfungsi untuk menghapus seluruh angka salah yang telah diketikkan.
  • Tombol Cancel (merah) biasanya bermanfaat untuk membatalkan transaksi dan langsung mengeluarkan kartu dari mesin.
  • Enter (hijau) yang berfungsi untuk menyetujui angka yang telah dimasukkan.
  • Layar yang biasanya mempermudah nasabah untuk melihat proses transaksi pada mesin ATM.
  • Tombol fungsi di sisi layar punya fungsi untuk memilih jenis transaksi yang diinginkan.
  • Pencetak struk yang berfungsi mencetak bukti transaksi yang telah dilakukan.

Perangkat Lunak di ATM

Perangkat lunak yang ada di ATM sama seperti ‘jeroan’ komputer. Fungsinya pun sama, yakni memberikan perintah dengan tujuan agar perangkat keras bisa bekerja sesuai kegunaannya masing-masing, Untuk itu, perangkat lunak sama pentingnya dengan perangkat keras yang digunakan pada ATM.

Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial “diluar cangkang”, dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.

Hari ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait