Bisnis & Kerja Sampingan

6 Strategi Pemasaran Online yang Dibutuhkan Setiap Pengusaha

strategi pemasaran online

Strategi pemasaran online apa sih yang harus diterapkan untuk sekarang ini? Jika kamu memiliki pertanyaan tersebut, redaksi Ajaib memiliki jawabannya dalam ulasan mengenai strategi pemasaran online ini.

Internet telah secara radikal mengubah cara kami membangun dan mempromosikan bisnis. Hal ini membuat akses ke sumber daya yang jauh lebih banyak dan jauh lebih potensial daripada sebelumnya. Jadi, mengapa begitu banyak pengusaha yang akhirnya mengabaikan peluang yang bermanfaat ini dengan menghentikan pemasaran, atau menundanya sebagai pengeluaran yang tidak perlu?

Cara melihatnya: ada beberapa strategi pemasaran online yang kamu butuhkan, bahkan membuat kamu tidak akan dapat berkembang tanpa mereka.   

Kriteria untuk “Perlu”

Semua strategi yang memenuhi syarat sebagai “perlu” menunjukkan sifat-sifat berikut:

  • Diharapkan. Orang-orang berharap kamu memiliki barang-barang ini di tempat, dan jika kamu tidak memilikinya , mereka mungkin kurang memikirkan perusahaan kamu.  
  • Dapat diakses. Tidak satu pun dari strategi ini yang sulit atau rumit; mungkin ada sedikit kurva pembelajaran, tetapi pada tingkat tertentu, ini adalah strategi yang dapat diakses.   
  • Terjangkau. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk salah satu dari strategi ini, membuatnya mudah untuk dibeli adalah hal yang penting bahkan untuk startup dengan anggaran terbatas.  
  • Berharga. Semua strategi ini menawarkan pengembalian/penjualan kembali dengan potensial tinggi, yang berarti bahwa layanan atau produk yang kamu berikan menarik minat calon konsumen dengan mengedepankan nilai sebuah produk.
  • Peka waktu. Semakin banyak waktu kamu berinvestasi dalam strategi ini, semakin kuat mereka jadinya. Semakin cepat kamu terlibat, semakin besar hasil yang berpotensi untuk didapatkan. 

Kombinasi dari faktor-faktor inilah yang membuat pekerjaan kamu di bidang ini diperlukan. Ini adalah strategi yang dianggap “perlu” bagi semua perusahaan: 

Personal Branding

Bisnis yang sukses dapat menghasilkan satu ton momentum dari pengusaha sukses yang memimpin mereka. Branding citra perusahaanmu sendiri, di depan perusahaan yang kamu jalankan, memberikan kamu kesempatan untuk meningkatkan citra pribadi yang lebih dapat dipercaya untuk mempromosikan merek kamu. 

Ini juga memberi kamu lebih banyak kekuatan untuk bertemu dan berjejaring dengan orang lain, membentuk lebih banyak kemitraan dan memberikan dukungan kepada organisasi kamu yang tanpa wajah. Dan itu gratis untuk dilakukan, dari sudut pandang moneter, meskipun kamu perlu untuk menginvestasikan sedikit banyak waktu untuk membuatnya benar-benar dipercaya. 

Pemasaran Konten

Pemasaran konten mengambil berbagai model, dan tergantung pada bagaimana kamu membentuk strategi kamu, yang nantinya akan dapat mencapai sejumlah tujuan yang berbeda. Misalnya, kamu dapat menggunakan buku putih, ebook, dan konten jangka panjang lainnya untuk menarik unduhan, pendaftaran, dan konversi, atau kamu dapat menggunakan blog untuk menarik lebih banyak lalu lintas masuk ke situs kamu.   

Kamu bahkan dapat menggunakan konten sebagai bentuk bantuan dan pemecahan masalah, atau kombinasi dari beberapa hal tersebut. Pemasaran konten sangat fleksibel dan berguna, dan, jika itu sangat berguna, pelanggan kamu akan mengharapkanmu untuk memiliki setidaknya beberapa di antaranya untuk mereka. 

Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

SEO adalah proses membuat situs kamu lebih terlihat di mesin pencari, sehingga kamu mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari orang yang mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan. Sebagian besar peringkat posisi pencarian organik kamu berasal dari struktur teknis situs kamu dan strategi pengembangan konten kamu yang berkelanjutan.

Jadi, SEO tidak lebih dari investasi jika kamu sudah membuat konten baru secara teratur – dan layak investasi tambahan itu jika tanpa alasan lain selain memastikan situs kamu diindeks dengan benar.  

Optimasi Konversi

Sebagian besar strategi ini bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak orang di situs kamu, tetapi apa yang dilakukan orang-orang itu begitu mereka ada di sana? Optimasi konversi membantu kamu memastikan kamu mendapatkan nilai lebih dari setiap pengunjung dengan memaksimalkan tingkat konversi kamu.

Terkadang, ini berarti termasuk lebih banyak peluang konversi, dan di lain waktu, meningkatkan yang sudah kamu miliki.

Pemasaran Media Sosial

Strategi pemasaran online melalui media sosial bukanlah skema cepat kaya yang mungkin kamu janjikan , tetapi ada potensi signifikan dalam membangun dan memelihara audiens media sosial. Sekali lagi, konten akan mulai banyak dimainkan di sini, karena kemungkinan akan menjadi faktor yang menarik audiens kamu untuk memulai. Di sini, kamu berdiri untuk mendapatkan visibilitas merek yang lebih besar, reputasi yang lebih besar, dan lalu lintas jauh lebih banyak dengan tautan sindikasi kamu.  

Pemasaran Email

Pemasaran email memiliki potensi mencengangkan untuk ROI karena hampir tidak ada biaya untuk dieksekusi. Mulailah mengumpulkan pelanggan dari basis pelanggan kamu yang ada, pengikut media sosial kamu dan peluang baru lainnya; dari sana, bahkan nawala konten sederhana dapat membantu kamu mendorong lalu lintas berulang ke situs kamu, memfasilitasi lebih banyak keterlibatan dengan merek kamu dan menjaga merek kamu selalu diperhatikan oleh audiens kamu.  

Seperti yang mungkin kamu perhatikan dari deskripsi ini , ada satu keuntungan utama yang ditawarkan strategi ini: Semuanya bekerja bersama. Sementara mereka dapat dikejar secara individual, masing-masing menghubungkan dengan dan memberi makan yang lain dengan beberapa cara. Jika kamu mengejar mereka semua, melengkapi upaya kamu di berbagai bidang ini, kamu akan melihat potensi pengembalian yang lebih tinggi. Semangat!

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis dan start-up, kamu bisa membuka artikel lainnya di bagian ‘Belajar’ di situs Ajaib. Banyak artikel yang membahas tentang pemasaran dan bagaimana cara menjual produk yang kamu miliki, atau mengembangkan komunikasi antara pegawai dan atasan.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait