Definisi E-billing Pajak dan Panduan Lengkap Menggunakannya

definisi e-billing pajak
definisi e-billing pajak

Masih bingung dengan definisi e-billing pajak? Jangan khawatir. Pasalnya, redaksi Ajaib akan membahas mengenai definisi e-billing pajak beserta panduan lengkapnya untuk kamu.

E-billing pajak, mendengar kalimat ini kamu pasti langsung mudah dengan cepat memahami bahwa e-billing pajak adalah sistem pembayaran pajak yang dilakukan secara elektronik. Dirjen Pajak selaku pihak yang bertanggungjawab terhadap aliran pajak di Indonesia merangkul teknologi untuk semakin menggiatkan wajib pajak di Indonesia yang jumlahnya masih minim.

Menggali lebih dalam tentang e-billing pajak juga bagaimana panduan yang tepat adalah indikasi penting bahwa kamu mau menjadi seorang wajib pajak yang taat membayarkan pajak.

Definisi E-billing Pajak

Seperti yang telah disinggung di atas, e-billing pajak adalah sistem pembayaran pajak yang dilakukan secara elektronik. Caranya, dengan menggunakan kode billing yang ada pada aplikasi SSE Pajak Online keluaran Dirjen Pajak.

Dikelola dan diawasi oleh Direktorat Jendral Pajak, e-billing pajak tentunya menjadi cara yang lebih efektif untuk membayarkan pajak. Kode billing pajak sendiri didapatkan setelah seorang wajib pajak melakukan suatu jenis pembayaran atau setoran. Nantinya, kode billing pajak akan berfungsi sebagai kode identifikasi.

Hal Wajib untuk Membayar Menggunakan E-billing Pajak

Sebelum melakukan pembayaran pajak melalui e-billing pajak, kamu harus melakukan beberapa hal di bawah ini. Jika tidak, maka proses e-billing pajak kamu tidak akan berhasil.

  • Registrasi akun e-billing pajak kamu
  • Kode ID e-billing pajak harus dibuat
  • Cetak kode e-billing pajak yang ada
  • Lalu, membayar pajak online

Semua hal ini tentunya mudah dilakukan, bukan?

Istilah dalam E-billing Pajak

Setelah mengetahui definisi dari e-billing pajak dan hal yang perlu dipersiapkan. Kini, untuk mempermudah proses pembayaran pajak kamu, berikut beberapa istilah yang akan kamu temukan dalam e-billing pajak.

  • Sistem billing: istilah ini mengacu kepada informasi yang dikelola oleh masing-masing biller yang akan melakukan administrasi secara elektronik
  • Biller: adalah Unit Eselon 1 Kementrian Keuangan yang diberikan mandat dan kewenangan untuk mengelola sistem billing juga termasuk menerbitkan kode billing.
  • Billing system: seperti namanya, billing system mengacu kepada metode pembayaran elektronik dengan menggunakan kode billing.
  • Kode billing: kode identifikasi yang telah diterbitkan oleh sistem billing terhadap sebuah jenis pembayaran atau setoran.

Melihat definisi, hal wajib dan istilah yang ada dalam e-billing pajak, maka kini sudah tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk terlambat atau tidak membayar pajak sama sekali. Selain digunakan untuk membangun sarana kota, dengan kamu membayar pajak melalui e-billing pajak, maka kamu juga telah memberikan dampak yang besar kepada lingkungan untuk semakin sadar diri akan wajib pajak.

Pajak bukanlah satu-satunya topik yang bisa kamu pelajari di blog Ajaib Indonesia. Masih ada tips finansial sederhana, tips investasi hingga tips melakukan perencanaan keuangan yang baik yang bisa kamu baca untuk memperkaya pengetahuan kamu tentang dunia finansial di Indonesia.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait