Catat! Ini Fakta Nomor Kartu Kredit yang Ternyata Penting

nomor kartu kredit
nomor kartu kredit

Banyak yang tidak menyadari, nomor kartu kredit ternyata cukup penting lho. Penasaran? Simak ulasan yang dihimpun redaksi Ajaib berikut ini.

Pastinya semua sudah tahu fungsi kartu kredit adalah untuk pembayaran transaksi. Jika diperhatikan pada kartu kredit tertera sejumlah nomor, lalu apa pentingnya nomor-nomor tersebut?

Memang kelihatannya cuma barisan angka biasa, tetapi buat pemegang kartu kredit perlu tahu makna dari nomor-nomor itu. Selain itu perlu hati-hati juga, banyak sekali kasus pembobolan kartu kredit yang dapat digunakan tanpa kartu fisiknya.

Hal itu itu bisa dicegah bila kamu paham penggunaan kartu kredit, termasuk seluruh informasi yang ada pada kartunya. Jadi, jangan asal pakai saja, angka di kartu kredit yang tertera punya arti dan fungsi yang bisa menghindari kamu dari korban kejahatan. Nah, di bawah ini terdapat beberapa fakta-fakta penting terkait informasi pada kartu kredit.

Bagian-Bagian Pada Kartu Kredit

Penting untuk mengetahui apa saja bagian-bagian dari kartu kredit. Umumnya bentuk dari kartu kredit sama meskipun secara desain berbeda. Pada kartu kredit juga biasanya terdapat chip sebagai pengaman dari penyalahgunaan hingga skimming.

Bagian depan dari kartu kredit antara lain:

  • Logo nama penerbit kartu kredit
  • Nomor kartu kredit (16 digit)
  • Chip
  • Nama jaringan yang ada di kartu kredit (BCA, Visa, Mastercard, Union Pay, JCB)
  • Masa berlaku kartu kredit

Sedangkan bagian belakang kartu kredit yaitu:

  • Magnetic Stripe, digunakan saat melakukan transaksi di luar negeri.
  • Signature Panel, tempat tanda tangan pemilik kartu kredit.
  • Nomor verifikasi (tiga digit).
  • Alamat bank penerbit kartu kredit
  • Nama/logo penerbit kartu kredit

Arti dan Fungsi dari Nomor Kartu Kredit

Biasanya nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit angka. Angka-angka tersebut adalah kombinasi dari algoritma matematika yang disebut “Algoritma Luhn”. Nomor tersebut dibuat unik sebagai identitas yang membuatnya berbeda dari kartu-kartu lainnya. algoritmanya berfungsi untuk mencegah terjadinya pemalsuan kartu kredit yang telah terenkripsi.

Pada kartu kredit, angka tersebut berisi sejumlah informasi, mulai dari identitas bank penerbit kartu, informasi akun, hingga mata uang yang dipakai.

Kode Keamanan Kartu Kredit (CVV/CVC)

Nomor lain yang juga sangat penting selain 16 nomor kartu kredit di bagian depan adalah nomor atau kode keamanan pada bagian belakang kartu. Ada tiga digit yang menandakan kode keamanan yang biasa disebut Card Verification Value (CVV) atau Card Verification Code (CVC).

Tiga angka tersebut seringkali digunakan untuk bertransaksi online sebagai keamanan tambahan atau perlindungan terakhir. Namun, kamu perlu ekstra hati-hati dan selalu menjaga kerahasiaan kartu kredit. Karena tetap saja bisa tidak aman kalau kode CVV/CVC kartu kredit kamu diketahui orang lain.

Tanda Tangan di Kartu Kredit

Kelihatannya sepele, tapi tanda tangan pada kartu kredit sangat penting untuk memberikan lapisan keamanan. Tanda tangan kamu bisa jadi verifikasi tambahan apabila kartu kredit kamu dicuri atau disalahgunakan.

PIN Sebagai Opsional Keamanan Kartu Kredit

Penggunaan PIN ini sifatnya opsional, tetapi penting sebagai tambahan keamanan. Maka, sebaiknya berikan nomor PIN untuk kartu kredit kamu yang bisa diterima lewat SMS ke nomor handphone kamu sebagai pemilik.

Sekarang kamu sudah tahu betapa pentingnya melindungi informasi pada kartu kredit. Untuk menghindari dari resiko kejahatan, jangan sesekali memperlihatkan kartu kredit pada orang lain. Selalu simpan di tempat yang aman.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait