Cek Emas Asli dan Palsu dengan Mengunjungi Toko Emas Terdekat

Cek Emas Asli dan Palsu dengan Mengunjungi Toko Emas Terdekat
Cek Emas Asli dan Palsu dengan Mengunjungi Toko Emas Terdekat

Toko emas terdekat sering menjadi faktor yang disepelekan dalam investasi emas. Padahal, selain untuk melakukan penjualan, toko emas terdekat yang diisi oleh tenaga profesional bisa memberikan kamu pemahaman tentang bagaimana dunia emas bekerja, dengan salah satu yang paling mendasar adalah perbedaan antara emas asli dan palsu.

Mengetahi perbedaan antara emas asli atau palsu tentunya sangat penting karena mayoritas pembeli emas memiliki tujuan untuk berinvestasi. Nah, jika kamu ingin investasi emas namun tidak memiliki waktu untuk mengunjungi toko emas terdekat guna mengetahui perbedaan emas asli atau palsu, ikuti tips membedakan emas asli atau palsu di bawah ini.

Lihat nomor resmi

Tanda atau cap yang ada di emas sangat penting, karena biasanya menunjukkan persentase berapa karat emas itu sendiri atau informasi detil lainnya. Di toko emas terdekat; baik toko emas semar maupun toko emas cikini, kamu akan mendapatkan pengetahuan ini.

Tanda atau cap biasanya terlihat di lingkar dalam sebuah cincin atau permukaan koin. Biasanya cap yang ada menujukkan 1 hingga 999 atau 0 hingga 24 karat tergantung dari sistem yang digunakan. Salah satu cara untuk mengetahui letak cap ini adalah menggunakan kaca pembesar, karena ukuran yang kecil membuatnya sulit untuk dilihat oleh mata telanjang.

Catatan lainnya adalah dalam beberapa kasus, emas yang kamu miliki tidak memiliki cap, karena di beberapa negara seperti India, cap di atas emas baru diwajibkan pada tahun 2000.

Gunakan nomor resmi untuk mengetahui kadar emas

Kebanyakan koin dan emas tidak murni, karena ada beberapa kandungan lain di dalamnya. Ada 2 cara berbeda untuk mengetahuinya melalui cap. Sistem yang digunakan di Eropa mulai dari 1 hingga 999, dengan 999 berarti emas murni. Sementara sistem lainnya menggunakan skala 0 sampai 24 karat, di mana 24 karat merupakan emas murni. Dari sisi kemudahan, sistem yang digunakan di Eropa tentunya lebih mudah dipahami karena menujukkan persentase. Jadi, jika emas kamu memiliki angka 375, maka persentase emasnya berada di angka 37,5 %.

Cek tanda huruf yang mengindikasikan emas tidak murni

Jika kamu mengunjungi toko emas terdekat dengan membawa emas yang memiliki huruf GP, GF, dan GEP, maka kamu bisa sedikit khawatir. Karena, huruf-huruf tersebut mengindikasikan bahwa emas yang kamu bawa disepuh, yang berarti pembuat emas hanya membuat lapisan emas yang tipis di atas tembaga atau perak. Emas yang kamu bawa memang memiliki kandungan emas, namun tidak dipertimbangkan sebagai emas asli.

Memahami dasar tentang emas dan mengunjungi toko emas terdekat adalah 2 langkah kecil yang terkesan sepele namun sangat penting dalam investasi emas. Emas yang asli tentunya akan lebih mudah untuk diperjualbelikan dan memberikan keuntungan yang relatif besar. Jika kamu tertarik belajar lebih dalam tentang investasi, baik itu investasi  emas, investasi saham dan investasi reksa dana, jangan lupa untuk rutin mengunjungi blog milik Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait