Ciri-Ciri Hukum & Manfaatnya untuk Bisnis

Ciri-Ciri Hukum & Manfaatnya untuk Bisnis
Ciri-Ciri Hukum & Manfaatnya untuk Bisnis

Hukum sendiri bisa diartikan sebagai peraturan-peraturan yang dibuat resmi oleh pemerintah melalui lembaga hukum. Hukum bersifat memaksa dan memiliki sanksi yang mengikat bagi siapa saja yang melanggarnya. Tujuan diadakannya hukum adalah untuk menciptakan dan mengatur tingkah laku manusia dalam bermasyarakat yang tertib dan diharapkan mampu melindungi setiap manusia. Itulah ciri-ciri hukum pada umumnya.

Sedangkan, definisi hukum dalam bisnis bersifat mengikat yang berisi peraturan hukum dari pemerintah untuk mengatur setiap aktivitas bisnis. Baik dalam bentuk kepemilikan seperti perorangan, firma, perseroan terbatas dan lain lain.  Hukum dalam bisnis juga untuk menjaga hak serta kewajiban, agar tidak dirugikan. Jika dikemudian hari ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pebisnis, maka akan mendapat sanksi sesuai ketetapan dari pemerintah.

Fungsi & Ciri Ciri Hukum Dalam Bisnis

a. Hukum Sebagai Sumber Informasi

Hukum sebagai sumber informasi terutama bagi seseorang yang memulai bisnis untuk pertama kalinya. Pastinya hukum perusahaan akan membantu menerapkan semua aturan yang memiliki sifat memaksa dan mengikat, baik bagi konsumen, investor atau karyawan.

b. Memahami Hak Dan Kewajiban Dalam Bisnis

Hak dan kewajiban adalah etika dalam bisnis. Hak adalah yang diberikan kepada konsumen atau karyawan. Sedangkan kewajiban adalah yang harus dilakukan karyawan kepada perusahaan. Hak dan kewajiban adalah isu serius dalam ranah publik.

c. Menciptakan Bisnis Yang Sehat

Dengan mengatasnamakan bisnis, kadang pebisnis melakukan cara kotor untuk mencapai target. Hal tersebutlah yang membuat resah banyak pihak. Seharusnya dalam bisnis mengedepankan cara yang sehat agar bisnis tidak mendapatkan banyak konflik.

Ciri-ciri hukum dalam bisnis, sebagai sistem yang telah ditentukan oleh pemerintah memiliki fungsi diantaranya untuk menjembatani serta mewujudkan aktivitas bisnis yang sehat. Hal ini seharusnya mampu mengubah pola pikir pebisnis yang curang.

Manfaat Bisnis Berbadan Hukum

a. Sarana Perlindungan Hukum

Jika kamu mendirikan bisnis berbadan hukum, berarti bisnis kamu memiliki izin usaha. Dengan begitu kamu menjauhkan dari tindakan penertiban dan pembongkaran. Efek yang dapat kamu rasakan adalah rasa aman dan nyaman saat menjalankan bisnis.

b. Sarana Promosi

Dengan mengurus dokumen hukum terkait bisnis mu. Secara tidak langsung kamu melakukan serangkaian promosi. Karena dalam pencatatan izin usaha dilakukan berbagai tahap. Setelah selesai, promosi secara administratif dan inventaris dapat mulai dilakukan

c. Bukti Kepatuhan Aturan Hukum

Jika bisnismu memiliki unsur legalitas tersebut, itu berarti kamu telah menaati hukum yang berlaku. Dengan begitu secara tidak langsung kamu sudah menegakkan budaya disiplin. Hal tersebut merupakan bentuk kecil atas tindakan yang dapat dilakukan kepada negara.

d. Mempermudah Bisnismu Mendapat Proyek

Ada banyak jenis bisnis, seperti bidang produksi atau perumahan yang tidak terlepas dari pemenangan tender atas suatu proyek. Dalam suatu tender, setiap peminat harus memiliki dokumen hukum untuk mengikuti pelelangan perlindungan hukum tender.

e. Mempermudahmu Dalam Pengembangan Usaha

Dengan memiliki izin bisnis, maka kamu akan semakin mudah untuk mendapatkan modal tambahan dari lembaga seperti Bank untuk pengembangan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Itulah beberapa ciri-ciri hukum dan manfaat bisnis kamu jika berbadan hukum. Tentunya banyak nilai lebih yang akan kamu rasakan dalam menjalankan bisnismu kedepannya jika sudah berbadan hukum.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait