Bisnis & Kerja Sampingan

Jumlah Kekayaan Donald Trump dan Segudang Bisnisnya

kekayaan donald trump

Ajaib.co.id – Penasaran kah kamu dengan jumlah kekayaan Donald Trump? Sebagai orang nomor satu di negara adidaya Amerika Serikat, kekayaan Donald Trump tentu begitu banyak. Untuk mengetahui kekayaan Donald Trump dan bisnis-bisnisnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Siapa yang tidak mengenal sosok presiden Amerika Serikat saat ini? Ya, itu benar, Donald Trump. Selain karena sifatnya yang otoriter dan angkuh, Donald Trump dikenal termasuk orang terkaya di dunia. Sebelum menjadi presiden Amerika Serikat, Donald Trump adalah seorang pebisnis yang membawahi Trump Organization. Trump Organization memiliki 500 anak perusahaan.

Karir bisnisnya berawal dari warisan sang ayah, Fred Trump. Fred Trump mewarisi harta kekayaannya kurang lebih Rp5,7 triliun kepada anaknya. Bisnis awal yang diwarisi oleh ayahnya adalah kantor real estate bernama E. Trump & Son yang berfokus pada pengembangan rumah bagi masyarakat kelas menengah di sekitar New York City pada tahun 1968. Pada awalnya, ia hanya berfokus pada perumahan multi-unit, tetapi selanjutnya mulai mengembangkan properti komersial seperti hotel dan gedung perkantoran. Dengan bisnis properti yang mulai tumbuh secara signifikan, Trump memiliki kekayaan yang substansial.

Donald Trump mendapat jabatan sebagai presiden perusahaan setelah ayahnya pensiun. Karena itulah ia mengubah namanya menjadi The Trump Organization. The Trump Organization mampu berkembang dengan baik dan menghasilkan 500 anak perusahaan dimana 250 anak perusahaannya tetap dinamai dengan unsur Trump. Pendapatan anak-anak perusahaan ini mencapai Rp9,1 triliun pada tahun 2017.

Anak perusahaan Trump Organization sangatlah beragam, mulai dari bisnis yang serupa sampai yang tidak serupa dengan bisnis sebelumnya, seperti konstruksi, pengembang perumahan, retail, kesehatan, hiburan, online shop, hingga investasi. Bahkan, Trump juga menjadi pemilik klub American Football, New Jersey Generals. Selain itu Trump juga memiliki bisnis di dunia hiburan yang popularitasnya tidak diragukan lagi, mulai dari menjadi produser dan host di reality show yang bertemakan bisnis, The Apprentice, hingga pemilik kontes Miss Universe dan Miss USA dari tahun 1996 hingga tahun 2015.

Dengan bisnis dan kekayaan yang dimiliki Donald Trump, ia mengadakan juga kegiatan sosial seperti mendirikan Universitas dan Yayasan. Pada tahun 2004, Trump mendirikan Trump University yang berfokus pada training tentang real estate, manajemen asset dan kewirausahaan. Trump juga membentuk yayasan dengan nama Donald J. Trump Foundation yang berfokus di bidang olahraga hingga bidang kesehatan. Tetapi universitas dan yayasan yang dibentuk Trump tidak bertahan lama karena ada kasus penipuan, penyelewengan pajak hingga penggunaan dana untuk menyelesaikan pertikaian hukum.

Kekayaan Donald Trump sudah terkumpul mulai dari tahun 1970, hal ini mungkin menjadi pertanyaan bagi kamu dan banyak pihak bagaimana caranya ia berinvestasi dan prioritas keuangan seperti apa yang telah dikembangkan Donald Trump saat ini. Ajaib merangkumnya untuk kamu!

Pertama, kita harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Kenapa? Karena masa pensiun adalah masa yang pasti akan dihadapi suatu saat nanti dan kita belum pasti akan terus berpenghasilan pada saat masa pensiun. Maka sisihkan sebagian penghasilan yang dimiliki ke dalam dana pensiun kamu. Kedua yang harus kamu lakukan adalah mulai mengembangkan bisnis. Memulai bisnis sendiri merupakan salah satu cara untuk membuat arus kas positif pada keuangan. Memulai bisnis memang tidak mudah maka mulailah dengan menemukan apa yang disukai dan menjadikannya sebagai lahan bisnis untuk menambah jumlah penghasilan.

Selanjutnya adalah belajar dan berinvestasi di saham. Saham adalah satu jenis investasi yang mampu memberikan tingkat timbal balik yang tinggi dengan hasil optimal dalam waktu jangka panjang. Saham mampu memberikan dua manfaat sekaligus bagi kamu, yaitu dividen dan kenaikan harga saham. Namun, jika kamu termasuk orang yang tidak menyukai risiko yang tinggi, berinvestasi saham bukan pilihan yang terbaik untuk dilakukan, karena saham termasuk jenis investasi yang memiliki risiko yang besar dan tinggi. Pilihlah jenis investasi lain yang rendah risiko tetapi bisa memberikan hasil investasi yang menguntungkan. Misalnya mencari platform investasi terpercaya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa memulai hanya dengan dana mulai dari Rp100.00,00 saja dan mendapatkan potensi timbal balik hasil investasi mencapai lebih dari 23,32% per tahun.

Terakhir, yang bisa kita ambil dari cara berbisnis Trump adalah dengan berinvestasi pada bidang properti. Properti adalah sumber penghasilan pasif, yaitu dengan adanya pendapatan sewa dan kenaikan nilai atau harga properti itu sendiri. Banyak miliarder yang memiliki kekayaan banyak dikarenakan mengutamakan properti sebagai aset utama mereka. Semakin banyak sumber penghasilan pasif yang dimiliki, maka kamu tidak perlu lagi aktif bekerja untuk mendapatkan uang. Dengan empat cara yang telah dijelaskan diatas, maka kamu bisa membangun kekayaan seperti yang dilakukan oleh Donald Trump.

Setelah kita melihat cara Trump mengumpulkan seluruh kekayaannya, ternyata setelah Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, hartanya jeblok. Bisnis penyewaan salah satu kios oleh Gucci di Trump Tower juga akan habis dalam 7 tahun. Diperkirakan saat ini, Trump harus lebih bekerja keras untuk mencari kontrak yang baru. Tahun 2019 kemarin, toko sepatu raksasa Nike meninggalkan kios di Trump Tower. Untungnya, Trump masih meraup hasil sewa berkat Tiffany, toko perhiasan, yang menempati kios kosong tersebut. Bisnis golfnya pun sempat melemah karena dampak politik. Seratus ribu kamar yang sudah dipesan di resor golfnya dibatalkan setelah dirinya menang pemilihan presiden. Namun, disisi lain, saham propertinya di New York City dan San Francisco naik 30 persen dengan estimasi nilai sekitar USD 160 juta atau sekitar Rp2,26 triliun.

Dengan total kekayaan Donald Trump dan segudang bisnisnya tersebut, tidak bisa dipungkiri jika sosoknya memang pengusaha yang cerdik ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait