Cara Membuat SIM Online dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat SIM Online dengan Mudah dan Cepat
Cara Membuat SIM Online dengan Mudah dan Cepat

SIM Online sudah ada sejak tahun 2015 dan hingga sekarang terus berkembang untuk memudahkan masyarakat dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) dan untuk perpanjang SIM tanpa harus antre lama. Awalnya hanya untuk memperpanjang SIM, tapi sekarang siapa saja yang ingin membuat SIM, bisa memanfaatkan SIM online.

Dulu sebelum ada sistem ini, mengajukan pembuatan SIM adalah hal yang cukup melelahkan karena harus menyambangi Samsat terdekat dan mengantri selama berjam-jam. Sekarang dengan SIM online tidak perlu berlama-lama lagi mendapatkan SIM. Lalu, bagaimanakah caranya mendapatkan layanan SIM online? Ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

Syarat pengajuan SIM

Yang pertama ketika ingin mengajukan SIM adalah yang mengajukan harus berumur minimal 17 tahun. Ini adalah syarat yang tidak bisa ditawar-tawar karena itu pastikan kamu sudah berumur 17 tahun ketika akan mengajukannya. Persyaratan ini berlaku bagi WNI dan WNA.

Administrasi yang dipenuhi

Yang harus disiapkan untuk membuat SIM baru yang pertama adalah formulir pengajuan SIM baru, KTP, dan sertifikasi lulus ujian mengemudi yang dilakukan di kantor Samsat terdekat setelah berhasil melakukan pendaftaran SIM online. Lalu, dokumen yang cukup penting lainnya juga adalah surat keterangan sehat dari dokter.

Berkunjung ke website sim.korlantas.polri.go.id

Setelah semua dokumen sudah disiapkan, sekarang mari ke tahap selanjutnya. Kamu perlu berkunjung ke website sim.korlantas.polro.go.id untuk melakukan registrasi SIM online. Lalu, kamu akan disuguhkan dengan dua pilihan, membuat SIM baru dan memperpanjang SIM. Jika kamu ingin membuat SIM baru, maka pilihlah bagian tersebut.

Kemudian isi formulir yang tersedia secara teliti dan tidak perlu terburu-buru karena kamu harus mengisinya dengan benar. Setelah itu diharuskan mengupload dokumen lain seperti KTP. Setelah itu tekan tombol register. Ketika kamu selesai melakukannya, maka akan ada konfirmasi diemail bahwa kamu baru saja melakukan registrasi pembuatan SIM baru.

Melakukan pembayaran di Bank BRI

Untuk membuat SIM, kamu harus membayar tarif yang tertera di dalam emailmu. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking, atau mendatangi Bank BRI terdekat. 

Mendatangi kantor Samsat yang dipilih

Setelah membayar, kamu bisa mengambil SIM dengan mendatangi kantor Samsat yang telah dipilih ketika melakukan registrasi. Jangan lupa membawa bukti registrasi, bukti pembayaran, dan surat keterangan sehat dokter. 

Mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM

Setelah itu kamu akan mengikuti ujian teori maupun praktek mengendarai kendaraan bermotor langsung di Korlantas Polri atau Korps Lalu Lintas. Jika kamu memenuhi syarat, maka kamu akan mendapatkan SIM sesuai dengan keinginan.

Untuk pembuatan SIM online ini hanya membutuhkan biaya paling mahal Rp120.000. Jadi sebenarnya tidak mahal dan sekarang cara daftarnya pun cukup praktis. Jika tidak lulus dalam ujian mengemudi, maka kamu diperbolehkan untuk mendaftar ulang.

Itulah beberapa hal terkait SIM online yang harus kamu ketahui. Selain menggunakan sim online, kamu juga bisa melakukan perpanjangan SIM A, SIM D, SIM C, dan SIM lainnya melalui SIM Keliling. Pastikan kamu telah melakukan perpanjangan sebelum masa berlaku SIM habis ya! Karena jika terlambat 1 hari, kamu harus membuat SIM dari awal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait