Ajaib.co.id – Peran media sosial kini tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja, namun bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis sebagai media promosi. Lalu, apa lagi peranan dari media sosial ini?
Perkembangan media sosial dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini sejalan dengan teknologi yang juga semakin canggih. Di mana, hampir setiap orang memiliki smartphone untuk mengakses media sosial. Bisa dikatakan media sosial menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya.
Hal ini bisa menjadi kesempatan kamu dalam mengembangkan bisnis dengan bajet yang murah atau mungkin bisa dibilang gratis. Kamu bisa mengembangkan bisnis dengan cara memasarkannya melalui media sosial. Mulai dari bisnis makanan, minuman, aksesoris, pakaian, dan jenis bisnis lainnya.
Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan baru yang ingin mencoba produk yang dijual. Selain memasarkan produk dari bisnis yang dimiliki, media sosial ternyata memiliki fungsi lain yang sama-sama bertujuan mengembangkan dan meningkatkan performa bisnis ke depan.
Lalu, fungsi atau manfaat apa yang dimaksud? Simak penjelasan peran media sosial untuk mengembangkan bisnis berikut ini.
Media Sosial sebagai Media Promosi
Fungsi atau manfaat yang paling mudah dirasakan untuk perkembangan bisnis kamu adalah sebagai media promosi. Kamu bisa menggunakan berbagai macam media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya, dalam proses memperkenalkan produk yang dimiliki. Melalui Instagram dan Facebook, kamu bisa memperlihatkan produk dari bisnis melalui foto-foto yang menarik.
Kamu bisa memberikan informasi menarik seperti promosi potongan harga atau diskon dan beli satu gratis 1 melalui media sosial. Dengan begitu akan menarik calon pembeli untuk berkunjung ke media sosial dan membeli produk kamu. Media sosial sebagai media promosi pastinya tidak membutuhkan bujet promosi yang besar, bahkan gratis.
Namun, dampak yang akan diberikan cukup besar untuk mengembangkan bisnis kamu khususnya pada calon pelanggan nantinya. Apalagi kamu bisa memanfaatkan media sosial ini untuk mendapatkan pelanggan dari luar kota, pulau, bahkan negara tempat kamu tinggal sehingga tidak akan terbatas dengan jarak.
Selain itu, peran media sosial sebagai media promosi juga akan menghemat waktu dan mempercepat proses promosi yang dilakukan. Calon pelanggan kamu bisa langsung melihat dan bertanya ketersediaan stok jika tertarik untuk membeli.
Peran Media Sosial sebagai Alat untuk Melihat Selera Pasar
Setiap orang yang memiliki media sosial pasti juga memiliki ketertarikan atau selera yang berbeda-beda akan suatu barang. Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa melihat selera pasar yang sedang tinggi. Misalnya saja, produk yang kamu hasilkan itu target pasarnya antara usia 18-25 tahun. Kamu bisa melihat ketertarikan mereka dengan ukuran mana yang paling tinggi.
Ketika kamu sudah dapat pola pasar yang lebih tertarik akan suatu hal, misalnya saja pakaian atau fashion ala kpop, kamu bisa membuat produk pakaian yang cenderung ke arah tersebut. Bukan tidak mungkin produk yang kamu hasilkan akan banyak dicari untuk didapatkan. Dengan memanfaatkan media sosial juga kamu bisa fokus menargetkan pasar di beberapa kalangan sebagai pelanggan setiap dari produk yang dijual.
Media Sosial untuk Lebih Dekat kepada Para Pelanggan
Memiliki bisnis bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan dari setiap barang yang terjual saja. Namun, kepuasan pelanggan akan produk yang mereka nikmati juga menjadi tanggung jawab kamu sebagai pebisnis. Dengan kamu memberikan pengalaman yang baik ketika berbelanja produk, mereka akan kembali membeli produk kamu di lain waktu.
Kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada pelanggan lewat media sosial. Di mana, kamu bisa bertanya atau memberikan waktu kepada mereka untuk memberikan kritik serta saran.
Mulai dari kualitas produk atau layanan yang mereka dapat saat membeli produk. Hal ini tentu bisa menjadi evaluasi bagi kamu dalam meningkatkan bisnis meliputi kualitas produk, kuantitas produk, dan layanan pembelian agar lebih baik lagi.
Media Sosial untuk Melihat Kompetitor
Di dalam dunia bisnis, mencari kompetitor yang menjual produk sama seperti bisnis kamu merupakan hal yang penting. Hal ini kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dari bisnis. Kamu bisa melihat melalui media sosial kompetitor, lalu mempelajari bagaimana bisnis mereka berjalan dengan baik.
Hal ini meliputi cara promosi, penawaran yang diberikan, inovasi dari setiap produk baru yang mereka jual ke pasar. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana mereka memberikan layanan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan kepada para pelanggannya.
Dengan begitu, kamu bisa mempelajari dan mengambil hal baik untuk diterapkan pada bisnis kamu sendiri.
Media Sosial untuk Mencapai Target
Untuk mencapai target yang diinginkan, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai alat. Di mana, kamu dapat membuat penawaran-penawaran menarik untuk dapat dinikmati para pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menawarkan produk-produk menarik tersebut seperti bundling produk dengan harga yang menarik atau mungkin gratis ongkos kirim.
Beberapa penawaran yang kamu buat ini dapat mendongkrak penjualan dan brand awareness terhadap bisnis yang dibangun. Hal ini tentu akan membuat kamu dapat mencapai target yang diharapkan. Kamu bisa mencapai target yang diinginkan tentunya dengan bujet yang sangat murah dengan memanfaatkan media sosial.
Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan bisnis adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Banyak brand-brand besar yang membangun bisnis mereka dimulai dengan memanfaatkan media sosial. Untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam membangun bisnis, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial dengan baik.
Selain bisnis yang kini bisa dipasarkan secara online melalui media sosial, kamu juga bisa berinvestasi secara online. Ada banyak instrumen investasi yang bisa digunakan secara online, salah satunya adalah investasi reksa dana.
Investasi reksa dana kini sudah banyak digunakan oleh orang-orang karena kini kamu bisa berinvestasi reksa dana secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.
Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya reksa dana. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana syariah, dan jenis reksa dana lainnya.
Selain itu, berinvestasi reksa dana di Ajaib juga membantu kamu dalam merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti mempersiapkan biaya pernikahan, biaya membuka bisnis, membeli rumah, membeli kendaraan, dan masih banyak lainnya. Tentunya dengan keuntungan besar dan tingkat risiko turun yang rendah.
Ajaib juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, jadi kamu tidak perlu ragu dan khawatir uang yang kamu investasikan akan berkurang atau hilang. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.