Dunia Kerja

Cara Paling Gampang Membangun Komunikasi Efektif

Ajaib.co.id – Membangun komunikasi efektif penting sekali dilakukan. Apalagi untuk kamu yang bekerja di sebuah tim. Siapapun pasti sepakat jika pekerjaan lebih cepat selesai jika dikerjakan bersama-sama. Namun dengan catatan tim tersebut memiliki pola komunikasi yang efektif.

Pada dasarnya komunikasi yang baik adalah komunikasi yang mampu menghasilkan kesamaan pendapat di antara pelaku komunikasi tersebut. Sebaliknya, proses komunikasi bisa gagal ketika para pelakunya justru saling salah paham. Kondisi inilah yang sering dinamakan dengan miskomunikasi.

Namun di sisi lain, tidak semua komunikasi yang baik itu efektif. Meskipun pola komunikasi sudah baik terkadang bisa dikatakan efektif. Pertanyaannya kemudian adalah seperti apa bentuk komunikasi yang efektif itu sendiri?

Aspek Komunikasi yang Efektif

Berbicara tentang membangun komunikasi yang efektif, hal penting pertama yang harus dibicarakan adalah aspek yang ada di dalamnya. Dengan demikian, kamu pun akan lebih mudah dalam membangun komunikasi yang memiliki efek ini.

Nah, sebelum berbicara lebih panjang lagi terkait dengan cara membangun komunikasi, hal terpenting pertama yang harus dipahami adalah mengenal aspek dari komunikasi efektif itu sendiri. Dalam hal ini setidaknya ada 5 aspek dari komunikasi. Di antaranya seperti:

1.   Kejelasan

Komunikasi sebaiknya dengan menggunakan bahasa yang jelas. Selain itu dari segi pengemasannya pun haruslah jelas. Dengan demikian, yang diajak komunikasi pun akan mudah menerima dan memahaminya.

2.   Ketetapan atau Akurasi

Ketetapan atau akurasi dalam hal ini menyangkut penggunaan bahasa benar. Selain itu kebenaran dari informasi yang disampaikan pun harus akurat.

3.   Konteks atau Situasi

Dalam hal ini, bahasa atau informasi yang disampaikan haruslah sesuai dengan keadaan serta lingkungan di mana komunikasi itu terjadi.

4.   Alur

Agar yang diajak komunikasi bisa cepat tanggap dan mudah paham, bahasanya pun haruslah disusun dengan alur atau sistematika yang jelas. Dengan demikian, informasi yang ingin disampaikan pun mudah sampai dan dimengerti.

5.   Budaya

Artinya dalam komunikasi haruslah disesuaikan dengan budaya seseorang yang kamu ajak berkomunikasi. Dalam hal ini meliputi penggunaan komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Hal ini dimaksudkan supaya tidak menimbulkan kesalahan persepsi.

Itulah beberapa aspek yang harus ada dalam komunikasi yang efektif. Dengan memahami kelima aspek tersebut, sebenarnya kamu bisa membuat strategi sendiri cara membangun komunikasi yang mudah dipahami oleh orang lain.

Cara Membangun Komunikasi yang Efektif

Komunikasi efektif merupakan proses komunikasi yang di dalamnya mengandung respons timbal balik antara satu dengan lainnya. Komunikasi bisa terjalin jika kedua belah pihak bisa saling aktif dalam memberikan tanggapan maupun pendapat.

Sayangnya membangun komunikasi seperti ini bukanlah perkara yang mudah. Namun sebenarnya tidak juga sulit. Asalkan kamu tahu teriknya. Nah, untuk membangun komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti ini:

1.   Berbicara Efektif

Inilah adalah poin penting pertama dalam membangun komunikasi yang efektif. Berbicara efektif yang dimaksud di sini adalah tidak bertele-tele. Artinya saat berbicara tidak berputar-putar saat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

Berbicara efektif bisa membuat lawan bicara kamu akan lebih fokus pada setiap hal yang disampaikan. Selain itu pun bisa memengaruhi secara langsung ke dalam pikirannya juga.

2.   Percaya Diri saat Berbicara

Memiliki kepercayaan diri saat berbicara bisa memberikan dampak yang sangat besar. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, orang pun akan mudah tertarik mendengarkan kata demi kata yang tengah kamu sampaikan.

Dengan demikian, pesan yang ingin kamu sampaikan pun akan mudah dan cepat diterima. Ingat, tujuan kamu berkomunikasi adalah agar orang yang diajak komunikasi mengerti pesan yang ingin kamu sampaikan.

3.   Jadilah Pendengar yang Baik

Dalam membangun komunikasi, hal seperti ini penting untuk diperhatikan. Kamu jangan hanya berbicara dengan baik saja. Tetapi kamu pun harus bisa menjadi pendengar yang baik juga. Ingat, dalam hal ini kamu melakukan komunikasi dua arah.

Kamu harus ingat juga jika di dalam komunikasi, mendengar dan berbicara merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan. Oleh sebab itu jangan hanya menjadi pembicara yang baik. Jadilah juga sebagai sosok pendengar yang baik.

4.   Perhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa yang Digunakan

Untuk membangun komunikasi efektif, hal seperti ini penting sekali untuk diperhatikan. Misalnya jika memang penjelasan haruslah terstruktur, sebaiknya gunakan tata bahasa yang jelas serta mudah dipahami.

Jika memang memerlukan penekanan nada untuk meyakinkan, maka gunakan sebuah ekspresi yang bisa membuat lawan bicara bisa langsung mengerti dengan pesan yang ingin disampaikan.

Kamu harus tahu jika tinggi rendahnya suara memiliki pengaruh sangat besar dalam berkomunikasi. Oleh sebab itu ada baiknya untuk menghindari intonasi yang terlalu tinggi. Sebab umumnya lawan bicara ingin berbicara dengan suasana yang nyaman.

5.   Membentuk Keselarasan

Keselarasan dalam komunikasi ini penting sekali. Jika sudah terjalin keselarasan atau satu frekuensi, maka pesan yang ingin disampaikan pun akan mudah dipahami. Dengan demikian, miskomunikasi pun bisa terhindarkan.

6.   Komunikatif

Komunikasi akan efektif jika di antara kedua belah pihak bisa saling merespons dan tertarik pada topik yang dibicarakan. Oleh sebab itu kenapa untuk membangun komunikasi yang efektif, sikap komunikatif ini sangat ditekankan.

7.   Memberikan Respons

Memberikan respons bisa dikatakan sebagai salah satu tahap komunikasi dalam membangun komunikasi yang efektif. Memberikan respons bisa membuat seseorang yang kamu ajak komunikasi merasa didengarkan serta dihargai keberadaannya.

Sebenarnya cara membangun komunikasi yang efektif itu sangat beragam. Tergantung dari sudut pandang mana kamu mengambil pondasinya. Namun yang jelas, caranya harus berlandaskan aspek komunikasi efektif.

Artikel Terkait