Catat! Ini Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

surat-izin
surat izin

Membangun sebuah usaha memang bukan hanya masalah peluang dan modal saja. Kalau kamu ingin berbisnis dengan usaha dagang, maka sebaiknya kamu memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

SIUP tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang menjalankan bisnis perdagangan dalam skala besar saja, lho. Tapi juga untuk usaha perseorangan dalam skala kecil.

Kategori Surat Izin Usaha Perdagangan

Untuk mengurus SIUP, maka kamu bisa mendatangi Kantor Dinas Perdagangan yang berada di tingkat kabupaten atau kotamadya. Di beberapa daerah, juga ada Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) yang salah satunya mengurus SIUP.

Berdasarkan besaran modalnya, SIUP dibagi ke dalam tiga kategori, yakni:

  • SIUP Kecil : Surat Izin Usaha Perdagangan untuk perusahaan dengan modal lebih kecil atau sama dengan Rp200 Juta
  • SIUP Menengah : Surat Izin Usaha Perdagangan untuk perusahaan dengan modal antara Rp200 Juta hingga Rp500 Juta.
  • SIUP Besar : Surat Izin Usaha Perdagangan dengan modal di atas Rp500 Juta

Prosedur Pembuatan SIUP

Untuk membuat SIUP, maka harus menyiapkan berbagai dokumen serta memenuhi berbagai persyaratan administrasi. Persyaratannya dibedakan berdasarkan bentuk usaha yang dilakukan. Secara garis besar, persyaratan tersebut dibagi menjadi :

  • Persyaratan administrasi untuk Perseroan Terbatas (PT)
  • Persyaratan administrasi untuk Koperasi
  • Persyaratan administrasi untuk Perusahaan perseorangan
  • Persyaratan administrasi untuk Perseroan Terbuka (Tbk.)

Setelah mempersiapkan beragam persyaratan administrasi, lakukan langkah-langkah berikut ini untyk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan:

1. Mendatangi Kantor Dinas Perdagangan

Di sinilah kamu bisa mengajukan pembuatan SIUP. Untuk mendapatkan pelayanan, kamu harus memperhatikan jam layanan sesuai yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk membawa serta semua dokumen yang dibutuhkan. Setelah mengantri, kamu bisa mendapatkan formulir permohonan yang dapat kamu isi.

2. Mengisi dan Menyerahkan Formulir Permohonan

Setelah mendapatkan formulir permohonan pembuatan SIUP, kamu harus menulis surat izin tersebut dengan data-data yang benar. Setelah diisi, cek kembali formulir, lalu bubuhkan tanda tangan di atas materai Rp6000. Selanjutnya formulir difotokopi rangkap dua, dan diserahkan beserta persyaratan administrasi yang telah ditentukan sesuai jenis usaha.

3. Membayar Biaya Pembuatan SIUP

Selanjutnya kamu tinggal membayar biaya pembuatan SIUP sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Masing-masing daerah memiliki tarif yang berbeda sesuai ketentuan yang diatur pada PERDA.

4. Menunggu SIUP Selesai

Setelah menyerahkan formulir dan membayar biaya pembuatan Surat Izin, selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu hingga SIUP selesai. Proses pembuatan SIUP biasanya memakan 14 hari kerja.

5. Mengambil SIUP

Apabila SIUP sudah selesai, kamu akan dikabari untuk mengambil SIUP tersebut. Bawalah kwitansi bukti pembayaran biaya untuk mengambilnya.

Mewakilkan Pembuatan SIUP

Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan harus dilakukan oleh pemilik atau penanggung jawab perusahaan. Namun demikian, hal ini bisa diwakilkan kepada orang lain jika disertai dengan surat kuasa bermaterai. Surat kuasa tersebut ikut diserahkan bersama formulir permohonan dan persyaratan administrasi lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait