Bisnis & Kerja Sampingan

Fanpage, Media Populer untuk Membangun Brand

Ajaib.co.id – Saat ini, pebisnis online banyak memanfaatkan kepopuleran media sosial untuk dijadikan sebuah fanpage. Bagi kamu yang belum tahu apa itu fanpage, kamu bisa mencari tahu informasi tersebut melalui pembahasan artikel menarik berikut ini.

Di era digitalisasi seperti sekarang, banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial atau social networking untuk membantu bisnis mereka agar semakin dikenal oleh banyak orang.

Lantaran, penggunaan media sosial sebagai media pemasaran sebenarnya gratis atau tanpa dipunggut biaya. Kecuali, jika kamu menggunakan iklan berbayar lewat platform media sosial seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau lainnya.

Namun, ada salah satu strategi media pemasaran secara online yang paling digemari oleh seluruh pebisnis yang ada di luar sana yakni lewat Fanpage Facebook.

Biasanya, strategi pemasaran ini sering dilakukan oleh para pemilik bisnis ketika ingin menawarkan produk yang ingin dijual secara online. Di mana, memiliki fan page sebagai media pemasaran lewat media sosial menjadi salah satu langkah tepat untuk memulai transformasi bisnis ke arah digital.

Bahkan, cara-cara pemasaran yang masih dianggap konvesional seperti door to door sudah tidak relevan lagi. Sebab, pelanggan-pelanggan yang didatangi oleh sales biasanya merasa terganggu aktivitasnya di rumah, hal ini tentunya akan berujung kepada penolakan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Inilah alasan mengapa strategi pemasaran door to door sudah tidak efektif lagi. Kini, pebisnis mulai beralih ke strategi pemasaran lainnya yang dinilai lebih efektif dan lebih murah biaya yakni lewat fanpage.

Apa Itu Fanpage?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat fanpage, dan manfaatnya untuk bisnis, kini redaksi Ajaib ingin menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari Fanpage.

Fanpage adalah sebuah halaman yang bisa kamu akses lewat internet, di mana fanpage ini bisa berupa halaman Facebook, blog, dan lainnya. Intinya, fanpage bisa diartikan sebagai sebuah wadah untuk berkomunikasi antara pemilik bisnis dengan target audiensnya.

Contoh fanpage misalnya kamu adalah seorang penggemar sepakbola dan sangat menggilai klub Manchester United, di mana kamu tidak ingin ketinggalan sedikit pun informasi terbaru dari Manchester United baik itu jadwal pertandingan, informasi transfer pemain, dan lain-lain.

Untuk memuat informasi-informasi terkini yang berkaitan tentang Manchester United, tentunya pihak Manchester United membutuhkan suatu platform yang bisa memudahkan mereka untuk menyampaikan informasi terkini saat ini.

Kemudian, Manchester United akan membuat sebuah fanpage berupa website maupun akun media sosial resmi milik mereka agar memudahkan para penggemarnya untuk mengetahui informasi terbaru tentang klub kesayangannya tersebut. Hal ini bisa termasuk informasi penjualan merchandise, tiket pertandingan, dan sebagainya.

Jadi, kelebihan fanpage adalah sebagai wadah atau tempat berinteraksi antara pengguna layanan dan pemilik bisnis. Di mana, kamu sebagai pemilik bisnis bisa lebih mudah menyampaikan informasi kepada orang-orang yang tergabung dalam fanpage tersebut yang memiliki ketertarikan yang sama dengan produk ingin kamu pasarkan.

Inilah kelebihan dari pemasaran lewat fanpage dibanding kamu menggunakan strategi door to door, setiap pelanggan yang kamu tawarkan belum tentu memiliki ketertarikan atau kebutuhan akan produk-produk tersebut.

Perbedaan Facebook Ads dan Fanpage

Walaupun sama-sama strategi pemasaran secara online lewat media sosial, namun strategi pemasaran melalui fanpage tidaklah sama dengan Facebook Ads.

Sebab, seperti yang sudah dijelaskan oleh redaksi Ajaib di awal artikel bahwa Facebook Ads adalah iklan berbayar yang menjangkau hingga ribuan atau ratusan ribu orang berdasarkan target audiens yang ingin kamu targetkan berupa video, teks, gambar, dan website.

Sedangkan, fanpage ini terlihat lebih natural karena ketika kamu posting foto, video, dan lainnya. Orang-orang yang melihat tidak akan melihat konten tersebut dengan adanya tanda konten sponsor. Namun, bagi kamu yang ingin meningkatkan jumlah pengikut Fanpage Facebook milikmu, kamu bisa menggunakan Facebook Ads untuk menambah like dan follower.

Perbedaan yang paling mencolok antara Facebook Ads dan Fanpage Facebook adalah Facebook Ads dioperasikan secara berbayar, sedangkan Fanpage Facebook itu gratis dalam penggunaan layanannya.

Cara Membuat Fanpage Facebook Gratis dengan Mudah

Untuk kamu yang ingin membuat Fan page Facebook, kamu perlu memiliki akun pribadi terlebih dahulu di Facebook. Kemudian, bila kamu sudah memiliki akun pribadi Facebook, kamu bisa ikuti cara-cara membuat Fanpage Facebook gratis di bawah ini:

·      Masuk ke akun Facebook milikmu, klik tanda panah ke bawah yang terletak di pojok kanan atas layar.

·      Lalu pilih Buat Halaman.

·      Muncul beberapa pilihan menu yang perlu kamu isi seperti Artis, Merek atau Produk, Hiburan, Tempat atau Bisnis Lokal, Perusahaan, atau Komunitas. Kamu bisa pilih salah satu dari pilihan menu tersebut.

·      Misalnya kamu pilih menu Artis, kemudian kamu perlu mengisi nama artis tersebut.

·      Lalu, kamu perlu mengisi sebuah form dengan melalui 4 tahapan yakni Tentang, Foto Profil, Tambahkan ke Favorit, dan Pemirsa Halaman Pilihan.

·      Kamu bisa memasukkan situs milikmu dan foto profil, jika sudah selesai kamu bisa klik Simpan.

·      Bila kamu sudah mengikuti langkah-langkah ini hingga selesai, halaman Facebook milik kamu sudah berhasil dibuat dan kamu sudah bisa mulai melakukan postingan, serta mengundang teman-temanmu untuk menyukai dan mengikuti halaman Facebook milikmu tersebut.

Salah satu cara menumbuhkan jumlah orang yang menyukai dan mengikuti halaman Facebook milikmu adalah dengan cara menggunakan fitur Facebook Ads, atau berteman dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Fanpage Facebook yang kamu buat tersebut dengan mengundang mereka untuk menyukai dan mengikuti halaman tersebut.

Kamu bisa membagikan postingan di halaman Facebook tersebut dengan produk-produk yang kamu jual di berbagai marketplace. Hal ini bisa semakin meningkatkan jumlah kunjungan ke toko online milikmu.

Fanpage adalah istilah yang dikenal dalam media sosial seperti Instagram dan Facebook, bila di Facebook jumlah pertemanan hanya maksimal 5.000 orang, sedangkan untuk Fanpage Facebook tidak ada batasan sama sekali terkait jumlah pertemanan.

Ini menjadi keuntungan ketika mayoritas pengguna media sosial banyak berasal dari Facebook sebagai sosial media nomor satu di dunia, sehingga akan ada banyak sekali interaksi antara brand dan pelanggan potensial yang bisa membantu meningkatkan omzet penjualan bisnismu lewat digital dengan biaya pemasaran yang sangat minim.

Artikel Terkait