Perencanaan Keuangan

Dapat Uang Kaget? Ini Dia Cara Mengelolanya

Ajaib.co.id – Ayo ngaku, kamu pasti pernah berharap mendapatkan uang berlimpah secara tiba-tiba seperti dalam program ‘Uang Kaget’, kan? Ketemu dengan Mr. Money, lalu diberikan sejumlah uang yang harus dihabiskan dalam batas waktu yang ditentukan, pastinya akan membuatmu tergiur, bukan?

Ketika mendapatkan uang kaget, kebanyakan orang akan menghabiskannya untuk hal-hal yang konsumtif saja. Mengapa hal itu bisa terjadi? Lalu, bagaimana sebaiknya mengelola uang kaget tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini:

Apa itu Uang Kaget?

Uang kaget adalah uang yang didapatkan secara tidak diduga. Tidak seperti dalam acara variety show tersebut, dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa saja mendapatkan uang kaget, lho. Biasanya uang ini didapatkan melalui hadiah kuis, undian ataupun penjualan barang. 

Mendapatkan uang kaget melalui hadiah kuis atau undian memang hal yang paling sering terjadi. Namun bagaimana dengan penjualan barang? Cara ini memang sedikit lebih langka dibandingkan dengan hadiah kuis atau undian. Penjualan barang yang bisa membuatmu kaya mendadak sudah banyak terjadi, lho. Biasanya barang yang dijual adalah barang yang tergolong langka. 

Salah satu contoh nyata keberuntungan orang yang mendapatkan uang kaget adalah Aris Suwannasang yang merupakan seorang nelayan Thailand. Dia menjadi kaya mendadak setelah menemukan gumpalan muntahan ikan paus (ambergris) di pantai Nakhon Si Thammarat, Thailand selatan. Muntahan paus tersebut dihargai sebesar 96.000.000 baht atau Rp45 miliar untuk 100 kg ambergris yang ditemukannya. 

Bisa juga seperti kejadian yang dialami oleh Josua Hutagalung baru-baru ini. Rumahnya di Desa Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara tertimpa batu meteor. Harga pecahan batu seberat 1.800 gram tersebut dapat dijual sebesar 1,4 juta poundsterling atau Rp 26 miliar. Fantastis,bukan?

Kesalahan Umum dalam Mengelola Uang Tambahan

Kebanyakan orang tidak bijak dalam mengelola uang kaget sehingga menyebabkan dana tersebut habis tidak bersisa dalam sekejap. Biasanya hal itu dipengaruhi oleh:

  • Memenuhi Prinsip Y-O-L-O

Kamu pasti pernah mendengar tentang prinsip you only live once yang artinya kamu hanya hidup sekali, kan? Prinsip ini lebih mengarah untuk tidak perlu pikir panjang dalam menghabiskan seluruh uang tersebut. Cukup gunakan untuk bersenang-senang. Hal ini tentu yang membuat uang yang didapatkan tersebut habis dalam waktu yang singkat.

  • Memborong Tanpa Pikir Panjang

Kebiasaan ini juga tidak harus kamu lakukan saat mendapatkan uang kaget. Ketika kamu menginginkannya dan merasa memiliki uang, akhirnya kamu akan langsung membelinya. Padahal, belum tentu barang tersebut bermanfaat buat jamu. Alhasil barang-barang tersebut menjadi useless

  • Digandakan Secara Instan

Hal ini juga sering dijumpai dalam masyarakat. Tidak hanya menggunakan uang kaget, uang yang menjadi kebutuhan sehari-hari juga terkadang digunakan untuk mendapatkan hasil instan. Apalagi dengan uang yang diterima secara mendadak, tentunya beberapa orang akan semakin mengharapkan nominal yang diperoleh semakin bertambah dengan cepat dan tidak jarang langkah-langkah ilegal pun ditempuh, seperti judi.

Kemana uang kaget sebaiknya dialokasikan?

Mendapatkan uang kaget tentu sangat membahagiakan. Tetapi bila tidak dikelola dengan baik, maka hal ini hanya akan menyisakan penyesalan saja. Ketika mendapatkan uang kaget, kamu tidak boleh terlalu larut dan merasa banyak uang. Kamu bisa mengalokasikan uang tersebut dengan tujuan-tujuan antara lain:

1. Zakat

Memberikan zakat saat mendapatkan uang kaget tidak ada salahnya untuk dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas rejeki yang diterima. Uang yang diperoleh selama didapatkan tidak melalui perjudian, termasuk sumber harta yang mesti dikeluarkan zakatnya. 

Hadiah berupa uang tunai atau barang yang pajaknya ditanggung oleh penerima, zakatnya akan dihitung setelah dipotong pajak. Berikut pembagian perhitungan zakat dari uang hadiah:

  • jika cara memperolehnya memerlukan keterlibatan secara tenaga dan pikiran maka zakat 2,5 persen;
  • jika cara memperolehnya sedikit keterlibatan maka zakat 5-10 persen;
  • jika cara memperolehnya benar-benar tidak terduga maka zakat 20 persen.

2. Bayar Utang

Ketika kamu mendapatkan uang kaget dan kamu memiliki cicilan atau utang, maka sebaiknya kamu menggunakan uang tersebut untuk melunasi utang-utangmu. Mendapatkan uang tambahan tentu akan memperbaiki keadaan finansialmu.

Dalam melunasi utang tersebut, kamu harus terlebih dahulu membuat daftar utang. Lalu, mulailah melunasi hutang yang memiliki nilai yang besar terlebih dahulu atau memiliki jangka waktu yang pendek. Karena kedua hal ini tentu akan meringankan beban keuanganmu di kemudian hari.

3. Tujuan Keuangan Jangka Pendek

Uang kaget memang sebaiknya tidak perlu disimpan terlalu lama. Apabila kamu tidak memiliki utang, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk dana daruratmu atau kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk renovasi rumah atau membeli peralatan rumah tangga.

Kamu hanya perlu menyesuaikan penggunaan uang tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jangan malah menggunakannya untuk membeli barang-barang konsumtif. Hal ini pada akhirnya akan membuat uang tersebut habis sia-sia.

4. Dana Investasi

Kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk investasi, lho. Persentase penempatannya sesuaikan dengan tujuan investasimu. Kamu bisa menempatkannya dalam instrumen investasi jangka menengah atau jangka panjang, agar bisa mendapatkan hasil return yang optimal. Tentu kamu tidak berharap mendapatkan return tinggi dalam waktu singkat, kan?

Kamu bisa menempatkan uang tersebut dalam reksa dana, lho. Selain kamu tidak perlu repot untuk mengelolanya, dana kamu juga akan dikelola dengan baik untuk mendapatkan return yang baik juga. Sehingga keuntungan dari uang tersebut dapat dijadikan keuntungan yang baru. Wah, caranya bagaimana? Gampang banget!

Kamu dapat menggunakan aplikasi investasi Ajaib sebagai wadah perantara investasi, lho. Dalam Aplikasi Investasi Ajaib, dana tersebut akan dikelola oleh manajer Investasi terbaik dalam negeri. Selain itu, Aplikasi Investasi Ajaib itu mudah digunakan, aman dan telah mendapatkan izin dari OJK. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib, ya! 

Sumber: Mengeluarkan Zakat Hadiah dari Undian, Uang Kaget, Mendadak Dapat Banyak Uang? Yuk, Gunakan Secara Bijak!, Nelayan Ini Kaya Mendadak Setelah Temukan Muntahan Ikan Paus, dan 5 Fakta “Batu Meteor” Senilai Rp 26 Miliar Milik Josua, Hangat Saat Diangkat hingga Dijadikan Batu Cincin, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait